free webpage counters
Subscribe
sahabat saya, sahabat anda, sahabat kita semua

8 Tips Mengurangi Rasa Sakit Saat Melahirkan Normal

Proses persalinan secara normal adalah suatu proses melahirkan yang sangat di dambakan oleh para wanita yang sedang dalam masa kehamilan. Hidup seorang wanita akan terasa sempurna setelah merasakan melahirkan bayi melalui proses yang benar-benar alami. Akan tetapi di dibalik semua keinginan tersebut, banyak wanita hamil yang merasakan kekhawatiran atau ketakutan menjelang proses persalinan. Tentu hal ini sangat wajar terjadi karena persalinan membutuhkan fisik dan mental yang kuat dan prima.

Belum lagi faktor kekhawatiran tentang bayangan rasa sakit saat menjalani proses melahirkan normal. Sebenarnya banyak faktor yang menyebabkan rasa sakit saat melahirkan, dan kadar rasa sakit pada setiap orang berbeda-beda. Bisa dimulai dari pengalaman melahirkan, ukuran dan berat bayi, dukungan orang sekitar seperti suami dan keluarga, teknik melahirkan, bahkan dari penolong medis itu sendiri. Di bawah ini adalah 8 tips untuk membantu mengurangi rasa sakit saat melahirkan normal, ikuti selengkapnya berikut ini :

1.    Selalu Berdoa Kepada Tuhan
Sebagai mahluk yang beragama, tentulah kita menyadari bahwa yang menentukan segala sesuatu di dunia ini adalah Tuhan sang maha Pencipta dan Maha Berkehendak. Begitu juga dengan ditakdirkannya Anda menjadi seorang ibu melalui proses persalinan, untuk itu sebaiknya sebagai calon ibu Anda dengan sungguh-sunguh berikhtiar dan banyak berdoa atau berdzikir menyebut nama Tuhan, karena kepasrahan kepada-Nya akan menenangkan kehidupan anda.

2.    Selalu Yakin dan Percaya
Sebagai seorang wanita yang akan menghadapi masa persalinan maka hilangkan jauh-jauh pikiran buruk tentang proses melahirkan yang menyakitkan. Apabila mengalami kondisi khawatir dan takut dengan rasa sakit tersebut, sugesti tersebut akan semakin menyakitkan anda selama proses persalinan berlangsung. Berprasangka positif akan jauh lebih baik bagi anda. Yang terpenting dari itu semua, berbahagialah karena Anda akan segera menyambut dan melihat si buah hati.

3.    Lakukan Jalan-jalan Kecil
Ketika telah terjadi kontraksi tetapi belum memuncak, jangan panik dan tegang. Sebaiknya manfaatkan waktu dengan berjalan-jalan santai di sekitar ruang persalinan. Dengan melakukan hal ini maka akan membantu ibu untuk mempercepat dan memperlancar proses persalinan

4.    Santai Menjelang Melahirkan
Merasa tegang saat menjelang proses melahirkan akan membuat otot anda kaku. Dengan kondisi seperti ini tentu malah akan mengganggu proses persalinan dan mungkin akan terasa lebih menyakitkan. Saat proses melahirkan berlangsung dibutuhkan otot-otot yang luwes terutama di sekitar pinggul, paha dan perut. Maka dari itu alangkah baiknya apabila si ibu bisa lebih rilex dan tidak tegang menghadapi proses ini.

5.    Perlunya Dukungan Suami dan Keluarga
Proses melahirkan sendiri merupakan suatu kejadian besar dalam  kehidupan seorang ibu. Melewati momen tersebut bagi sebagian besar calon ibu tidaklah midah. Diperlukan dukungan suami juga keluarga lain agar bisa lebih memberikan motivasi dan dorongan sehingga si Ibu tidak merasa berjuang seorang diri. Saat rasa sakit mendera, mungkin rasa sakit tersebut akan berkurang karena perhatian dan dukungan tulus dari orang-orang terdekat.

6.    Lakukan Teknik Pernafasan Yang Benar
Tenaga si ibu merupakan hal yang tidak bisa dipisahkan dari proses persalinan, karena proses persalinan sendiri memakan waktu yang cukup lama, sehingga si ibu di harapkan mampu mengatur tenaga dengan baik, salah satunya dengan cara mengatur teknik pernafasaan saat melahirkan. Yakni dengan menggunakan teknik pernafasan yang benar dimana berfungsi untuk mengatur energi, mengatur pasokan oksigen, dapat membantu rileksasi serta membantu saat mengejan dan mendorong dan respon positif terhadap kontraksi.

7.    Tetapkan Titik Pusat Perhatian
Saat akan melahirkan sebaiknya bawalah sesuatu hal yang dapat dijadikan sebagai titik pusat perhatian. Contohnya seperti photo keluarga atau hal lain yang menyenangkan. Dengan bantuan ini si ibu dapat merasakan kenyamanan dan dapat menentramkan hati ibu. Selain membawa hal seperti di atas bisa juga dengan menetapkan titik pusat perhatian dengan membayangkan betapa lucunya buah hati yang akan dilahirkan kelak.

8.    Pelajari Proses Persalinan dan Teknik Melahirkan Yang Benar
Wanita yang telah mempelajari dan mengetahui teknik proses persalinan yang benar maka akan lebih siap dan mengetahui hal-hal apa saja yang harus dulakukan dan diperhatikan. Selain itu dengan mengetahui teknik peralinan yang benar maka akan membantu mengurangi rasa sakit.

Nah, bagi Anda yang menjelang masa persalinan selalu berfikir positif dan sambutlah si buah hati yang lucu dan sudah lama Anda nantikan.

Leave a Reply