free webpage counters
Subscribe
sahabat saya, sahabat anda, sahabat kita semua

5 Aroma Yang Dapat Menghilangkan Nafsu Makan

Baru mencium aroma makanan yang sedap saja sudah mampu membuat perut menjadi lapar dan keroncongan. Seperti halnya Anda mencium aroma sedap roti yang baru keluar dari panggangan, ayam goreng tepung, atau nasi goreng dengan telur yang sedang didadar. Nah, aroma-aroma inilah yang  sangat berbahaya bagi Anda yang sedang dalam program diet. Tapi ada juga lho aroma yang mampu membuat nafsu makan menjadi hilang dan lenyap. Sehingga diet Anda pun mungkin akan berhasil apabila mencium aroma ini. Mau tahu aroma apa sajakah itu? Simak selengkapnya di bawah ini :

1.    Bawang Putih


Menurut studi yang telah dilakukan pada tahun 2012 lalu dan hasilnya telah dimuat dalam jurnal Flavour, menyatakan bahwa aroma kuat mampu membuat Anda makan lebih sedikit. Aroma kuat serta makanan yang pedas dan berbumbu mampu mengurangi nafsu makan, makanan beraroma kuat seperti bawang putih sangat efektif untuk mengerem nafsu makan.

2.    Adas


Tanaman adas merupakan jenis tanaman yang mempunyai fungsi diuretik alami, dimana mampu mengurangi rasa lapar dan juga keinginan untuk makan makanan tertentu. Dengan mengkonsumsi teh biji adas merupakan salah satu cara sederhana untuk mengontrol nafsu makan, sekaligus juga mampu meningkatkan energi. Nah, ladies jika sedang lapar padahal Anda sedang berdiet, sebaiknya hirup aroma biji adas atau minyak esensialnya.

3.     Extra Virgin Olive Oil


Extra Virgin Olive Oil atau minyak zaitun murni ini dalam sebuah studi di German Research Center untuk Food Chemistry menemukan bahwa dengan menghirup aromanya yang murni  mampu membuat Anda merasa lebih kenyang. Penelitian ini telah dilakukan dengan cara menambahkan ekstrak minyak zaitun ke dalam yogurt. Sementara peserta penelitian diminta untuk menyantap yogurt ini. Dan hasilnya, kalori dalam tubuh mereka menurun dan mereka memiliki gula darah yang normal dibandingkan yang hanya menyantap yogurt tawar saja.  Selain mencium baunya, minyak zaitun ternyata mampu meningkatkan kadar hormon serotonin yang dapat memengaruhi tingkat kekeyangan. Minyak murni zaitun ini juga memiliki kandungan MUFA, yakni lemak sehat yang dapat membantu menghilangkan tumpukan lemak di perut.

4.    Apel Hijau dan Buah Pisang


Menurut studi yang dilakukan di Smell & Taste Treatment and Research Foundation menyatakan bahwa penderita kelebihan berat badan yang mencium aroma apel hijau dan buah pisang akan kehilangan nafsu makannya. Hal ini dikarenakan kedua buah ini memiliki aroma manis yang mampu menetralkan rasa lapar. Nah apabila Anda tiak memiliki apel hijau atau pisang maka cobalah untuk mencium aroma vanila atau peppermint.

5.    Jeruk Bali


Sama seperti jenis buah jeruk lainnya, pada buah jeruk bali juga mengandung vitamin C dan juga  likopen. Seperti kita tahu bahwa seseorang yang sedang diet akan suka menyantap buah jeruk ini karena kandungan vitamin yang ada di dalamnya. Akan tetapi menurut para peneliti di Osaka University, Jepang, untuk para pelaku diet lebih disarankan untuk mencium bau jeruk kupas ini terlebih dulu sebelum menyantapnya. Hal ini disebabkan karena para peneliti  tersebut menemukan, responden yang diekspos dengan minyak jeruk selama 15 menit ternyata nafsu makannya menurun dan lama-kelamaan berat badannya berkurang.

Nah, ladies untuk menghilangkan nafsu makan Anda ada baiknya mencium aroma seperti di atas. Dan jika Anda sedang dalam program diet dengan mencium aroma seperti di atas akan sangat manjur untuk mensukseskan diet Anda. Selamat mencoba

Leave a Reply