free webpage counters
Subscribe
sahabat saya, sahabat anda, sahabat kita semua

10 Langkah Yang Harus Dilakukan Setelah Anda Positif Hamil

Suatu kebahagiaan tersendiri ketika Anda telah di percaya untuk menjaga seorang anak dengan di anugrahinya kehamilan oleh Tuhan yang maha Esa. Suatu keadaan yang ditandai dengan dua garis di test pack Anda maka hal ini berarti Anda telah positif hamil. Tentu ini merupakan suatu kebahagiaan Anda dan pasangan. Lalu langkah apa saja yang harus Anda lakukan setelah Anda positi hamil? Ikuti 10 langkah beikut ini :

1.    Berdoa dan Bersyukur.
Tentu Anda meyakini bahwa kehamilan ini merupakan karunia Sang Pencipta. Jadi, langkah yang pertama harus Anda lakukan setelah tahu hamil yakni memanjatkan doa syukur kepada Tuhan yang maha Esa

2.    Beri Tahu Pasangan.
Untuk memberitahukan kabar bahagia seperti ini kepada pasangan tentu akan sangat mendebarkan, untuk itu jangan langsung menelepon atau mengirimnya pesan karena akan kurang kreatif. Sebaiknya lakukan hal-hal yang lebih kreatif dan seru untuk memberitahunya, Hal ini merupakan salah satu tips untuk menyiapkan mental sang ayah siaga

3.    Pilih Dokter Kandungan
Apabila Anda sudah punya nama dokter kandungan yang Anda percayai, maka cek apakah dia praktik di rumah sakit yang mudah dijangkau dari rumah atau kantor Anda, hal ini akan memudahkan untuk Anda melakukan periksaan rutin atau bahkan ketika Anda bersalin nanti.

4.    Beritahu Pimpinan Kantor Jika Anda Wanita yang Bekerja
Apabila pekerjaan Anda termasuk ke dalam pekerjaan yang berisiko atau membahayakan kehamilan, seperti misalnya Anda  di lingkungan kerja yang terpapar zat kimia atau limbah, lebih banyak berdiri, atau banyak perjalanan dinas yang melelahkan. Maka dengan memberi tahu pimpinan, maka Anda akan mendapat kebijakan perusahaan untuk menyesuaikan pekerjaan dengan kondisi kehamilan Anda saat ini.

5.    Periksa Keuangan
Dengan memeriksa keuangan Anda dan pasangan maka Anda akan bisa membuat rencana finansial bagi bayi Anda. Jangan lupa cek kembali asuransi kantor atau pribadi. Dengan asuransi tersebut mungkin akan ada banyak manfaat seperti keringanan membayar biaya kontrol kehamilan, melahirkan, dan pemeriksaan setelah keluar rumah sakit.

6.    Periksa Lingkungan Sekitar
Lingkungan yang baik untuk ibu hamil minimal tidak terpapar asap rokok secara langsung. Selain itu jauh juga dari kotoran hewan yang mungkin mengandung toksoplasma, jauh dari paparan sinar X, banyaknya asap kendaraan bermotor yang beracun timbal (Pb), jauh dari obat semprot anti nyamuk, suara bising yang bisa mengakibatkan gangguan pendengaran dan lain-lain.

7.    Periksa Jadwal 9 Bulan ke Depan.
Apabila ada rencana untuk pergi ke luar negeri atau mungkin mengerjakan proyek dengan tingkat kesulitan tinggi. Maka apabila perlu bisa ditunda sampai Anda benar-benar yakin kehamilan Anda sehat dan tidak bermasalah. Sehingga perlu berkonsultasi dengan dokter.

8.    Jangan Merokok dan Hindari Makan Obat Sembarangan
Dalam kepulan asap rokok ternyata ada 4000 senyawa kimia yang berbahaya, seperti di antaranya tar, karbon monoksida dan nikotin, yang mana dapat menjadi pencetus keguguran, kelahiran prematur, berat bayi lahir rendah serta kematian. Maka untuk menghindari paparan zat kimia berbahaya tersebut,  ibuhamil selain dilarang menjauhi asap rokok atau bahkan merokok maka juga dilarang makan obat-obatan sembarangan. Bahkan obat resep dari dokter pun harus dipastikan tidak berbahaya bagi janin.

9.    Tukar Produk Kecantikan.
Menurut Tristen Markey, seorang peneliti senior dari Environmental Working Group (EWG),  menyarankan ibuhamil untuk mencek lagi label kosmetikanya. Karena dalam beberapa produk kosmetik ternyata ada yang mengandung phthalate. Senyawa kimia ini merupakan bahan plastik ternyata yang dapat mengganggu sistem reproduksi. Selain itu ada juga obat jerawat atau antiaging yang mengandung retinoid dan accutane dimana akan menjadi pencetus kecacatan janin. Ada juga pembersih dan pelembab yang mengandung salicylic acid dosis tinggi maka akan berisiko menimbulkan cacat janin.

10.    Siap dan Berdamai dengan Berbagai Gangguan Kehamilan
Saat memasuki masa kehamilan, tentu banyak perubahan dan gangguan yang kurang nyaman yang akan di alami. Seperti keluhan yang paling sering timbul yakni mual muntah, bengkak dan juga sembelit. Untuk itu maka lakukan cara tepat dan aman untuk mengatasinya.
Nah, menyenangkan bukan melakukan 10 langkah di atas karena akan segera menyambut si buah hati yang Anda impikan.

Leave a Reply