free webpage counters
Subscribe
sahabat saya, sahabat anda, sahabat kita semua

Apa Manfaat DHA Untuk Kehamilan?

Saat seorang wanita hamil, maka itulah saat yang paling membahagiakan. Selama dalam masa penantian lahirnya sang buah hati, masa kehamilan juga merupakan suatu masa emas pertumbuhan janin. Dan di masa itulah peran ibu sangat penting untuk pertumbuhan janian di dalam perut, karena pada masa kehamilan tersebut ibu di tuntut untuk memenuhi setiap kebutuhan nutrisi yang di butuhkan.

Seperti contohnya pada usia minggu kelima janin maka ibu hamil telah membutuhkan nutrisi seperti salah satunya yakni DHA. DHA sangat penting untuk mendukung pertumbuhan janin secara normal. DHA atau Asa dokosaheksaenoat sangat berpengaruh besar pada sistem saraf pusat anak anda. Untuk itulah selama masa kehamilan, ibu hamil disarankan untuk mengkonsumsi lebih banyak makanan atau minuman seperti susu yang mengandung banyak DHA, dan tentu saja agar janin di dalam kandungan dapat tumbuh sehat dan terhindar dari hal-hal yang tidak di inginkan, seperti contohnya kecacata fisik bayi

Selain dalam masa kehamilan, saat bayi sudah lahir pun DHA masih di butuhakan dan caranya yakni dengan memberikan ASI yang tentu saja terkandung DHA di dalamnya. Nah, untuk mendukung semua kebutuhan bayi baik yang masih dalam kandungan atau setelah bayi lahir dan di beri ASI maka ibu harus mengkonsumsi makanan yang dapat memenuhi kebutuhan DHA tersebut, yakni dengan mengkonsumsi makanan bergizi yang mengandung DHA seperti ikan salmon, tuna, sarden, patin, kepiting, kerang dan telur omega 3.

Bahkan dalam banyak studi mengatakan bahwa wanita hamil butuh setidaknya 250 mg DHA dalam setiap harinya. Dan walaupun demikian, jika anak anda sudah mendapatkan DHA yang cukup, akan tetapi hal ini belum bisa langsung menjamin anak anda menjadi pintar. DHA yang cukup pun harus di barengi dengan stimulasi. Cara menstimulasi anak dalam kandungan bisa dengan memperdengarkan musik klasik, mengelus perut dan mengajakanya berbicara dan lain sebagainya. Dan setelah melahirkan stimulasi pun harus masih di berikan kepada anak seperti contohnya dengan mengajaknya bermain, memperdengarkan bunyi-bunyian, mengenalkan warna dan lain sebagainya.

DHA tentu sangat penting untuk pertumbuhan janin di dalam perut dan juga setelah lahir, dimana kandungan DHA dapat terpenuhi dengan menhkonsumsi makanan yang mengandung DHA, DHA sendiri yakni sejenis asam lemak tidak jenuh ganda omega-3 yang berantai panjang yang berada dalam setiap sel di dalam tubuh. Selain itu DHA merupakan salah satu lemak utama pembentuk otak, retina mata dan sistem saraf pusat. Dan tntunya  jika kekurangan DHA maka dapat menyebabkan kekurangan serotonin dalam otak dan menyebabkan Attention Deficit Hyperactivity Disorder (ADHD), penyakit Alzheimer, dan juga depresi

Nah, untuk ibu hamil jangan ragu untuk memperbanyak mengkonsumsi makanan dan juga minuman yang banyak mengandung DHA agar janin dapat tumbuh sehat, normal dan dapat lahir dengan selamat.

Leave a Reply