free webpage counters
Subscribe
sahabat saya, sahabat anda, sahabat kita semua

Alasan Teh Hijau Kurang Baik Untuk Ibu Hamil

Seperti kita tahu bahwa secangkir teh memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, dimana sekaligus dapat memberi ketenangan pikiran. Dan sebagai seorang wanita Anda tentunya tahu bahwa dalam beberapa tahun belakangan ini teh hijau sangat populer dikonsumsi karena mampu menurunkan berat badan. Selain itu juga teh hijau dikenal tidak mengalami banyak proses oksidasi sehingga kandungan manfaat dan antioksidannya masih sangat tinggi. Akan tetapi apakah teh hijau ini aman untuk ibu hamil? Ibu hamil mengkonsumsi teh hijau sebenarnya aman-aman saja, akan tetapi jangan terlalu banyak dan juga terlalu sering. Dalam hal ini walaupun teh hijau banyak mengandung anti oksidan akan tetapi jika dikonsumsi secara berlebihan maka akan berisiko mengalami gangguan kehamilan. Apa saja gangguan kehamilan tersebut? Simak beberapa gangguan tersebut di bawah ini :

1.    Mengurangi Penyerapan Zat Besi
Dengan terlalu banyak dan terlalu sering mengkonsumsi teh hijau maka dapat memengaruhi kesehatan Anda dan juga janin, hal ini karena dapat mengurangi penyerapan zat besi yang diperoleh dimana Anda mengkonsumsi daging dan juga sayuran. Dengan hal ini, tentunya cukup berbahaya karena tentunya di saat Anda hamil, maka Anda membutuhkan lebih banyak zat besi untuk pertumbuhan bayi dan juga kesehatan Anda.

2.    Dapat Memengaruhi Kadar Asam Folat
Dengan peningkatan konsumsi teh hijau selama masa kehamilan ternyata dapat mempengaruhi kadar asam folat dalam tubuh. Diamana dengan Kekurangan asam folat dapat menyebabkan cacat pada tabung saraf bayi. Dan ini tentu saja sangat berbahaya untuk kesehatan janin

3.    Berat Badan Bayi Rendah
Teh hijau sendiri mengandung 20 s.d 50 mg kafein per porsi, dan hal ini tergantung pula pada varietasnya. Dengan tingginya kafein per porsi tersebut pada teh hijau maka akan memengaruhi berat badan bayi. Dan jika pada saat kehamilan ibu banyak mengkonsumsi teh hijau maka kemungkinan bayi akan berisiko memiliki berat badan yang rendah.

4.    Meningkatkan Kadar Kafein
Seperti kita ketahui bahwa banyak dokter kandungan akan menyarankan untuk mengurangi kadar kafein dalam tubuh saat sedang hamil, dimana hal ini bertujuan untuk mengurangi tekanan darah. Dengan hal tersebut maka ibu hamil akan mengurangi konsumsi kafein dengan mengurangi minum kopi saja. Akan tetapi sebenarnya  teh hijau juga mengandung kafein dengan tingkat kafein sedang. Maka dari itu, ibu hamil perlu membatasi asupan teh hijau

5.    Dehidrasi
Kandungan kafein pada teh hijau sebenarnya bersifat diuretik pada tubuh, sehingga dengan peningkatan konsumsi teh hijau akan membuat Anda sering ingin buang air kecil,sehingga  lama-kelamaan tubuh akan menjadi dehidrasi. Maka jika tidak diimbangi dengan minum air putih yang cukup banyak, ibu hamil akan mengalami dehidrasi parah.

6.    Kafein Masuk ke Plasenta
Resiko lain jika asupan kafein dalam tubuh ibu hamil terlalu tinggi, maka bisa saja kafein akan masuk ke dalam sirkulasi darah. Dan resiko kafein masuk ke dalam plasenta  bayi tidak dapat terhindarkan. Dimana dengan metabolisme bayi yang belum cukup matang sehingga belum bisa mengolah kafein maka akan menjadi racun dalam tubuh bayi.

Itulah beberapa  gangguan yang bisa terjadi disebabkan ibu hamil terlalu banyak mengkonsumsi teh hijau saat kehamilannya. Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk Anda

Leave a Reply