free webpage counters
Subscribe
sahabat saya, sahabat anda, sahabat kita semua

6 Varian Teh Oolong Yang Kini Tengah Populer

Seperti kita ketahui bahwa beberapa tahun lalu, orang-orang sangat tergila-gila dengan teh hijau. Dan kini kepopulerannya telah tergeser dengan kehadiran varian teh lain yakni teh Oolong, kelebihan teh Oolong selain dapat memperbaiki metabolisme tubuh juga di percaya dapat menurunkan berat badan. Di negeri China sendiri khasiat teh oolong sudah dikenal sejak tahun 618. Akan tetapi kenikmatan teh ini hanya dinikmati oleh orangtua saja.

Teh Oolong merupakan teh semi fermentasi. Dan nama oolong sendiri diambil dari sebuah nama pria Cina yakni Wu Long atau Oolong. Dimana pria inilah yang menemukan teh oolong secara tidak sengaja ketika daun teh yang dipetiknya ditinggalkan demi mengejar seekor kijang. Dan saat kembali, teh itu telah terfermentasi. Dalam legenda lain juga menyebutkan bahwa oolong dalam bahasa Cina berarti naga hitam, karena daunnya mirip naga hitam kecil yang tiba-tiba terbangun ketika diseduh.

Teh oolong yang kini populer memang mempunyai khasiat yang sangat baik untuk kesehatan seperti membantu kinerja pencernaan, dapat mengobati sakit kepala. Bahkan yang lebih menarik adalah dimana menurut penelitian modern menyatakan bahwa teh oolong efektif mengontrol kadar kolesterol dan membantu menurunkan kadar gula.

Secara umum teh oolong sendiri memiliki empat kategori berdasarkan tingkat oksidasinya, yaitu, oolong dengan tingkat oksidasi 5-15 persen, 20-30 persen, 30-40 persen, dan 60-70 persen. Semakin tinggi tingkat oksidasinya, warna teh yang dihasilkan akan semakin pekat. Dan di bawah ini adalah berbagai jenis varian teh oolong :

1. Tie Kuan Yin
Teh Tie Kuan Yin adalah satu dari 10 teh yang paling populer di China, dimana merupakan Dewi Welas Asih yang berasal dari China. Teh ini berasal dari Anxi, provinsi Fujian, China, dan dikenal juga sebagai Iron Goddess of Mercy Tea. Tie kuan yin sendiri sangat berkualitas tinggi karena dipanen pada awal musim semi dan warnanya hijau kekuningan. Sedangkan teh yang dipanen dari daun teh musim gugur dan musim panas memiliki kualitas yang lebih rendah.

2. Monkey Picked Oolong
Teh ini sangat berbeda karena diolah dari daun teh yang dipetik oleh monyet. Awalnya pada abad ke-18, monyet dilatih oleh para biksu untuk memetik teh yang tumbuh di pegunungan di daerah Fujian, China. Hal ini dikarenakan pohon teh yang tumbuh liar disana bisa mencapai tinggi lebih dari lima meter,selain itu juga karena lokasi pegunungan tempat tumbuhnya sangat terjal, sehingga monyet dilatih untuk memetik daun teh tersebut. Monkey picked tea sendiri  dipersembahkan kepada para kaisar.

3. Wuyi Oolong
Wuyi oolong berasal dari Wuyi Mountain atau Wuyi San atau gunung Wuyi. Wuyi oolong dikenal sebagai teh oolong berkualitas terbaik di China karena di pegunungan Wuyi memiliki iklim yang sangat cocok untuk tanaman teh.

4. Danchong
Danchong sendiri merupakan teh yang berasal dari provinsi Guang Dong dan biasa disebut juga feng huang tea, hal ini karena biasanya disimpan dalam waktu yang sangat lama. Ciri teh  ini punya karakter rasa madu yang kuat, daun tehnya berwarna gelap dan tingkat oksidasinya lebih tinggi dibanding oolong tea lainnya.

5. Taiwan Oolong
Taiwan juga memiliki varian teh oolong. Teh oolong yang terkenal adalah high mountain oolong (teh yang ditanam di pegunungan tinggi). Beberapa jenis teh oolong dari Taiwan yang terkenal adalah seperti DongDing oolong, Alishan oolong, dan Four Season oolong. Karena semua varian ini dianggap memiliki kualitas tinggi.

6. Oriental Beauty
Oriental Beauty merupakan salah satu varian teh yang berasal dari Taiwan. Oriental Beauty diproduksi dari daun teh yang sudah digigit oleh sejenis wereng hijau. Dan dengan gigitan wereng hijau ini membuat daun teh terluka, sehingga akhirnya mengalami proses oksidasi sehingga menghasilkan teh yang lebih pekat dari oolong pada umumnya. Selain itu dengan gigitan wereng ini juga memberikan aroma yang khas pada teh, selain itu juga yang membuatnya berbeda adalah dimana ukuran gulungan teh Oriental Beauty ini pun lebih kecil dibandingkan teh oolong lainnya.

Nah, itulah beberapa jenis varian teh oolong yang kini tengah populer dan sangat di cari para penikmatnya, semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk Anda

Leave a Reply