free webpage counters
Subscribe
sahabat saya, sahabat anda, sahabat kita semua

Asal Usul Susunan Keyboard Qwerty

Ladies tahu ga sich apa Qwerty itu sebenarnya? Ya, Qwerty merupakan susunan keyboard yang ada di komputer atau laptop. Selain itu sebagian besar ponsel saat ini juga sudah menggunakan susunan keyboard Qwerty tersebut. Tapi tahu ga ladies asal usul kenapa menggunakan susunan keyboard Qwerty dan tidak menggunakan huruf seseaui abjad? Yuk simak alasannya berikut ini :

Seorang pembuat susunan keyboadr Qwerty ini sendiri yakni Christopher Latham Sholes. Sebenarnya apabila dinilai dalam kemudahan mengetik, maka susunan keyboard QWERTY ternyata masih kalah dari susunan keyboard yang sebelumnya di buat oleh Christopher dimana susunannya telah dibuat dengan menempatkan huruf yang sering digunakan bersamaan pada posisi yang berdekatan, sehingga kita dapat mengetik lebih cepat.

Istilah Qwerty sendiri diambil dari enam huruf pertama pada susunan teratas dari sebuah keyboard. Padahal sebenarnya susunan tersebut merupakan salah satu susunan yang paling tidak efisien. Mengapa demikian? Hal ini karena susunan tersebut sengaja dibuat seperti itu agar kita-kita dapat mengetik dengan lebih lambat. What? Mengapa demikian? Tentu saja hal ini berkaitan dengan sejarah mesin ketik sendiri yang ditemukan lebih dulu oleh Christopher Latham Sholes pada tahun 1868.

Sebenarnya susunan keyboard yang asli adalah merupakan rancangan yang sangat baik untuk mengetik cepat, akan tetapi dengan cepatnya mengetik tersebut sehingga menimbulkan banyak masalah. Masalah ini dikarenakan awalnya susunan tersebut di gunakan di mesin ketik dan saat di gunakan di mesin ketik seringkali saat tombol ditekan, batang-batang huruf (slug) yang menghentak pita itu saling mengait atau tersangkut antara satu dengan yang lainnya.

Karena bingung memikirkan solusinya maka Christopher Latham Sholes justru malah mengacak-acak urutan huruf tersebut sedemikian rupa hingga tidak ditemukan kombinasi yang dianggap paling mudah untuk digunakan dalam mengetik. Ya, tujuannya tentu saja untuk menghindari kesalahan-kesalahan mekanik yang sering terjadi sebelumnya. Dengan ini berarti bahwa susunan QWERTY merupakan susunan yang paling tidak efisien dan efektif karena bertujuan agar kita dapat mengetik dengan lebih lambat.

Sampai pada akhirnya pada tahun 1973 susunan pada mesin ketik inilah yang diturunkan pada keyboard sebagai input komputer dan kemudian diresmikan sebagai keyboard standar ISO (International Standar Organization).

Ada beberapa standar susunan keyboard yang sering dipakai sampai sekarang ini. Seperti contohnya ASK (American Simplified Keyboard), dimana umumnya disebut Dvorak yang ditemukan oleh Dr. August Dvorak pada sekitar tahun 1940. Susunan Dvorak sendiri menggunakan kelima vokal dan lima konsonan yang paling umum digunakan yaitu AOEUIDHTNS. Dengan susunan Dvorak ini sangat memungkinkan untuk mengetik dengan lebih efisien dan lebih cepat untuk kita gunakan. Akan tetapi dikarenakan terlambat kemunculannya, maka pada akhirnya Dvorak harus kalah dengan susunan huruf Qwerty yang sudah banyak digunakan oleh penduduk dunia pada saat ini.

Selain kedua bentuk susunan keyboard di atas ada juga susunan keyboard yang merupakan perkembangan dari susunan Qwerty yakni Qwertz yang mana dipakai di negara-negara seperti Hungaria, Jerman, Swiss, dan lain-lain. Sedangkan susunan Azerty sering dipakai oleh negara Prancis dan Belgia.

Nah, itulah sejarah terbentuknya susunan keyboard Qwerty saat ini, semoga informasi ini menjadi ilmu yang bermanfaat untuk Anda.

Leave a Reply