free webpage counters
Subscribe
sahabat saya, sahabat anda, sahabat kita semua

3 Masalah Pencernaan Yang Dialami ibu Hamil

Bunda saat menginjak kehamilan pada 3 bulan pertama maka Anda akan mengalami masalah mual dan muntah bukan? Ya, tentu saja masalah pencernaan ini sebagian besar akan di alami oleh ibu yang sedang hamil muda, apakah Anda tahu penyebabnya? Penyebabnya yaitu  dikarenakan meningkatnya kadar hormon dalam tubuh. Penyebab lainnya adalah karena  rendahnya kadar gula dalam darah dan terjadi penurunan pergerakan lambung. Nah, biasanya ibu hamil selama dalam masa kehamilan akan mengalami 3 masalah pencernaan. Masalah pencernaan apasajakah itu? Simak selengkpanya berikut ini :

1.    Konstipasi
Konstipasi sendiri biasa disebut sembelit merupakan masalah pencernaan yang sering di keluhkan oleh ibu hamil, dimana konstipasi sendiri terjadi jika ibu hamil kesulitan buang air besar  kurang dari tiga kali dalam seminggu. Mengapa hal ini terjadi? Ya karena dipengaruhi hormon yang tinggi dimana memperlambat gerakan otot pada usus besar sehingga menyebabkan ibu hamil kesulitan BAB. Saat memasuki usia trimester ketiga, maka pada saat itu janin mulai semakin membesar sehingga menekan ke usus besar yang mana berpengaruh dapat mengganggu sistem pencernaan ibu hamil. Selain saat kahamilan, ibu pasca melahirkan juga ternyata dapat mengalami konstipasi dikarenakan episotomi. Episotomi yakni pengguntingan dan penjahitan kembali bibir vagina. Maka untuk mengatasi hal ini sebaiknya ibu hamil harus mengkonsumsi banyak sayur dan buah serta perbanyak konsumsi air putih. Selian itu jangan menunda untuk BAB, karena hanya akan membuatnya semakin parah.

2.    Mual dan Muntah
Pada kehamilan di bawah 12 minggu biasanya wanita hamil akan mengalami mual dan muntah. Untuk itu wanita hamil pada usia muda sangat dianjurkan untuk menambah frekuensi makan setiap harinya. Dengan kondisi perut yang terlalu penuh maka akan merangsang terjadinya mual dan muntah. Maka, dapat disiasati dengan cara tetap makan dan juga minum yang cukup dan dengan frekuensi yang sering. Selain itu juga perlu di ingat bahwa ibu hamil jangan sampai terkena dehidrasi dimana akan membahayakan janin. Saat usia kehamilan muda selain mual dan muntah, ibu hamil juga akan merasakan detak jantung berdetak lebih cepat sampai dengan 100detakan/menit, munculnya tekanan darah, berat badan menurun, lemah, lesu dan lemas tidak bergairah melakukan aktivitas. Maka, saat mengalami kondisi seperti ini sebaiknya hindari makanan yang berlemak, dan jangan lupa selalu sediakan camilan makanan kecil yang sehat seperti biskuit atau kue.

3.    Heartburn
Heartburn sendiri yakani munculnya sensasi panas di bagian ulu hati yang terasa sampai ke bagian kerongkongan, heratbun sendiri  akan muncul pada trimester terakhir kehamilan. Mengapa hal ini terjadi? Heartbun terjadi dikarenakan asam lambung yang naik. Dimana asam lambung meningkat yang disebabkan oleh hormon progesteron yang tinggi. Jadi jika ibu hamil memiliki penyakit maag sebaiknya lebih waspada serta jauhkan pola makan yang tidak sehat seperti mengkonsumsi makanan minyak dan berlemak serta hindari juga merokok dan konsumsi kafein berlebih. Saat masa kehamilan ibu hamil juga sebaiknya mengurangi bahan makanan yang mengandung gas seperti kol, semangka dan selada. Solusi tepat untuk mengatasi heartbun sendiri untuk ibu hamil yakni dengan mengkonsumsi susu hangat atau yoghurt.

Nah, itulah 3 masalah pencernaan yang biasanya dialami oleh ibu hamil, semoga informasi ini akan bermanfaat untuk Anda

Leave a Reply