free webpage counters
Subscribe
sahabat saya, sahabat anda, sahabat kita semua

7 Jurus Jitu Menelan Obat

Tips Menelan ObatAda sebagian orang yang memang sulit untuk menelan obat, terutama dalam bentuk pil atau tablet. Biasanya sulit menelan obat terjadi pada anak-anak, tetapi tidak sedikit orang dewasa pun mengalami kesulitan untuk menelan obat yang telah di resepkan oleh dokter.

Nah, apabila Anda adalah salah satu orang yang sulit menelan obat dengan bantuan segelas air putih saja, maka ikuti 7 jurus jitu menelan obat seperti yang disarankan oleh Dr David Williams, seorang pakar natural healing dan ahli kiropraktik dari Texas Chiropractic College di bawah ini :

1. Apabila seringkali obat yang Anda telan tersangkut kerongkongan walupun telah di bantu oleh minum beberapa gelas  air tetapi obat tetap tidak juga tertelan masuk ke lambung, Maka hal ini kemungkinan dikarenakan bagian tenggorokan atau kerongkongan Anda kering. Oleh karena itu, sebaiknya cobalah untuk membasahi dulu bagian kerongkongan dengan minum air terlebih dahulu sebelum menelan obat. Karena mulut yang cenderung kering akan membuat Anda lebih sulit menelan obat, karena obat akan menempel di kerongkongan.

2. Cara cepat lainnya untuk menelan obat adalah dengan meletakkan pil di tengah-tengah lidah, dengan posisi pil diletakan memanjang di bagian lidah, Lalu minum air dengan cepat  dengan tujuan untuk mendorong pil langsung masuk ke dalam tenggorokan sambil mendongakkan kepala ke belakang. Selain itu bisa juga dengan menahan air terlebih dahulu di dalam mulut sebelum Anda memasukkan pil. Dengan menunda pil sebentar di dalam air maka akan membantu menggelontornya masuk dengan mudah ke dalam kerongkongan.

3. Cara lain adalah dengan menundukkan kepala saat akan menelannya. Jika sulit menelan kapsul yang cenderung ringan dan agak licin dimana akan menyulitkannya karena cenderung mengambang. Maka untuk memudahkannya cepat tertelan, langkah pertama letakkan kapsul di mulut, lalu sesap sedikit air sambil sedikit menundukkan kepala. Dan kapsul pun akan segera mengambang dan menuju ke tenggorokan.

4. Apabila pangkal tenggorokan Anda cenderung sensitif, Anda dapat mensiasatinya dengan minum air langsung dari botol. Caranya dengan menempelkan bibir Anda pada botol lalu minum airnya dengan cara mengisap, dengan cara ini akan memicu gerakan menelan. Cara lain adalah menelan air dengan menggunakan sedotan karena sedotan juga akan membuat Anda harus mengisap cairan untuk mendorong obat lebih cepat.

5. Jika dengan berbagai cara menggunakan air, obat belum bisa tertelan juga,  maka gunakan media lain seperti pisang, roti atau nasi. Caranya dengan mengunyah sampai lembut pisang, roti atau nasi tersebut, kemudian masukkan obat ke dalam mulut, dan telan bersama dengan makanan tersebut. Dengan bantuan pisang yang memiliki tekstur lunak akan memudahkan menggelontorkan pil sampai ke lambung.

6. Cara lain adalah dengan menumbuk obat terlebih dahulu. Obat berbentuk tablet dapat di tumbuk seperti halnya puyer. Setelah di tumbuk, tuangkan serbuk obat di sendok dan campurkan dengan sedikit air, lalu telan. Dengan cara ini mungkin rasa pahit obat akan lebih terasa.

7. Obat pil yang ukurannya kecil-kecil akan lebih mudah ditelan. Jadi apabila Anda dihadapkan untuk menelan obat dengan ukuran yang besar, maka dapat disiasati dengan memecah pil tersebut menjadi beberapa bagian sehingga mudah untuk di telan.

Itulah beberapa tips menelan obat dengan mudah, apabila Anda tetap tidak bisa menelan obat, maka sebaiknya mintalah dokter  Anda untuk meresepkan obat dalam bentuk lain. Seperti contohnya puyer, cairan, krim, semprotan, tablet kunyah, tablet yang larut dalam air dan lain-lain.

Leave a Reply