free webpage counters
Subscribe
sahabat saya, sahabat anda, sahabat kita semua

5 Latihan Yang Harus Dilakukan Untuk Kehamilan Kembar

Kehamilan kembar yang mana terdapat lebih dari satu janin di dalam rahim merupakan suatu keadaan yang mana akan membuat anda membutuhkan adaptasi ekstra seperti contohnya saja yakni keadaan mual dan muntah yang lebih parah ketimbang mereka yang hamil tunggal. Selain masalah mual yang berlebih, sakit pada bagian punggung dan juga kram akan lebih tinggi pada wanita dengan kehamilan kembar. Maka untuk asupan nutrisi yang dibutuhkan bagi ibu yang hamil bayi kembar pun tentunya berbeda dengan ibu yang mengandung bayi tunggal.

Pada tiga bulan terakhir kehamilan kembar biasanya akan sangat melelahkan pada seperti contohnya ibu akan lebih rentan untuk mengalami kadar zat besi rendah (anemia) dan juga munculnya keluhan-keluhan lainnya. Nah, untuk lebih meringankan beban dengan kehamilan kembar, maka perlu dilakukan beberapa latihan-latihan yang akan membantu, berikut 5 latihan yang dapat dilakukan untuk kehamilan kembar :

1.  Berenang
Bagi wanita yang sedang hamil berolahraga di dalam air akan merasa lebih nyaman daripada olahraga lainnya, karena air sendiri dapat membantu mendukung berat badan Anda, selain itu air juga mendukung sendi dan ligamen Anda berolahraga serta dapat melindungi Anda terhadap cedera. Efek berenang yang dilakukan ibu hamil juga akan memberikan pendinginan bagi tubuh ibu hamil yang overheating. Akan tetapi apabila Anda menderita sakit punggung atau panggul, sebaiknya konsultasikan dengan bidan, dokter  atau fisioterapis sebelum Anda mulai berenang. Dan jika tidak ada permasalahan berarti maka dengan bergerak dan berjalan di dalam air akan menjadi latihan yang baik dan dapat membantu untuk meringankan rasa sakit dan nyeri.

2.  Yoga
Yoga sendiri merupakan olahraga dengan latihan ringan yang memberikan kebugaran juga dapat membantu dengan fleksibilitas dan otot-otot anda selama masa kehamilan. Akan tetapi tetap perlu di ingat untuk menghindari  setiap gerakan yang mengharuskan anda untuk berbaring telentang, terutama setelah kandungan 16 minggu karana posisi ini dapat menurunkan aliran darah ke rahim (rahim) yang tentunya akan membahayakan.

3.  Pilates
Latihan pilates untuk ibu hamil akan memberikan manfaat untuk mengelola stres yang berhubungan dengan nyeri yang mana berasal dari punggung dan panggul. Dan untuk tetap membantu posisi janin Anda tetap optimal. Sebelum mencoba Pilates, sebaiknya selalu pastikan bahwa Anda dapat melakukan dasar panggul kontraksi yang kuat. Akan teteapi latihan pilates dengan berapa posisi seperti yang melibatkan berbaring di perut atau punggung, sebaiknya tidak dilakukan selama kehamilan.

4.  Latihan Dasar Panggul
Selama dalam masa kehamilan tentunya Anda akan mengalami perubahan pada berat badan, kelebihan hormon-hormon kehamilan dan juga dalam sistem tubuh anda. Dengan perubahan ini maka akan menimbulkan berbagai masalah seperti contohnya buang air kecil tanpa anda sadari ketika batuk atau bersin. Maka untuk melatih otot panggul Anda, sebaiknya lakukan latihan dasar panggul secara teratur , Akan tetapi apabila masalah terus berlanjut, sebaiknya konsultasikan kepada bidan atau dokter untuk merujuk Anda ke fisioterapis.

5.  Berjalan
Berjalan merupakan latihan yang bisa Anda lakukan dengan kehamilan kembar, dalam hal ini selama Anda merasa nyaman, dan tidak menderita nyeri panggul atau punggung. Latihan berjalan yang tentunya sangat mudah ini akan membantu proses persalinan normal anda asalkan anda tidak terlalu mengguncang lutut dan pergelangan kaki. Akan tetapi jangan sampai dengan latihan berjalan ini hanya akan membuat Anda kelelahan. Saat berjalan juga tetap perhatikan detak jantung Anda saat berolahraga.

Nah, itulah beberapa latiahn yang dapat dilakukan oleh ibu hamil dengan kehamilan kembar, semoga dengan melakukan latihan seperti di atas akan membuat ibu hamil lebih nyaman, tenang, sehat dan juga bugar dalam menjalani kehamilannya.

Leave a Reply