free webpage counters
Subscribe
sahabat saya, sahabat anda, sahabat kita semua

8 Penyebab Sulitnya Berkonsentrasi Saat Bekerja

Apakah Anda sering merasa sulit berkonsentrasi saat bekerja? Selain akan menyebabkan berbagai pekerjaan tidak beres dan menumpuk, tentu akan menghambat pada hasil kerja Anda dan juga menghambat pada pekerjaan rekan Anda juga. Nah, untuk menghindari hal yang tidak di inginkan sebaiknya Anda mengetahui penyebab sulitnya berkonsentrasi saat bekerja. Kenali penyebabnya di bawah ini :

1.    Media Sosial
Sering kali Anda merasa kurang fokus kepada pekerjaan dikarenakan gangguan sosial media,
setiap kali Anda melakukan status update dapat membuat Anda lupa kepada pekerjaan, sehingga memaksa Anda untuk memeriksa kembali saat melanjutkan tugas Anda. Untuk itu sebaiknya hindari login ke situs sosial media saat Anda sedang bekerja. Apabila Anda tetap merasa tergoda untuk login, maka lakukanlah saat jam istirahat, ketika konsentrasi tetap terganggu dengan sosial media tersebut coba bawa laptop Anda ke tempat dimana Anda tidak dapat memiliki akses internet selama beberapa jam dan fokus untuk bekerja.

2.    Gangguan Ponsel Anda
Hal lain yang mungkin lebih mengganggu daripada suara ‘ping’ di email atau sosial media adalah suara dering ponsel. Ketika Anda mengangkat dan menerima panggilan telepon, maka Anda tidak hanya menghabiskan waktu untuk berbicara dengan yang menelpon, tetapi juga dapat menghambat ngerjakan tugas Anda. Untuk itu sebaiknya Anda melihat nama  panggilan masuk dengan baik. Apabila pemanggil dikira tidak mendesak, biarkan panggilan masuk ke voicemail (pesan suara). Apabila Anda sedang menangani sebuah proyek yang sangat intensif dan besar sebaiknya gunakan setting silent pada ponsel Anda

3.    Kelebihan Email
Saat bekerja, Ada email masuk ke kotak pesan dan perlu dibalas dengan segera. Walaupun banyaknya email yang berhubungan dengan tugas Anda, tetap saja merupakan gangguan dari tugas yang Anda kerjakan saat itu. Untuk mengatasi hal tersebut sebaiknya sisihkan dan tentukan waktu tertentu untuk memeriksa email yang masuk, dan sisa waktu yang ada diluar waktu untuk memeriksa, dapat mematikan program email. Dengan solusi ini memungkinkan Anda mempunyai waktu yang tenang untuk dapat bekerja tanpa gangguan.

4.    Bosan dan Jenuh
Pekerjaan yang itu-itu saja dan tidak ada perubahan tentu akan membuat Anda bosan dan jenuh. Untuk solusi menghilangkan rasa bosan tersebut sebaiknya Anda tetap melakukan tugas pekerjaan Anda tersebut tetapi dapat diselingi dengan kopi, camilan favorit, atau berjalan sebentar ke luar. Dengan begitu tugas-tugas yang di anggap membosankan akan  lebih mudah diselesaikan ketika Anda lebih segar dengan di selingi selingan-selingan kecil yang menyenangkan.

5.    Multitasking
Apabila Anda menguasai keterampilan multitasking dimana dapat mengerjakan beberapa tugas dalam waktu yang bersamaan, mungkin hal ini akan sangat berguna. Tetapi berdasarkan penelitian menunjukkan bahwa Anda akan kehilangan waktu setiap kali Anda mengalihkan perhatian dari satu tugas ke tugas yang lain, dan sebagai hasil akhirnya adalah melakukan tiga proyek secara bersamaan biasanya memakan waktu lebih lama daripada melakukan proyek secara satu per satu. Untuk itu sebaiknya mengerjakan tugas yang memiliki prioritas lebih tinggi terlebih dulu.

6.    Stres
Saat Anda merasa memiliki banyak masalah dan sulit fokus pada tugas pekerjaan Anda, maka keadaan ini akan  memperburuk keadaan karena stres yang terjadi pada diri Anda. Sebaiknya sebelum Anda bekerja Anda dapat mengurangi stres Anda dengan meditasi. Setidaknya dengan melakukan hal ini dapat membantu Anda mengendalikan pikiran dan dapat bekerja dengan normal kembali

7.    Kelelahan
Faktor kelelahan fisik tentu dapat membuat Anda sulit untuk berkonsentrasi saat bekerja, sebaiknya Anda dapat mengatur waktu dengan baik sehingga waktu istirahat Anda tidak habis dengan bekerja, atur waktu sedemikian rupa sehingga Anda pun dapat bekerja dengan kondisi fisik yang prima dan bugar

8.    Pikiran Mengganggu
Pekerjaan sulit diselesaikan mungkin karena Anda memiliki masalah  rumah tangga yang harus segera diselesaikan. Sehingga setiap Anda bekerja selalu muncul pikiran yang dapat menggannggu konsentrasi. Sebagai solusi sebaiknya sebelum Anda pergi bekerja, selalu selesaikan masalah yang terjadi dan bicarakan dengan baik, sehingga saat bekerja tidak muncul lagi fikiran yang akan mengganggu konsentrasi.

Nah itulah penyebab yang biasanya terjadi sehingga menimbulkan sulitnya konsentrasi saat bekerja. Apabila Anda sapat mengenali penyebabnya dengan baik maka Anda dapat mengatasi masalah tersebut dengan solusi yang terbaik, semoga penjelasan di atas dapat bermanfaat untuk Anda.

Leave a Reply