free webpage counters
Subscribe
sahabat saya, sahabat anda, sahabat kita semua

5 Manfaat Air Putih Untuk Kehamilan

Selama kehamilan bulan pertama sampai bulan ke sembilam merupakan suatu proses yang panjang, dimana tentunya membutuhkan perhatian yang ekstra. Kehamilan yang sehat merupakan awal dan cikal bakal dari bayi yang sehat. Untuk itu menjaga kesehatan selama masa kehamilan merupakan suatu kewajiban. Dan salah satu cara untuk menjaga kesehatan ibu dan janin selama dalam masa kehamilan yakni dengan mengkonsumsi air putih. Lalu mengapa harus air putih? Ya, karena air putih banyak memberikan manfaat bagi kehamilan. Ada 5 manfaat air putih tersebut, selengkapnya seperti berikut :

1.    Ampuh Mencegah Dehidrasi Serta Penumpukan Cairan
Selama masa kehamilan, dehidrasi merupakan salah satu masalah utama yang sering dialami. Dengan dehidrasi ini dapat mengakibatkan sakit punggung, sakit kepala, bahkan masalah pada ginjal. Dengan banyak mengkonsumsi air putih selama kehamilan selain dapat mencegah timbulnya dehidrasi juga ampuh untuk mengurangi resiko penumpukan cairan pada organ-organ tubuh seperti kaki, tangan, dan persendian. Dengan adanya penumpukan cairan pada masa kehamilan maka akan terjadi pembengkakan pada daerah tertentu seperti kaki, betis dll.

2.    Dapat Mengurangi Sakit Kepala
Selama masa kehamilan, sakit kepala hampir sering kali datang, biasanya hal ini disebabkan oleh ketidakseimbangan cairan pada tubuh, sistem hormon, dan faktor kelelahan. Maka dengan mengkonsumsi air putih secara seimbang dan rutin maka sakit kepala pun akan berkurang bahkan hilang dengan sendirinya.

3.    Mencegah Munculnya Stretch Mark
Stretch mark sendiri yakni adanya guratan-guratan pada kulit yang akan muncul seiring dengan bertambahnya usia kehamilan. Stretch mark terjadi karena kulit kekurangan nutrisi dan kurang terhidrasi tertarik karena semakin besarnya ukuran kandungan. Disebabkan oleh faktor kurangnya nutrisi dan kurang terhidrasi tersebut maka akan meninggalkan guratan-guratan tak rata pada kulit. Tapi dengan mengkonsumsi air putih secara seimbang, maka kulit akan mampu menahan dan akan mencegah terjadinya strech mark. Sehingga kulit pun menjadi lebih elastis dan lembut.

4.    Menyeimbangkan Suhu Tubuh
Ternyata pada awal masa kehamilan, maka suhu tubuh wanita tersebut akan meningkat. Biasanya hal ini disebabkan oleh kinerja hormon-hormon kehamilan. Dengan keadaan suhu tubuh yang tidak seimbang inilah yang membuat wanita hamil mudah merasa lelah dan mengalami konstipasi. Maka untuk mencegah timbulnya rasa lelah. Lemas dan letih yang berlebihan dan mengatasi konstipasi, maka sangat disarankan bagi wanita hamil untuk rajin mengkonsumsi air putih setiap harinya. Air putih sendiri sangat mudah diserap oleh tubuh dan dapat membantu menyeimbangkan suhu tubuh yang kurang stabil.

5.    Menghilangkan Racun Dalam Tubuh
Apapun yang dikonsumsi oleh seorang wanita yang sedang hamil maka akan masuk juga ke dalam tubuh si janin. Jadi apabila mengkonsumsi zat-zat berbahaya tentu dapat membahayakan janin. Saat ini banyak makanan yang mengandung racun atau senyawa yang berbahaya akan tetapi tidak disadari, maka untuk mensiasati hal ini setelah si Ibu makan maka perbanyak minum air putih yang seimbang. Karena fungsi air putih disini yakni dapat menghalau racun dan membantu kinerja hati serta ginjal untuk mengekskresi racun dari dalam tubuh.

Dengan mengkonsumsi air putih secara seimbang serta rutin selama masa kehamilan tentu sangat disarankan. Selain itu jumlah air putih yang dikonsumsi sebaiknya disesuaikan juga dengan perbandingan massa tubuh. Dan untuk mengetahui lebih lanjut jumlah air putih yang sebaiknya dikonsumsi selama dalam masa kehamilan, Anda dapat berkonsultasi dengan dokter kandungan Anda.

Leave a Reply