free webpage counters
Subscribe
sahabat saya, sahabat anda, sahabat kita semua

5 Kesalahan Pada Saat Berjilbab

kesalahan wanita saat berjilbabMengenakan jilbab atau berhijab merupakan kewajiban sebagai seorang muslimah. Dengan berjilbab seorang wanita dapat menjaga auratnya dari pandangan lelaki yang bukan muhrimnya. Selain itu dengan berjilbab juga membuat seorang wanita menjadi tambah cantik juga anggun. Seorang wanita yang mengenakan jilbab dengan benar tentu akan memberikan kenyamanan tersendiri saat mengenakannya.

Namun terkadang para muslimah yang berjilbab juga suka melakukan kesalahan-kesalahan yang akan membuatnya uring-uringan dan bingung sendiri. Kesalahan apa saja yang biasanya sering terjadi pada wanita yang memakai jilbab, berikut ini selengkapnya :

1.    Tidak Menggelung Rambut
Maksudnya memang tidak ingin menyiksa rambut dengan tidak menggelung atau mengikatnya dengan ikatan yang kuat. Akan tetapi dengan hanya menggerai rambut begitu saja saat berjilbab, tentu akan mengganggu penampilan dan juga akan membuat aurat akan tetap terlihat. Seperti misalnya ujung rambut muncul ke pori-pori jilbab selain itu juga akan membuat penampilan menjadi tidak nyaman. Nah, ladies, jadi selalu menggelung rambut saat berjilbab merupakan solusi terbaik, tetapi apabila tidak ingin membuat rambut Anda tersiksa sebaiknya gunakan ikat rambut yang lembut dan bukan menggunakan karet gelang atau jepitan besi yang dapat membuat rambut rusak.

2.    Ikatan Yang Terlalu Kuat
Maksud hati ingin agar tampilan kerudung rapi dan tidak berubah walaupun tertiup angin ataupun saat melakukan banyak gerakan. Dan dengan itu para wanita mengikat rambut maupun mengikat ikatan dasar jilbab terlalu kuat. Untuk waktu yang singkat mungkin nyaman-nyaman saja, tetapi apabila sudah berjam-jam maka akan terasa pusing di kepala. Nah, untuk itu sebaiknya gunakan ikat kepala yang elastis dan jangan mengikatnya terlalu kuat, begitu juga dengan ikatan rambut.

3.    Ikat Kepala Tidak Menyerap Keringat
Sebelum menggunakan jilbab, biasanya para muslimah mengenakan  kain yang digunakan sebagai dasar yang diikatkan di kepala, yang disebut juga dengan ikat kepala. Nah bentuk dari ikat kepala ini bermacam-macam dan begitu juga dengan bahannya. Nah, kesalahan selanjutnya yaitu ketika memilih ikat kepala dari bahan yang tidak dapat menyerap keringat. Selain mungkin kurang nyaman pada saat digunakan, bahan yang tidak dapat menyerap keringat akan membuat keringat terakumulasi di kulit kepala sehingga akan membuat rambut lepek dan akhirnya mudah berketombe. Apalagi ketika cuaca sedang panas. Anda akan sangat tersiksa karena mungkin akan teras gatal di kepala. Untuk itu sebaiknya selalu gunakan ikat kepala dengan bahan yang dapat menyerap keringat dan biasanya yang berbentuk renda karena bahan renda memungkinkan sirkulasi udara yang baik di rambut dan juga kulit kepala.

4.    Ujung Jilbab
Dengan mencoba berbagai gaya berjilbab memang akan membuat penampilan Anda selalu berbeda, segar dan juga trendy, akan tetapi kadang sering mengabaikan bagian ujung  jilbab dimana sering lupa memperhatikan jatuhnya ujung kerudung Anda. Biasanya kesalahannya yaitu  mengakhiri ujung kerudung atau jilbab dengan membiarkannya sedikit menjuntai di sisi belakang atau samping kepala padahal bahan kerudung tersebut cukup kaku. Dengan ini maka akan membuat ujung kerudung  terlihat tidak menyatu dengan keseluruhan bentuk jilbab yang Anda kenakan. Nah untuk itu sebaiknya  ujung jilbab jangan dibiarkan menjuntai melainkan sematkan secara rapi dengan menggunakan jarum

5.    Rambut Kurang Dirawat
Dengan tertutupinya bagian rambut dengan jilbab tentu akan membuat rambut menjadi stres. Kadang dengan rambut yang tertutup membuat wanita jarang memperhatikan keindahan dan kesehatan rambutnya. Untuk  menghindari rambut semakin rusak maka sebaiknya rajinlah merawat rambut dengan rajin keramas dan juga menggunakan conditioner agar rambut menjadi lebih lembut.

Nah itulah 5 kesalahan wanita yang berjilbab yan biasanya terjadi. Dengan membuat penampilan berjilbab senyaman dan sebaik mungkin maka akan membuat penampilan semakin sempurna.

Leave a Reply