free webpage counters
Subscribe
sahabat saya, sahabat anda, sahabat kita semua

Alasan Ciuman Pertama Tidak Terlupakan Menurut Sains

Mengapa Ciuman Pertama Tidak bisa Terlupakan Menurut SainsApakah Anda masih mengingat ciuman pertama Anda? Bagi orang yang pernah ciuman pertama akan begitu terasa mengesankan atau bahkan selalu membuat Anda terasa melayang ke dalam ingatan pada masa itu, bahkan mungkin akan anda ingat terus di memori kepala Anda sampai kapanpun. Memori ciuman pertama, walaupun sudah terjadi lama dan bahkan bertahun-tahun lamanya mungkin masih bisa teringat di bandingkan jika saat Anda kembali mengingat yang apa yang Anda makan tadi malam.

Bagi setiap orang yang pernah mengalami ciuman pertama pasti menilainya sangat romantis, hal ini di karenakan waktu momen tersebut merupakan saat yang sangat berkesan dan tidak akan terlupakan. Akan tetapi di balik itu terdapat  alasan ilmiah yang telah ditemukan oleh psikolog di University of Toronto.

Menurut sebuah studi yang dilakukan oleh para peneliti di University of Toronto menemukan bahwa kenangan yang berkaitan dengan emosi baik yang positif maupun negatif ternyata dapat terekam dalam otak dan dilihat dalam citra EEG (Electroencephalography).

Rebecca Todd sebagai salah seorang peneliti menyatakan bahwa :
“Kami telah menemukan bahwa orang melihat kejadian yang membangkitkan emosi dengan lebih jelas daripada kejadian biasa. Apakah kejadian itu positif seperti ciuman pertama, kelahiran anak, mendapatkan penghargaan, atau kejadian negatif seperti peristiwa traumatis, putus cinta, dan  kejadian memalukan. Efeknya sama,”

Maka dengan mempelajari berbagai aktivitas otak, tim Todd bersama dengan para peneliti lain di University of Manchester dan University of California, San Diego menemukan bahwa bagian otak yang bertanggung jawab untuk penandaan pentingnya emosional atau motivasi dari pengalaman masa lalu, yang disebut amigdala, lebih aktif ketika melihat gambar yang dinilai hidup.

Dengan peningkatan ini maka dapat mempengaruhi aktivitas otak baik di bagian korteks visual yang meningkatkan aktivitas berhubungan dengan melihat objek maupun di bagian posterior insula dan daerah yang mengintegrasikan sensasi dari tubuh.

Cara lain yang dilakukan para peneliti adalah dengan menggunakan functional magnetic resonance imaging (fMRI) untuk melihat daerah otak yang lebih aktif ketika orang melihat hal-hal yang dianggap lebih jelas karena secara emosional memang lebih penting.

Sekali lagi yang perlu diketahui bahwa berdasarkan penelitian maka peneliti menemukan apabila aktivitas otak di bagian amigdala, korteks visual dan korteks interoceptive meningkat kejelasannya saat mengingat moment yang penting dalam hidup termasuk momen ciuman pertama

“Kita tahu sekarang mengapa orang melihat peristiwa emosional begitu jelas, sehingga lebih diingat, dan daerah otak mana saja yang terlibat,” kata Todd menambahkan.

Wah ternyata ciuman pertama juga ada penelitian dan juga penjelasan sains-nya, jadi dengan mengingat momen berharga dan indah dalam hidup Anda semoga dapat menjadi inspirasi dan semangat untuk maju lebih baik lagi ke depannya.

Leave a Reply