free webpage counters
Subscribe
sahabat saya, sahabat anda, sahabat kita semua

4 Tips Berhemat Selama Bulan Ramadhan

Mengelola keuangan saat memasuki bulan Ramadhan seperti sekarang ini memang gampang-gampang susah. Untuk menyambut awal bulan ramadhan saja tentu membutuhkan pengeluaran yang tidak terduga sebelumnya, seperti menyiapkan aneka makanan dan minuman untuk sahur bersama, membeli baju muslim untuk di gunakan selama bulan ramadhan dan banyak lagi. Belum lagi saat ramadhan di butuhkan pengeluaran untuk membuat aneka sajian menyambut hari lebaran. Wah, kalau tidak pandai berhemat maka pengeluaran akan membengkak dan meledak. Nah, kali ini ada 4 tips untuk berhemat selama bulan ramadhan untuk mengelola keuangan sehingga sisanya dapat di tabung untuk kebutuhan hari raya. Apa saja tipsnya? Yuk simak selengkapnya berikut ini :

1.    Berbuka Puasa di Rumah
Tentulah saat memasuki buan suci Ramadhan, banyak godaan untuk mencicipi berbagai macam jajanan yang dijual di pasar-pasar. Tentu sangat menggoda dan juga ingin menyantapnya di tempat tersebut, dengan kata lain berarti Anda berbuka di luar rumah. Untuk dapat menghemat pengeluaran di bulan ramadhan ini ada baiknya jika Anda dan keluarga selalu berbuka bersama di rumah. Selain makanannya terjamin kebersihan dan juga rasanya, kebersamaan pun akan terjalin bersama seluruh anggota keluarga. Apabila ingin makan untuk berbuka di luar rumah boleh saja dilakukan sekali-kali akan tetapi jangan terlalu sering, karena tentu saja karena Anda tidak akan bisa berhemat

2.    Belanja Seperlunya
Agar tetap dapat mengontrol pengeluaran Anda selama bulan Ramadhan, sebaiknya Anda  membuat daftar pembelanjaan yang di butuhkan selama bulan tersebut. Hal ini supaya Anda dapat menetahui barang apa saja yang penting dan di butuhkan. Sebaiknya belanja untuk kebutuhan selama satu bulan sehingga lebih hemat. Selain itu untuk memenuhi kebutuhan pokok selama Ramadhan sebaiknya belanja ke pasar tradisional daripada belanja di supermarket yang tentu saja haganya lebih mahal.

3.    Membeli Makanan Jadi
Apabila Anda memiliki keluarga kecil saja, dimana hanya terdiri dari suami, istri dan anak tidak lebih dari 2 maka tidak ada salahnya apabila Anda  membeli makanan jadi ketimbang harus membuatnya sendiri. Selain menghabiskan waktu untuk membuatnya sendiri di rumah, membuat makanan yang terlalu banyak pun akan mubadzir. Dengan membeli makanan yang sudah jadi tetapi tetap di ingat harus terjaga kebersihan dan kesehatannya, maka Anda akan lebih menghemat pengeluaran.

4.    Gunakan Barang Lama yang Masih Terpakai
Keperluan selama bulan Ramadhan biasanya selalu melonjak dari pada bulan-bulan sebelumnya, untuk itu sebaiknya gunakan barang-barang lama yang masih bagus dan terpakai daripada membeli barang baru. Seperti halnya baju muslim yang tahun lalu masih tersimpan dengan baik tidak ada salahnya apabila di gunakan lagi pada ramadhan ini. Tentu saja dengan melakukan ini, maka pengeluaran dapat di kontrol dan dapat di gunakan untuk hal yang lebih penting.

Nah itulah tips berhemat di bulan ramadhan, karena belanja untuk keperluan selama bulan ramadhan maupun keperluan menjelang hari kemenangan tidak baik apabila berlebihan. Dengan belanja hemat tentu dapat membatasi pengeluaran sehingga keuangan Anda tetap stabil. Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk Anda semua

Leave a Reply