free webpage counters
Subscribe
sahabat saya, sahabat anda, sahabat kita semua

Air Kelapa Dan Kehamilan

Kelapa yang memiliki nama latin Cocos nucifera merupakan satu jenis tumbuhan dari suku aren-arenan atau Arecaceae. Buah kelapa sendiri setiap bagiannya memiliki banyak manfaat, begitu juga dengan airnya. Seperti kita tahu bahwa air kelapa bukan saja sebagai pelepas dahaga, teteapi juga memiliki banyak nutrisi dan memiliki tingkat yang sama dengan keseimbangan elektrolitik yang kita miliki dalam darah kita. Di Indonesia sendiri air kelapa di percaya sangat baik untuk wanita hamil. Lalu apa saja sebenarnya manfaat air kelapa untuk wanita hamil? Yang mana dokter pun menyarankan untuk  mengkonsumsi satu gelas air kelapa per hari untuk wanita hamil. Dibawah ini penjelasan lengkapnya seperti yang dilansir dari babycenter dan buzzle :

1.    Dapat Memperkuat Sistem Kekebalan Tubuh
Kandungan di dalam air kelapa ternyata  kaya akan asam laurat yang dapat menghasilkan monolaurin  dimana sangat ampuh untuk  memerangi asam lemak turunan dan juga asam laurat yang memiliki anti bakteri, anti virus dan anti jamur. Dalam hal ini air kelapa sendiri dapat  meningkatkan kekebalan tubuh serta menjaga pertumbuhan janin infeksi flu, HIV, herpes, dan bahaya penyakit lainnya.

2.    Membantu Mencegah Sembelit dan Rasa Mulas
Selanjutnya manfaat air kelapa untuk wanita hamil yakni dapat membantu mencegah sembelit dan mengurangi rasa mulas. Karena air kelapa secara efektif mampu membersihkan usus dan saluran pencernaan. Dalam menjalani masa kehamilan sendiri dimana plasenta memproduksi hormon progesteron dapat memperlambat kontraksi otot lambung sehingga pencernaan pun akan melambat. Dan dengan bantuan dari air kelapa dapat membantu meningkatkan kecepatan pencernaan tersebut.

3.    Mencegah Terjadinya Infeksi Saluran Kemih
UTI (urinary tract infection) atau biasa disebut infeksi saluran kemih biasanya akan di alami oleh wanita hamil. Dan fungsi air kelapa disini yaitu sebagai bahan diuretik alami yang steril, dimana air kelapa muda dapat melancarkan air seni dan membantu membersihkan saluran kemih. Sehingga sangat berkhasiat untuk mengeluarkan zat-zat toksin dari tubuh dan mencegah infeksi saluran kemih yang mungkin terjadi pada wanita yang sedang hamil

4.    Meningkatkan HDL  atau Kolesterol Baik di Dalam Tubuh
Kandungan dalam air kelapa sendiri tidak mengandung lemak dan juga kolesterol, bahkan menurut riset dan penelitian menyatakan bahwa air kelapa dapat meningkatkan kolesterol baik (HDL) di dalam tubuh. Dalam hal ini tentu sangat baik untuk wanita yang sedang hamil

5.    Menjaga Berat Badan Agar Tidak Berlebih
Untuk mencegah kelebihan berat badan berlebih selama masa kehamilan, ternyata air kelapa sangat ampuh untuk membantu penurunan berat badan. Dimana dalam satu cangkir air kelapa hanya memiliki mengandung 46 kalori, dan air kelapa sendiri  95 % merupakan air.

6.    Air  Kelapa Merupakan Minuman Isotonik Alami
Ibu hamil sendiri lebih membutuhkan banyak air dibandingkan orang yang biasa saja, hal ini dikarenakan apabila terjadi dehidrasi selama masa kehamilan akan  menyebabkan terjadinya berbagai komplikasi seperti termasuk sakit kepala, kram, edema dan bahkan kontraksi yang dapat menyebabkan kelahiran prematur. Apabila mengkonsumsi air kelapa maka sama seperti minum minuman isotonik alami dimana dapat membantu mengganitikan cairan tubuh yang hilang. Dalam hal ini karena air kelapa sendiri memiliki kandungan vitamin seperti elektrolit, klorida, kalsium, potasium, magnesium, sodium, dan riboflavin.

Nah, itulah fungsi atau manfaat air kelapa bagi kesehatan ibu hamil. Jadi tidak ada salahnya Anda yang sedang hamil mengkonsumsi air kelapa setiap hari seperti yang di sarankan oleh orang tua kita dulu. Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk Anda semua

Leave a Reply