free webpage counters
Subscribe
sahabat saya, sahabat anda, sahabat kita semua

10 Kekhawatiran dan Ketakutan Ibu Menghadapi Persalinan

Mendapatkan seorang buah hati memang merupakan suatu perjalanan dan juga penantian yang panjang. Dimana selama 9 bulan lamanya merupakan penantian yang memang menguras banyak pikiran, tenaga dan juga materi. Setelah 9 bulan menanti dan tiba pada saatnya persalinan yang mana persalinan merupakan suatu proses yang paling menengangkan bagi wanita yang hamil. Proses persalinan sendiri menjadi suatu hal yang menegangkan dan tidak jarang menimbulkan banyak kekhawatiran dan juga ketakutan. Disisi lain seorang ibu ingin segera melihat dan menimang si buah hati dan disisi lain sangat takut dengan proses melahirkan yang mungkin sangat menyakitkan.

Bukan suatu hal yang mudah menjalani kehamilan dan juga persalinan. Sejak masa kehamilan sudah banyak yang di khawatirkan oleh ibu hamil tentang persalinan. Mulai dari khawatir dan takut akan rasa nyeri, tidak mampu bertahan atau lain sebagainya. Nah, untuk itu di bawah ini adalah 10 kekhawatiran dan juga ketakutan ibu hamil menghadapi persalinan, simak selangkapnya berikut ini :

Inilah hasil survei babycenter.com kepada ribuan calon ibu yang mana hasilnya memperlihatkan bahwa setidaknya ada 10 rasa takut yang paling sering menggelayuti pikiran menjelang tibanya waktu melahirkan pada ibu hamil :

  1. 1. Ibu akan sangat khawatir tidak akan sampai di rumah sakit dengan tepat waktu, dan sangat takut jika harus melahirkan di dalam perjalanan atau dalam kendaraan.
  2. Ibu hamil akan khawatir dan takut jika saat persalinan terjadi komplikasi yang mungkin bisa mengancam nyawa ibu maupun bayi itu sendiri.
  3. Ibu akan merasa berdebar-debar memikirkan kesehatan bayi yang akan dilahirkan.
  4. Ibu akan khawatir harus menjalani intervensi medis yang mungkin tidak diinginkan, seperti contohnya persalinan dengan operasi caesar, induksi, atau juga tindakan episiotomi yakni berupa tindakan untuk sedikit menyobek area perineum yang berada di antara lubang vagina dan anus.
  5. Ibu akan sangat takut mengalami rasa sakit yang tidak tertahankan.
  6. Ibu juga akan khawatir karena ketidaktahuan cara merawat bayi.
  7. Takut karena akan kehilangan privasi saat persalinan. Dimana harus menanggalkan busana di ruang melahirkan dan akan berhadapan dengan orang banyak sehingga mungkin akan sangat tidak nyaman.
  8. Ibu khawatir ketubannya pecah di tempat umum dan merasa takut juga jika urinenya ikut keluar saat mengejan.
  9. Merasa takut karena tidak tahu apa yang akan dihadapi dan juga akan terjadi
  10. Ibu khawatir dan takut tidak mampu mengejan untuk mengeluarkan bayi dari jalan lahirnya. Dan banyak juga yang takut terhadap sobekan di area perineum saat persalinan

Nah, itulah 10 kekhawatiran dan ketakutan ibu hamil menghadapi proses persalinan. Untuk itu sebaiknya buang semua fikiran negatif yang hanya akan menguras fikiran Anda, dan sebaliknya selalu berfikiran positif dan jalani setiap fase dan prosesnya dengan nyaman, tenang dan juga menyenagkan. Tentunya dengan mempersiapkan segalanya dengan benar dan tepat, semoga informasi ini dapat membantu Anda menghadapi rasa takut dan tidak khawatir lagi dengan semua hal yang mungkin terjadi.

Leave a Reply