free webpage counters
Subscribe
sahabat saya, sahabat anda, sahabat kita semua

6 Faktor Yang Mempengaruhi kesuburan Pria

Dalam mempersiapkan kehamilan, setiap pasangan di tuntut untuk dapat saling berbagi peran. Tidak hanya dari pihak wanita yang dapat mengandung dan melahirkan bayinya, faktor kesuburan pria pun sangat menentukan terjadinya sebuah kehamilan.

Seorang pria kadang kala kurang memperhatikan pola hidupnya, ada yang memang menjaga pola hidupnya agar selalu sehat dan ada juga yang sebaliknya, dan faktor kesehatan itulah yang menentukan faktor kesuburan seorang laki-laki. Jika, saat ini Anda dan pasangan belum juga memiliki keturunan, mungkin saja hal ini di sebabkan oleh faktor kesuburan pihak pria, dan ada banyak faktor yang mempengaruhi kesuburan setiap pria. Apa saja itu? Simak selengkapnya di bawah ini :

1.    Alkohol.
Seperti kita tahu bahwa pria seringkali mengkonsumsi minuman satu ini, Ya, minuman yang mengandung Alkohol ternyata dapat menurunkan jumlah serta kualitas sperma pada lelaki, walaupun  hanya minum dalam jumlah yang relatif sedikit. Maka, untuk Anda pria yang memiliki kebiasaan mengkonsumsi alkohol sebaiknya segera hentikan karena alkohol dapat menghambat kesuburan dan sulit untuk mendapatkan keturunan

2.    Waktu Saat Melakukan Aktivitas Seksual.
Untuk mendapatkan kehamilan, pihak pria juga berperan penting, dimana kualitas sperma sendiri dapat menurun. Jadi sebaiknya pilih waktu yang paling baik untuk melakukan hubungan seksual yakni pada pagi hari. Hal ini dikarenakan jumlah sperma yang diproduksi oleh kelenjar kelamin pria menghasilkan jumlah terbanyak pada pagi hari selain itu kualitas sprema juga masih dalam keadaan baik pada pagi hari.

3.    Temperatur / Suhu.
Ternyata kesuburan pria juga dapat di tentukan dari kualitas sperma yang baik, dimana sperma dapat bertahan lebih baik pada suhu yang dingin dibandingkan di suhu panas. Jadi hindari jika terlalu sering berada dalam suhu panas seperti contohnya berendam di air panas atau mandi sauna karena akan menurunkan produksi dan kualitas sperma pria.

4.    Merokok
Kaum pria tidak sedikit yang sudah tidak lepas dari rokok, dan merokok ternyata dapat mempengaruhi kesuburan seorang pria. Hal ini dikarenakan racun-racun dalam rokok akan mengurangi jumlah, kualitas, gerak dan kemampuan sperma itu sendiri. Jadi sebisa mungkin kurangi atau berhenti merokok akan dapat meningkatkan kesuburan dan akan mempercepat mendapatkan keturunan

5.    Kecukupan gizi.
Faktor gizi seorang pria juga mempengaruhi kesuburan pria tersebut, karena ada beberapa zat penting yang mempunyai peranan yang cukup besar pada kesehatan reproduksi pria, seperti contohnya zinc, selenium dan asam folat. Jadi jika seorang pria kekurangan unsur nutrisi seperti di atas maka jumlah sperma yang dihasilkan tentu akan menurun. Dan salah satu jenis makanan yang terbukti dapat meningkatkan kesuburan pria adalah tomat. Buah tomat sendiri paling baik dikonsumsi jika dinikmati setelah direbus sebentar.

6.    Faktor fisik.
Fisik seorang pria ternyata dapat mempengaruhi kesuburannya, jika selalu merasa kelelahan karena banyak mengerjakan suatu pekerjaan maka tentu akan membuat gairah seksual menurun. Sehingga dengan kelelahan fisik akan berpengaruh pada melemahnya gerak sperma dan kualitas sperma.

Itulah beberapa faktor yang dapat mempengaruhi kesuburan seorang pria. Semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda

Leave a Reply