free webpage counters
Subscribe
sahabat saya, sahabat anda, sahabat kita semua

10 Hal Penyebab Stress

Orang yang hidup pada zaman sekarang cenderung selalu hidup di bawah tekanan. Dimana mereka selalu tergesa-gesa, gugup, terbiasa merokok dan minum minuman keras serta lebih sering bertengkar satu sama lain. Hal ini merupakan salah satu gambaran dari masyarakat modern. Dengan berbagai tekanan yang terjadi maka stress tidak dapat dihindari lagi. Seringkali kita juga merasakan stress, dan tentu saja keadaaan semacam ini sangat tidak enak ketika dialami. Di bawah ini ada 10 hal penyebab strss, apa sajakah itu? Simak selengkapnya di bawah ini :

1.    Faktor Ekonomi
Masalah uang atau masalah-masalah yang berhubungan dengan ekonomi selalu ada di fikiran setiap orang. Sekarang ini dengan krisis ekonomi global yang melanda, maka banyak yang berurusan dengan krisis keuangan pribadi pula. Dengan biaya hidup yang mahal, pinjaman tertunda dan ketidakpastian ekonomi merupakan penyebab paling umum stress banyak  orang di seluruh dunia.

2.    Kepuasan Kerja
Penyebab stress selanjutnya adalah masalah kepuasaan akan pekerjaan, di dalam masa krisis ekonomi maka berdampak pada lapangan kerja, Apabila Anda bekerja pun tidak memiliki pilihan yang banyak pekerjaan. Dengan tingginya pengangguran yang meningkat. Membuat Anda yang bekerja tetapi kurang suka dengan pekerjaan akan membuat Anda bosan dan tidak tertarik serta tidak bersemangat dan berkahir dengan stress

3.    Kerja Berlebihan
Dalam era teknologi yang serba modern dan munculnya berbgai gadget yang canggih seperti dengan laptop, tablet dan juga Internet di mana-mana, maka seolah kewajiban untuk bekerja tidak pernah berakhir. Walaupun Anda dapat sejenak bersantai di pantai yang eksotis, akan tetapi tetap harus bekerja dengan mengirim email. Masalah inilah yang menjadi salah satu masalah penyebab stress

4.    Anda Tidak Pernah Mengatakan TIDAK
Penyebab stress selanjutnya adalah Anda takut untuk mengatakan TIDAK. Baik kata tidak untuk tanggung jawab pribadi, keluarga atau pekerjaan. Dalam hal ini dimana Anda tidak dapat menolak apa yang sebenarnya tidak Anda kehendaki atau sukai. Dan hal inilah yang memicu stress pada Anda

5.    Terobsesi dengan Kesempurnaan
Jika Anda selalu ingin melakukan segala sesuatunya dengan sempurna. Maka Anda terindikasi akan mudah stress, dengan membuat kesalahan sedikit saja merupakan sebuah ketakutan terburuk dan hal ini akan menciptakan lebih banyak stres.

6.    Hubungan Pribadi
Penyebab stress selanjutnya adalah hubungan diri sendiri dengan manusia lain. Dengan kehidupan yang sulit dan ketegangan kehidupan sehari-hari yang menyebabkan perselisihan dan perkelahian. Berbagai masalah keuangan keluarga, masalah seksual, serta masalah lain seperti kurangnya waktu untuk pasangan Anda dan anak-anak akan menghasilkan stres dan Anda pun tidak berada dalam posisi untuk menemukan solusi.

7.    Kurangnya Minat
Apabila Anda memulai tugas baru dan Anda merasa bosan. Maka masalah stress tidak akan terhindari lagi, sebaiknya dalam menyelesaikan masalah ini Anda dapat lebih menetapkan tujuan baru dan berhenti di tengah jalan. Apabila Anda tetap terpuruk serta tidak memiliki gairah atau motivasi untuk melakukan sesuatu tentu akan berakhir dengan kekecewaan dan mendorong Anda dalam keputusasaan.

8.    Tekanan untuk Liburan
Ketika musim liburan tiba dan semuanya dipersiapkan untuk liburan, sementara itu Anda tidak merasa nyaman dengan berbagai pekerjaan yang belum selesai dan Anda dihadapakan pada kenyataan harus meninggalkan tugas-tugas yang belum selesai atau untuk mempersiapkan acara keluarga maka tampaknya seperti beban yang menggunung. Stress bisa terjadi ketika masa persiapan yang lebih stres daripada santai dan meriah.

9.    Kurangnya Waktu yang Berkualitas
Penyebab stress selanjutnya adalah ketika Anda tidak punya waktu untuk melihat teman-teman Anda dan orang yang Anda cintai. Bahkan Anda tidak punya waktu luang untuk diri sendiri untuk melakukan hal-hal yang Anda sukai.

10.    Munculnya Gangguan serta Kebingungan
Ketika Anda berada di suatu keadaan yang semuanya tidak teratur dan tidak berjalan lancar. Seperti misalnya rumah berantakan, pekerjaan di kantor banyak tekanan serta kacau dapat menyebabkan Anda menjadi lebih mudah stress.

Nah, itulah 10 hal yang dapat menyebabkan Anda stress, sebaiknya hindari hal seperti di atas dan berusahalan selalu menikmati hidup apapun keadaanya, selain itu selalu berfikiran positif dan penuh semangat akan menghindarkan Anda dari masalah stress yang berkepanjangan

Leave a Reply