free webpage counters
Subscribe
sahabat saya, sahabat anda, sahabat kita semua

5 Cara Alami Menghilangkan Bekas Luka

Adanya tanda bekas luka pada bagian tubuh seperti bekas penyakit cacar, noda bekas jerawat, lecet atau luka karena teriris benda tajam, luka bakar, luka terkena siraman air panas tentu  bisa mengurangi rasa kepercayaan diri. Yang lebih mengkhawatirkan apabila bekas luka tersebut berada di bagian tubuh yang dapat mudah terlihat seperti wajah, tangan, betis, paha dan lain sebagainya. Sehingga tidak mengherankan apabila banyak orang rela melakukan pengobatan dan perawatan apapun untuk menghilangkan bekas luka tersebut. Berbagai obat penghilang bekas luka banyak di tawarkan begitu juga dengan perawatan dan pengobatan dengan cara modern, tetapi di samping itu semua ternyata ada cara alami yang juga manjur untuk menghilangkan bekas luka. Simak selengkapnya dibawah ini:

1.    Madu
Madu memang dikenal mempunyai banyak khasiat dan salah satunya adalah menghilangkan bekas luka. Cairan madu yang kental dan memiliki rasa sangat manis ini ternyata dapat merangsang regenerasi sel, mendinginkan kulit, mengurangi nyeri dan bahkan menghilangkan bekas luka. Seperti yang dinyatakan James F Balch dan Phyllis A. Balch, dalam Prescription for Nutritional Healing dimana menganjurkan untuk menggunakan madu yang masih alami untuk menghilangkan bekas luka. Caranya cukup mudah, hanya dengan mengoleskan madu secara merata pada seluruh bekas luka kemudian diamkan selama 20-30 menit. Setelah itu bilas dengan air hangat. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal gunakan rutin setiap hari

2.    Bawang Putih
Sejak dari 3000 SM orang-orang China telah menggunakan bawang putih sebagai obat berbagai penyakit,  dan akhir-akhir ini diketahui bahwa bawang putih juga diketahui dapat mengatasi bekas luka yang telah menjadi keloid.  Jangan khawatir dengan hal ini karena efek anti-proliferasi yang terdapat pada bawang putih dapat menekan pertumbuhan kolagen dan menekan perkembangan dari keloid. Caranya pun cukup mudah hanya dengan mengiris atau memarut bawang putih lalu oleskan irisan atau parutan tersebut ke bekas luka keloid dan biarkan sampai kering, kemudian bilas dengan air hangat.

3.    Mentimun
Buah mentimun mengandung vitamin C dan potasium yang tidak hanya baik untuk menangkal radikal bebas, tetapi  juga memiliki kandungan  air yang cukup tinggi dan menyegarkan. Selain itu mentimun juga memiliki kandungan silika yang dapat meningkatkan produksi kolagen dan mencegah munculnya keriput dan bahkan menghilangkan bekas luka. Tentu tidak heran banyak produk kosmetik berbahan dasar buah mentimun. Untuk menghilangkan bekas luka caranya dengan memotong mentimun menjadi kecil-kecil lalu haluskan dengan blender atau ditumbuk. Kemudian oleskan pada bekas luka dan biarkan sepanjang malam.

4.    Teh Hijau
Di dalam daun teh hijau terdapat kandungan antioksidan  bernama Epigallocatechin Gallate (EGCG). Dimana kandungan antioksidan ini memiliki kekuatan 200 kali lebih hebat dari vitamin E yang sudah terbukti dapat mengurangi penyebab jerawat, mengontrol produksi minyak serta menghilangkan bekas luka. Caranya selain dikonsumsi sebagai minuman  bisa juga dengan cara membasahi kapas atau handuk kecil dengan air daun teh hijau kemudian usapkan kapas atau handuk kecil tersebut pada bagian luka yang sudah dibersihkan terlebih dahulu.

5.    Lidah Buaya
Akhir-akhir ini tanaman lidah buaya sangat dikenal baik untuk perawatan kulit tubuh, hal ini dikarenakan pada lidah buaya terdapat kandungan lignin dan asam amino yang bisa melembabkan kulit dan meregenerasi sel kulit. Selain itu tanaman lidah buaya juga  memiliki anti-radang yang dapat mengurangi radang pada kulit dan menghilangkan bekas luka. Untuk menhilangkan bekas luka caranya cukup mudah hanya dengan mengoleskan lendir lidah buaya pada bekas luka secara rutin. Tapi hati-hati supaya tidak terkena bagian getah karena akan membuat kulit terasa gatal.

Nah itulah beberapa cara alami untuk menghilangkan bekas luka yang tentu saja dapat mengganggu penampilan. Semoga tips di atas dapat bermanfaat.

Leave a Reply