free webpage counters
Subscribe
sahabat saya, sahabat anda, sahabat kita semua

6 Strategi Agar Cepat Kaya

Setiap orang mungkin memiliki mimpi untuk menjadi orang kaya. Dan tidak setiap orang mampu mewujudkan impiannya tersebut. Mau tahu strategi untuk cepat kaya? Ternyata tidak berat kok, dapat di mulai dari mengelola gaji Anda setiap bulannya.

Nah, ladies mungkin Anda memiliki masalah dengan gaji yang setiap bulan selalu habis tanpa jejak. Malah terkadang defisit sehingga tentu membuat Anda terpaksa membobol tabungan. Belum lagi masalah tagihan kartu kredit yang masih bengkak. Wah jika hal ini terus terjadi, kapan bisa kaya? Nah ini dia 6 strategi jitu untuk cepat kaya. Yuk simak sama-sama ladies !

1.    Tetapkan Tujuan
Kita tentu harus memiliki tujuan mengapa kita perlu menabung atau berinvestasi, seperti misalnya membeli rumah, menikah, atau traveling keliling dunia. Jika Anda sudah tahu tujuan apa dalam hidup Anda maka Anda akan bisa memperkirakan jumlah yang ingin diraih dan berapa lama jangka waktu yang diperlukan. Seperti contohnya, jika Anda  ingin membeli rumah dalam jangka waktu lima tahun lagi maka Anda harus memperkirakan berapa harga rumah di masa depan dan jumlah besarnya tabungan yang diperlukan untuk mencapai tujuan tersebut.

2.    Patuhi Anggaran
Anda sudah mulai harus membiasakan membuat anggaran yang jelas dari penghasilan Anda, dan tentu saja Anda harus disiplin dan mematuhinya. Cara agar lebih teratur mematuhi anggaran bisa dengan membuatnya dalam bentuk tertulis. Seperti contohnya sebagai berikut :
Dari 100% penghasilan, Anda bisa membaginya menjadi:
– 30% untuk membayar utang
– 10% untuk tabungan
– 40% untuk kebutuhan sehari-hari
– 20% untuk biaya entertainment
Setelah Anda membuat anggran tersebut maka patuhi dan jangan melanggarnya

3.    Bayar Utang
Kita harus pandai menghitung semua tagihan, mulai dari waktu jatuh tempo, risiko seperti misalnya adanya bunga, tentu saja dengan tujuan agar tahu prioritas pelunasan. Nah, apabila jumlah hutang sangat besar bahkan sampai dengan hampir menyamai gaji maka Anda bisa mengambil langkah dengan menjual beberpa aset untuk membayarnya.

4.    Tabungan & Investasi
Saat waktu gajian tiba, sebelum seluruh uang gaji habis terpakai, maka sebaiknya sisihkan terlebih dahulu untuk ditabung, misalnya minimal 10% dari gaji. Dengan jumlah tersebut akan lebih baik jika mampu ditambah apabila ada sisa dari pos utang, entertaiment, atau bonus tahunan. Selain itu Anda juga bisa mencoba berinvestasi, seperti contohnya ikut reksa dana atau dengan membeli emas.

5.    Persiapkan Dana Darurat
Bagi Anda wanita single, maka besarnya dana darurat minimal empat kali pengeluaran bulanan. contohnya jika gaji Anda Rp 3 juta dan pengeluaran Rp 2,5 setiap bulan, maka dana darurat yang harus dimiliki adalah Rp 10 juta. Sebagai sumbernya, dana darurat tersebut bisa berasal dari sisa gaji atau pendapatan lain, seperti misalnya bonus. Penting untuk di ingat bahwa dana darurat hanya boleh digunakan untuk keadaan yang benar-benar darurat, seperti contohnyanya terkena musibah atau untuk keperluan biaya hidup apabila tiba-tiba di-PHK. Selain itu dana darurat juga simpan di tempat yang mudah diakses dan tidak merepotkan ketika Anda ingin mengambilnya.

6.    Asuransi Kesehatan
Supaya Anda tidak terlalu di repotkan  dengan memikirkan biaya rumah sakit yang mahal, maka sebaiknya Anda memiliki asuransi kesehatan. Nah, apabila perusahaan sudah menyediakan, maka ini keuntungan bagi Anda karena Anda tidak perlu lagi membuatnya. Jadi dapat tetap memanfaatkan yang sudah tersedia dan gratis.

Apabila langkah-langkah di atas dapat dilaksanakan dengan benar maka tidak mustahil Anda akan cepat menjadi orang kaya. Selamat mencoba

Leave a Reply