free webpage counters
Subscribe
sahabat saya, sahabat anda, sahabat kita semua

10 Makanan Atasi Anemia Pada Ibu Hamil

Satu lagi keluhan yang sering dialami oleh ibu hamil selama masa kehamilannya yakni keluhan Anemia. Ya, Anemia merupakan suatu kondisi di mana adanya penurunan jumlah sel darah merah, atau penurunan jumlah normal hemoglobin dalam darah. Mengatasi anemia dapat dilakukan dengan selalu menjaga asupan gizi terutama zat besi, folat dan vitamin B12 tercukupi. Khusus untuk ibu hamil, asupan gizi dan vitamin yang diperlukan selama masa kehamilan dapat diperoleh melalui  makanan atau obat-obatan tertentu yang disarankan oleh dokter.

Kurang darah atau Anemia selama kehamilan seringkali dikaitkan dengan peningkatan risiko kelahiran prematur dan juga rendahnya bobot bayi saat lahir. Oleh karenanya menjadi sangat penting untuk menjaga hemoglobin agar tetap dalam batas normal sehingga dapat mengirim oksigen ke janin di dalam kandungan. Caranya yaitu dengan mengkonsumsi makanan yang kaya vitamin C. Hal ini dimaksudkan agar penyerapan zat besi dalam tubuh semakin efektif.

Lalu, makanan apa sajakah yang sebaiknya di konsumsi selama kehamilan? Simak  selengkapnya di bawah ini :

1.    Buah Pisang
Saat Anda sarapan di pagi hari ada baiknya jika mengkonsumsi buah pisang. Karena pisang sendiri merupakan sumber zat besi dan mineral. Maka dengan makan pisang saat sarapan dapat mengobati atau mencegah anemia selama kehamilan

2.    Kurma
Seperti kita tahu bahwa buah kurma dikenal ampuh untuk meningkatkan produksi hemoglobin. Maka Anda bisa mengonsumsi kurma sebagai camilan manis yang dapat meningkatkan produksi darah merah selama kehamilan

3.    Kacang-kacangan
Kacang-kacangan juga merupakan sumber zat besi yang ampuh untuk mencegah anemia. Saat Anda bersantai maka pilihan camilan kacang bisa menjadi menu yang enak dan juga mampu menghindarkan Anda dari masalah anemia

4.    Oatmeal
Oatmeal merupakan bahan makanan yang mudah dicerna, selain itu oatmeal juga dapat memberikan mineral dan juga zat besi  yang diperlukan tubuh

5.     Daging Merah
Daging merah ternyata ampuh untuk membantu Anda mendapatkan cukup zat besi untuk memerangi anemia selama masa kehamilan. Karena kandungan zat besi dari sumber hewani ini lebih mudah diserap daripada sumber nabati.

6.    Kismis
Kismis merupakan buah anggur yang dikeringkan. Dan dengan mengkonsumsi kismis maka akan menjadi pilihan yang baik untuk melawan anemia selama Anda menjalani kehamilan.

7.    Kuning Telur
Selain kuning telur mengandung banyak zat besi, kuning telur juga dapat membantu menjaga hemoglobin dalam jumlah yang normal apabila dikonsumsi.

8.    Kerang
Satu lagi makanan pencegah anemia lainnya adalah kerang. Kerang merupakan sumber makanan yang kaya akan zat besi. Untuk itu masukkan kerang dalam menu harian Anda untuk membantu mengatasi anemia selama kehamilan.

9.    Madu
Madu merupakan salah satu sumber makanan yang ampuh untuk mengusir anemia. Karena madu merupakan salah satu sumber zat besi yang baik untuk tubuh.

10.    Jus Jeruk
mengkonsumsi Jus jeruk selama masa kehamilan selain menyegarkan ternyata juga merupakan sumber vitamin C dimana dapat membantu penyerapan zat besi. Dengan kata lain, mengonsumsi vitamin C dapat membantu memerangi anemia selama kehamilan.

Itulah beberapa makanan yang dapat mengatasi anemia selama masa kehamilan. Selamat mencoba

Leave a Reply