free webpage counters
Subscribe
sahabat saya, sahabat anda, sahabat kita semua

3 Kesalahan Bunda Yang Menyebabkan Anak Sulit Makan

Bunda apakah Anda tengah bingung menghadapi si kecil yang sulit makan? Ternyata masalah makan anak seperti ini merupakan permasalahan yang sering dikeluhkan oleh semua orang tua, terutama Anda sebagai ibu. Bunda, perlu Anda tahu bahwa sebenarnya tidak ada cerita bahwa anak susah atau sulit makan, yang ada adalah dimana kebanyakan ibu malas untuk membuat anaknya mau makan.

Saat si kecil memasuki usia 6 bulan, maka inilah saatnya Anda mulai memberikan makanan pendamping ASI. Dan mulai saat inilah Anda harus lebih cermat memperhatikan pola makannya. Langkah yang tepat pun harus Anda perhatikan mulai dari memberian bubur susu, sari buah kemudian bertahap memberikan tekstur makanan yang lebih padat seperti nasi tim, nasi dan selanjutnya.

Bunda, di bawah ini adalah 3 kesalahan yang menyebabkan si kecil sulit makan. Apa sajakah itu? Simak selengkapnya berikut ini :

1.    Anda Mengenalkan Si Kecil Rasa Bubur Instant.
Bunda, sebaiknya jangan tergiur dengan banyaknya iklan yang menawarkan kemudahan pemberian makan pada anak dengan memberikan bubur instant. Karena tanpa disadari hal ini membuat ibu-ibu pada jaman sekarang menjadi lebih malas. Dengan malas membuat makanan sendiri untuk anaknya akan membuat anak kurang sehat. Sebenarnya Anda bisa membuat bubur bayi yang sehat sendiri di rumah hanya dengan meluangkan waktu sekitar 15 menit saja. Dengan waktu yang sedikit lebih lama tetapi Anda dapat memberikan si kecil makanan yang lebih hygenis, lebih sehat, bebas dari bahan pengawet, dan lebih alami. Ingatlah bunda, bahwa 15 menit merupakan waktu yang singkat yang akan menentukan gizi anak anda seumur hidup. Sebenarnya rasa bubur instant  sangat berbeda dengan rasa bubur alami walaupun dengan menggunakan bahan dasar yang sama.  Jika sejak awal Anda mendidik untuk mengenalkan rasa instan sejak pertama maka untuk seterusnya ia akan mencari rasa yang sempurna instant dan bukan rasa dari alami nasi, rasa alami dari sayur dan lain-lain. Dan inilah yang akan  menyulitkan Anda memberinya makanan yang sehat.

2.    Anda Mendahulukan Mengenalkan Rasa Manis
Bunda, perlu Anda ketahui bahwa rasa pertama yang boleh diberikan kepada anak adalah rasa asinnya garam. Hal itupun dengan takaran hanya seujung sendok. Seorang anak sebaiknya tidak diperkenalkan terlebih dahulu dengan rasa manisnya gula sebelum anak berumur 1 tahun. Hal ini dikarenakan rasa manis dapat menetralisir rasa lain sehingga anak menjadi tidak mau makan. Kalaupun anak diberikan rasa manis, maka rasa manis itu sebaiknya menggunakan bahan alami yang terdapat pada buah-buahan. Pada umur anak diatas 1 tahun pun jika Anda telah mengenal rasa manisnya gula, maka sebaiknya tidak memberikan makanan yang manis pada saat masuk jam atau waktu makannya.

3.    Anda Memberikan Anak Snack Instant
Pada saat ini kebanyakan para ibu memanjakan anaknya dengan mudahnya memberikan makanan snack instant. Hal ini supaya membuat anak senang atau mungkin sekedar tidak ingin mendengar anak merengek dan menangis. Ini berarti Anda merupakan ibu yang pemalas dan jangan salahkan anak jika anak tidak mau makan, karena jika anak terbiasa dengan gurihnya rasa MSG yang ada dalam snack, maka dipastikan anak Anda tidak mau makan makanan yang rasanya sekedar rasa nasi.

Bunda selalu ingat bahwa yang mendidik anak mengenal rasa adalah Anda, jadi apa yang Anda berikan pada saat ia sedang belajar rasa, maka itulah yang akan ia makan selanjutnya

Leave a Reply