free webpage counters
Subscribe
sahabat saya, sahabat anda, sahabat kita semua

6 Tips Agar Persalinan Berjalan Lancar

Menjalani masa kehamilan dengan lancar dan tanpa banyak menghadapi banyak kendala sangat didambakan oleh semua wanita yang sedang hamil. Selain ingin menjalani masa kehamilan yang sehat dan lancar, ibu hamil juga begitu mengidamkan proses persalinan kelak berjalan lancar dan tidak terganggu banyak masalah. Proses persalinan memang suatu hal yang akan sangat menegangkan bagi wanita yang sedang hamil. Untuk itu, agar proses persalinan kelak berjalan lancar dan mulus, perlu diperhatikan beberpa hal dan harus disiapkan sejak dini. Dan berikut ini 6 tips agar persalinan berjalan dengan lancar, seperti yang dilansir oleh Mag for Women berikut ini :

Untuk menghadapi proses persalinan, Anda tidak perlu merasa cemas, panik dan juga takut, karena dengan 6 tips di bawah ini akan membantu Anda mengatasi hal-hal seperti di atas, ini dia tips selengkapnya :

1.    Fleksibel
Saat mulai memasuki masa kehamilan, semua calon ibu pasti akan suka dengan berbagai informasi yang berkaitan dengan janin yang berada dalam kandungannya. Dan walaupun akan terjadi beberapa hal yang muncul di luar dugaan, seperti misalnya tiba-tiba cegukan, maka Anda tidak perlu panik. Untuk itu sebaiknya Anda tetap fleksibel dan temukan cara yang paling tepat untuk mengatasinya

2.    Tetap Menjaga Kebugaran
Memang bagi sebagian ibu hamil kebanyakan lebih senang untuk hanya beristirahat sepanjang waktu di atas tempat tidurnya. Padahal sebaiknya ibu hamil tetap beraktifitas bahkan berolahraga. Karena dengan tetap menjaga kebugaran tubuh, maka ibu hamil akan tetap siap sedia saat masa persalinan itu tiba.

3.    Belajar Untuk Fokus
Fokus sendiri merupakan kekuatan utama yang diperlukan seorang wanita saat melahirkan.  Dan untuk melatih dan belajar maka bisa dilakukan dengan melakukan meditasi. Seperti kita tahu bahwa walaupun tidak sedang dalam masa kehamilan, meditasi memang sangat dianjurkan untuk menjaga kesehatan tubuh dan mental.

4.    Terapi Air
Salah satu cara agar persalinan dapat berjalan lancar dan releks adalah dengan melakukan terapi air. Terapi air sendiri bisa dilakukan dengan berendam di dalam air hangat dimana akan membantu tubuh menjadi rileks dan tenang. Dan dengan terapi air ini sendiri mampu mengurangi rasa sakit yang disebabkan oleh adanya kontraksi dalam rahim.

5.    Kelas Ibu Hamil
Satu lagi cara agar ibu siap dan tenang menghadapi persalinan yakni dengan mengikuti kelas ibu hamil. Dengan mengikuti kelas hamil ini maka akan lebih mendapatkan banyak informasi yang bermanfaat mengenai kandungan, kehamilan dan persalinan. Seperti contohnya makanan yang harus sebaiknya dikonsumsi, posisi duduk, posisi tidur, dan olahraga yang sebaiknya dilakukan untuk membantu melancarkan persalinan.

6.    Latihan Pernapasan
Selain harus bisa menjaga fokus, ibu hamil juga harus mampu melatih pernafasan. Karena pernafasan sendiri merupakan salah satu faktor terpenting saat persalinan kelak. Dengan bernapas benar dan tepat akan mampu membantu persalinan berjalan lancar.

Itulah 6 tips agar ibu hamil dapat menjalani proses persalinan dengan lancar dan tanpa hambatan yang berhasil sahabat hawa kutip, semoga bermanfaat, persalinan berjalan lancar dan ibu serta bayi dapat lahir dengan selamat.

Leave a Reply