free webpage counters
Subscribe
sahabat saya, sahabat anda, sahabat kita semua

Apa Saja Penyebab Keguguran?

Keguguran merupakan salah satu hal yang paling ditakuti dan sangat dikhawatirkan oleh para ibu yang sedang hamil dan mendambakan bayinya lahir dengan selamat. Keguguran merupakan hal yang tidak di inginkan dimana berarti keluarnya janin atau persalinan prematur sebelum bayi mampu untuk hidup, dimana biasanya terjadi sebelum usia kehamilan mencapai 20 minggu. Dan sekitar 10 sampai dengan 20% kehamilan mengalami keguguran, dan lebih dari 80% terjadi sebelum usia kandungan 12 minggu.

Lalu apa sebenarnya penyebab keguguran itu sendiri? Sebenarnya antara 50 dan 70% pada trimester pertama, keguguran dikarenakan adanya kelainan kromosom yang terjadi saat proses pembuahan. Dimana dalam hal ini paling sering terjadi karena telur atau sperma yang masuk memiliki jumlah kromosom yang salah, sehingga mengakibatkan  telur atau embrio yang dibuahi tidak dapat berkembang secara normal.

Penyebab keguguran memang banyak dan beragam. Di bawah ini adalah faktor-faktor yang dapat menyebabkan seseorang mengalami keguguran, simak selengkapanya di bawah ini :

1.    Faktor Usia
Seperti kita tahu bahwa wanita dengan usia yang lebih tua maka berisiko mengandung bayi dengan kelainan kromosom dan sangat besar kemungkinan terjadinya keguguran. Menurut penelitian wanita yang hamil di usia 40 tahun lebih berisiko keguguran dua kali lipat dibanding wanita hamil yang berusia 20 tahunan

2.    Memiliki Riwayat Keguguran
Seorang wanita yang memiliki dua atau lebih riwayat keguguran secara berturut-turut maka akan lebih mungkin untuk mengalami keguguran kembali

3.    Memiliki Penyakit Kronis
Contoh penyakit krosnis yang dapat menyebabkan keguguran adalah seperti penyakit diabetes yang tidak terkontrol serta adanya kelainan darah tertentu yang diwariskan, adanya gangguan autoimun (seperti sindrom antifosfolipid atau lupus), serta adanya gangguan hormonal (seperti sindrom ovarium polikistik) adalah beberapa kondisi yang dapat meningkatkan risiko keguguran.

4.    Terdapat Masalah Pada Rahim atau Serviks
Alasan lain seorang wanita mengalami keguguran adalah dimana wanita tersebut memiliki kelainan tertentu pada rahim bawaan, seperti kondisi rahim yang parah (pita jaringan parut), atau leher rahim yang lemah atau tidak norma.

5.    Adanya Infeksi
Berdasarkan beberapa penelitian menyatakan bahwa risiko yang paling tinggi untuk keguguran adalah jika seorang wanita memiliki penyakit seperti listeria, gondok, rubella, campak, cytomegalovirus, parvovirus, gonorrhea dan masih banyak lagi

6.    Merokok, Konsumsi Alkohol, dan Narkoba
Tentu saja jika seorang wanita  merokok, minum minuman beralkohol, serta menggunakan obat-obatan terlarang seperti kokain, MDMA dan lain sebagainya selama dalam masa kehamilan maka dapat meningkatkan risiko keguguran.

7.    Racun dari Lingkungan yang Tercemar
Penyebab  lain yang dapat menyebabkan seseorang berisiko mengalami keguguran adalah racun yang ada di lingkungan. Seperti misalnya beberapa bahan kimia berbahaya seperti formaldehid, benzena, dan etilen oksida, dan dosis besar radiasi atau gas anestesi dianggap berbahaya.

8.    Obesitas
Ternyata obesitas juga merupakan penyebab keguguran, Dalam beberapa studi menunjukkan bahwa adanya hubungan antara obesitas dan juga keguguran.

9.    Hamil Kembali Setelah Melahirkan
Faktor keguguran lain bisa juga di akibatkan oleh ketika seorang wanita hamil kembali dalam jangka waktu tiga bulan setelah melahirkan.

Nah, itulah beberapa faktor yang dapat  menyebabkan keguguran pada wanita yang sedang hamil. Semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda

Leave a Reply