free webpage counters
Subscribe
sahabat saya, sahabat anda, sahabat kita semua

Apa Itu Lotus Birth?

Apakah Anda pernah mendengar Lotus birth ? Ya, sesaat setelah bayi lahir, maka biasanya dokter akan segera memotong tali pusatnya. Akan tetapi belakangan ini muncul metode baru yang disebut Lotus Birth. Lotus birth sendiri merupakan suatu metode kelahiran yang membiarkan tali pusat tetap terhubung dengan bayi dan juga plasenta setelah kelahiran, tanpa menjepit ataupun memotongnya, sehingga dengan hal ini akan memberikan waktu bagi tali pusat untuk terpisah dari bayi secara alamiah.

Melalui cara ini tali pusat dan plasenta diperlalukan sebagai suatu kesatuan sampai saat pemutusan secara alami yang biasanya terjadi 3 sampai dengan 10 hari setelah proses kelahiran.

Dengan metode ini, setelah bayi dilahirkan, tali pusat akan berdenyut saat mengantarkan darah dari bayi ke plasenta, begitu juga sebaliknya. Maka akan terjadi penyumbatan secara alamiah sekitar 10-20 menit setelah melahirkan. Setelah itu, dokter atau bidan akan mengukur nilai Apgar yakni tes untuk menilai kemampuan adaptasi bayi baru lahir, kemudian ibu akan menggendong si kecil dengan tali pusat dan plasenta yang masih tersambung pada bayi. Plasenta ini kemudian dibersihkan dan lalu diletakkan di wadah terbuka atau dibungkus dengan kain berpori dan diletakkan dekat si kecil. Dengan bantuan udara sekitar akan membantu plasenta mengering dan mencegah terjadinya bau busuk. Dalam metode ini untuk membantu percepatan proses pengeringan, maka plasenta bisa ditaburi garam atau dioleskan rempah bubuk. Maka selanjutnya tali pusat akan mengering dan terlepas secara alamiah setelah beberapa hari.

Kelebihan lotus birth ini yakni bayi yang dilahirkan dengan Lotus Birth lebih tenang daripada bayi yang tali pusatnya langsung dipotong setelah kelahiran. Selain itu juga, bayi dengan Lotus Birth tidak mengalami penurunan berat badan setelah dilahirkan, Hal ini dikarenakan bayi tidak kehilangan energi untuk menstabilkan sistem mereka setelah jam-jam awal kelahirannya. Maka dari itu bayi akan terlihat lebih tenang, kenaikan berat badan yang signifikan, dan lain sebagainya.

Banyak alasan ibu hamil memilih lotus birth contohnya adalah ibu hamil tidak ingin memisahkan plasenta dari bayi dengan cara memotong tali pusat, dalam hal ini ibu ingin agar proses transisi bayi terjadi secara lembut dan damai. Selain itu metode ini merupakan suatu cara penghormatan terhadap bayi dan plasenta. Dan masih banyak alasan lain ibu hamil menggunakan metode ini. Lalu bagaimana proses lotus birth terjadi? Di bawah ini garis besar proses kelahiran Lotus Birth:

Setelah bayi lahir, tali pusat tidak akan langsung di potong dan hanya dibiarkan utuh. Apabila tali pusat berada di sekitar leher bayi, maka cukup dengan mengangkat tali pusat tersebut, Kemudian tunggu keluarnya plasenta secara alami. Dan setelah plasenta lahir, maka segera tempatkan plasenta pada mangkuk di dekat ibu. Kemudian tunggu transfusi penuh darah dari pusat ke bayi sebelum menangani plasenta. Setelah itu plasenta dicuci dengan air hangat dan dikeringkan dengan cara ditepuk-tepuk sampai kering. Sebaiknya simpan plasenta di tempat yang kering dengan menggunakn alas bahan yang menyerap seperti popok atau kain. Dengan metode ini permukaan plasenta akan berubah setiap hari, dan bahkan akan lebih cepat jika sering terjadi rembesan. Selain itu ibu juga dapat menaburkan garam pada plasenta untuk mempercepat pengeringan. Dan jika bayi dimandikan maka plasenta juga bisa ikut dimandikan

Nah, itulah penjelasan tentang lotus birth. Semoga informasi ini menambah pengetahuan Anda seputar kehamilan.

Leave a Reply