free webpage counters
Subscribe
sahabat saya, sahabat anda, sahabat kita semua

Apa saja Yang Harus Dilakukan Untuk Self-Hypnobirthing

Metode hypnobirthing adalah salah satu tehnik outohipnosis atau selfhipnosis atau biasa juga disebut swasugesti, hal ini sangat membantu dalam menghadapi dan menjalani kehamilan serta persiapan menuju persalinan atau melahirkan sehingga para wanita yang sedang hamil akan mampu melalui masa kehamilan dan pada proses persalinannya nanti akan dilalui dengan normal, alami, lancar, dan nyaman dan juga tanpa rasa sakit yang berlebih. Hypnobirthing sendiri merupakan tehnik lama yang sejak dahulu kala sering diajarkan dan dilakukan oleh orang-orang tua, yang mana pada saat ini dapat dijelaskan dengan penjelasan ilmiah yang dilengkapi dengan berbagai riset dan juga penelitian, sehingga metode hypnobirthing dapat dilakukan secara lebih terprogram dan hasilnya pun lebih memuaskan.

Metode hypnobirthing sendiri dikembangkan karena adanya keyakinan bahwa dengan persiapan melahirkan yang holistic atau menyeluruh yakni Body, Mind and Spirit. Maka diharapakn saat proses persalinan, wanita tersebut  akan dapat melalui proses melahirkan yang aman, nyaman, tenang, memuaskan serta  jauh dari rasa takut yang akan menimbulkan ketegangan dan juga rasa sakit.

Melalui latihan-latihan metode hypnobirthing maka wanita hamil bisa mengkondisikan tubuh,  jiwa dan pikiran secara harmonis sehingga tercipta rasa tenang dan rasa yakin bahwa tubuhnya akan mampu berfungsi secara alami dalam proses persalinan tersebut. Proses Hypnobirthing ini bekerja berdasarkan kekuatan sugesti. Dimana dengan proses ini yang menggunakan afirmasi positif, sugesti dan visualisasi untuk menenangkan tubuh, memandu fikiran, dan juga mampu mengendalikan nafasnya. Dimana sebenarnya teknik hypnobirthing sangatlah mudah dan sederhana. Dimana kunci untuk mencapai keberhasilan metode ini adalah dengan praktek baik di kelas antenatal maupun di rumah dan untuk mencapai keberhasilan yang lebih optimal, maka diperlukan seseorang pendamping. Dan pendamping tersebut bisa ibu ataupun suami atau orang yang terdekat. Dimana pendamping tersebut bisa menjadi motivator dan pembimbing untuk selalu berlatih teknik relaksasi hypnobirthing.

Self hypnobirthing akan berhasil jika lakukan dengan niat dan tekad yang kuat. Untuk lebih memantapkan Self hypnobirthing ini maka cobalah untuk menyusun sugesti dan affirmasi positif seperti berikut ini :

  1.  Sebaiknya pilih kata-kata dengan instruksi positif. Karena dengan sugesti positif akan lebih diterima oleh pikiran bawah sadar.
  2. Selalu berusaha untuk mengulangi sugesti secara teratur, hal ini bertujuan untuk dapat memaksimalkan efeknya dan sebisa mungkin hindari kata-kata klise.
  3. Sebaiknya selalu buat sugesti yang sesuai dengan kebutuhan anda
  4. Selalu gunakan pendekatan yang terperinci dan logis dalam membuat sugesti.
  5. Selalu pastikan bahwa semua sugesti jelas, sederhana dan mudah dimengerti, spesifik dan di ucapakan dalam bentuk waktu sekarang.
  6. Gunakan juga penggambaran serta tambahkan kata-kata yang menggambarkan emosi, seperti contohnya bersemangat, bersinar, luarbiasa, hebat dll
  7. Selalu yakin

Di dalam berlatih metode hypnobirthing sebaiknya baca berulang kali sugesti dan affirmasi tersebut kemudian  atur posisi, pastikan juga posisi Anda nyaman, releks, tenang dan terbebas dari berbagai tekanan. Kemudian atur nafas dan selalu focus di nafas yang keluar masuk, pernafasan dilakukan dengan pelan-pelan dan lambat, dan kemudian cobalah untuk mengizinkan perlahan-lahan mata Anda tertutup dengan nyaman.

Kemudian cobalah hadirkan gambaran atau membayangkan saat ini Anda berada di tempat yang Anda inginkan  sehingga membuat Anda merasa aman dan nyaman. Cobalah untuk meresapi affirmasi positif dan nikmati serta terima tanpa menolak bentuk affirmasi tersebut. Selamat mencoba

Leave a Reply