free webpage counters
Subscribe
sahabat saya, sahabat anda, sahabat kita semua

3 Zat Gizi Penting Untuk Ibu Hamil Dan Berat Badan Ideal Ibu Hamil

Untuk menjaga kehamilan agar tetap sehat,  baik untuk ibu maupun janin yang berada di dalam kandungan, maka diperlukan makanan yang bergizi dan seimbang. Makanan tersebut harus mengandung  zat-zat yang sangat di butuhkan tubuh. Di bawah ini adalah beberapa zat yang sangat bermanfaat buat ibu hamil:

1.    Zat Besi (Fe)
Zat besi berfungsi untuk membentuk sel darah merah serta membantu pertumbuhan dan metabolisme energi, sehingga zat besi merupakan zat yang sangat baik untuk ibu hamil.  Zat besi juga begitu ampuh untuk  meminimalkan peluang terjadinya anemia. Anda dapat memeroleh zat besi pada sayuran hijau seperti bayam, kangkung, daun singkong, daun papaya, daging dan juga hati.

2.    Asam Folat
Asam folat sangat bermanfaat untuk perkembangan system saraf dan sel darah. Asam folat ini banyak terdapat pada sayuran berwarna hijau gelap seperti bayam, kembang kol, dan brokoli. Selain pada sayur asam folat juga terdapat pada buah –buahan seperti buah jeruk, pisang, wortel dan tomat. Bagi ibu hamil kebutuhan asam folatnya adalah sekitar 800 mcg per hari, dan terutama pada 12 minggu pertama kehamilan. Jadi apabila ibu hamil kekurangan asam folat maka akan berakibat mengganggu pembentukan otak sehingga akan membuat bayi memiliki cacat bawaan pada susunan saraf pusat maupun otak bayi. Dan untuk memenuhi kecukupan asam folat, tidak ada salahnya jika ibu hamil mengambilnya dari tambahan suplemen

3.    Kalsium (Ca)
Fungsi kalsium yakni untuk membantu pertumbuhan tulang dan gigi janin, selain itu juga dapat melindungi ibu hamil dari osteoporosis. Kalsium sendiri banyak terdapat dalam sayuran hijau dan kacang-kacangan, selain itu banyak juga terkandung dalam susu dan produk olahannya. Untuk itu ibu hamil sangat baik mengkonsumsi susu karena selain mengandng kalsium yang tinggi terdapat juga kandungan vitamin seperti A, D, B2, B3 serta vitamin C.

Ibu hamil memang harus benar-benar memperhatikan faktor makanan yang di konsumsinya. Selain baik untuk kesehatan ibu dan janinnya juga akan berpengaruh pada perkembangan bayi baik saat masih di dalam perut maupun sesudah dilahirkan. Selain zat gizi di atas ibu hamil juga harus memperhatikan berat badannya. Dan untuk mengetahui berat badan ideal ibu hamil simak selengkapnya berikut ini :

·    Menghitung Berat Badan Ideal Ibu  Hamil
Untuk menghitung kenaikan berat badan (BB) yang ideal bagi ibu hamil pada tiap-tiap trimester, langkah pertama yakni ibu hamil perlu menghitung Body Mass Index (BMI) atau indeks massa tubuh dengan perhitungan berikut ini :

Cara untuk menghitung body mass index (BMI) adalah dengan BB (kg) dibagi dengan TB (cm) kuadrat.
Seperti contohnya :

BB 50 kg
TB 150 cm (1,5m),
maka BMI 50/(1,5)² sama dengan 22,22.

Kemudian setelah mendapat nilai BMI, lihat nilai standar dibawah ini agar ibu mengetahui berapa pertambahan berat badan yang harus dicapai saat hamil.

BMI             Kategori         Kenaikan Saat Hamil
<18              Kurang                 12 – 18 kg
18 – 24       Normal                 11,3 – 15,75 kg
24 – 26       Berlebih               6,75 – 11,25 kg
>26             Obesitas               6,75 kg

Yang perlu ibu hamil ketahui tentang berat badannya yakni selama hamil berat badan  tidak boleh kurang, apabila bertambahan pun tidak boleh berlebih karena beragam risiko bisa muncul, seperti contohnya bayi akan lahir premature, bayi lahir dengan berat badan lahir rendah (BBLR), adanya peningkatan risiko diabetes dan hipertensi dan masih banyak resiko lainnya. Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk Anda

Leave a Reply