free webpage counters
Subscribe
sahabat saya, sahabat anda, sahabat kita semua

5 Jenis Pilihan Olahraga Untuk Ibu Hamil

Apakah Anda masih merasa ragu untuk berolahraga saat memasuki masa kehamilan?

Maka jangan ragu lagi ya, karena banyak penelitian yang membuktikan bahwa dengan berolahraga maka masa-masa kehamilan akan bisa dilalui dengan lebih nyaman. Selain itu berbagai  keluhan selama masa kehamilan pun bisa diminimalkan, proses persalinan juga akan lebih mudah. Nah, untuk itu jangan ragu untuk mulai melakukan olahraga. Dan di bawah ini merupakan lima pilihan olahraga yang paling cocok dan disarankan untuk ibu hamil. Ingat ya, jangan lupa juga untuk minta saran dan persetujuan dokter sebelum berlatih.

1.    Jalan Kaki
Olahraga yang satu ini tidak ada kontradikasinya terhadap kehamilan. Untuk itu agar olahraga ini dapat bermanfaat dengan optimal, maka sebaiknya perhatikan intensitannya, yakni 50% – 70% dari denyut jantung kita. Cara untuk menghitungnya pun cukup mudah yaitu dengan 220 (denyut jantung maksimal) dikurangi usia kali 100%. Dengan berjalan kaki ini, maka akan memberikan banyak manfaat untuk ibu hamil, seperti :

  • Memperkuat dan menyehatkan paru-paru serta jantung.
  • Peredaran darah ke seluruh tubuh lebih baik, yakni khususnya aliran darah dari pembuluh darah balik (vena) di kaki.
  • Mampu meningkatkan stamina.
  • Memperkuat otot-otot, terutama otot tungkai, serta
  • Menghilangkan stres.

2.    Olahraga Air
Untuk olahraga air ini bisa dilakukan mulai menginjak kehamilan trimester pertama sampai ketiga, akan tetapi sebaiknya lebih berhati-hati saat memasuki kandungan 7 bulan atau lebih karena di usia ini keseimbangan ibu sudah berkurang sehingga risiko terjatuh atau terpeleset lebih besar. Olahraga air memberikan banyak manfaat, seperti :

  • Membuat tidur lebih nyenyak.
  • Mampu meringankan rasa mual yang muncul selama kehamilan.
  • Dengan keberadaan air di sekitarnya saat berolahraga dapat mengurangi beban atau tekanan pada sendi dan otot.
  • Mampu memperkuat otot-otot, termasuk otot di sekitar panggul yang bisa membantu memudahkan untuk proses persalinan.

3.    Angkat Beban
Saat berolahraga maka selalu awali dan akhiri dengan peregangan. Sebaiknya lakukan dari mulai intensitas ringan sampai sedang. Untuk ibu hamil jangan mengerahkan tenaga dengan  berlebihan karena akan menggangu sirkulasi darah janin. Olahraga angkat berat untuk ibu hamil bisa menggunakan alat bantu berupa dumble, karena akan memberikan manfaat seperti membantu mempertahankan kelenturan dan kekuatan. Selain itu dengan latihan ini maka akan baik untuk untuk menyiapkan tubuh mengangkat beban berat setelah bayi lahir nanti.

4.    Yoga
Olahraga yoga yang berupa gerakan-gerakan prenatal tentu akan baik untuk mempersiapkan ibu agar bisa melalui kehamilan dan persalinan dengan nyaman, baik dalam segi fisik mupun emosional. Manfaat Yoga yang dirancang khusus untuk ibuhamil yakni prenatal yoga yang akan dapat meningkatkan stamina dan kekuatan tubuh ibu hamil.

5.    Pilates
Dengan gerakan-gerakan pilates yang sangat menekankan fleksibilitas, ketahanan otot, dan keseimbangan maka akan sangat membantu ibu saat melahirkan bayinya kelak. Selain itu pilates juga akan menguatkan seluruh bagian tubuh, terutama otot-otot perut dan panggul.

Nah, bagi ibu hamil pilih 5 olahraga di atas agar tetap bugar selama menjalani masa kehamilan

Leave a Reply