free webpage counters
Subscribe
sahabat saya, sahabat anda, sahabat kita semua

Banyaknya Manfaat Air Saat Kehamilan

Saat ini proses persalinan dengan Waterbirth sudah sangat banyak sekali diminati oleh para ibu hamil. Karena proses kelahiran dengan metode waterbirth ini lebih banyak manfaatnya untuk ibu maupun bagi bayi ketimbang melahirkan normal di atas kasur. Dengan banyaknya manfaat yang di berikan air selama proses kelahiran tersebut apakah Anda berencana untuk melakukan metode waterbirth juga? Bicara tentang manfaat air untuk kelahiran, ternyata banyak juga manfaat air untuk kehamilan. Apa saja manfaatnya? Simak selengkapnya berikut ini :

1.    Air Sebagai Media Relaksasi

Tanpa disadari ternyata air memiliki efek yang sangat menenangkan bagi kebanyakan orang, seperti contohnya saat ibu hamil berendam dalam air hangat dan belajar teknik relaksasi seperti latihan pernapasan maka akan benar-benar dapat membantu mengurangi stres dan kecemasan. Selain itu media air juga akan memberikan efek meditatif dari berenang lembut naik turun kolam renang tanpa gangguan lainnya benar-benar dapat membantu relaksasi dan mengurangi tingkat stres. Saat Anda hamil dan memiliki masalah berat badan yang mana akan menjadi masalah ketika Anda berolahraga, maka dengan bantuan media air dan berenang, Anda menjadi bebas bergerak dan bisa bergerak dengan leluasa

2.    Air Akan Membuat Posisi Janin Lebih Optimal

Fungsi air di saat ibu hamil berenang khususnya dengan melakukan gaya dada , maka merupakan cara yang terbaik untuk mendorong bayi Anda untuk berada pada posisi oksiput anterior. Dimana dengan gerakan ini akan membuat perut menggantung di bawahnya sehingga  menciptakan tempat  berupa tempat tidur gantung untuk janin Anda agar lebih mudah  melakukan gerakan dan memutar sehingga janin akan berbaring menghadap ke tulang punggung ibu dengan posisi tengkurap. Berenang dangan gerakan kaki katak juga dapat mendorong panggul untuk membuka sehingga akan memungkinkan lebih banyak ruang untuk bayi Anda untuk menetap pada posisi yang nyaman dan juga posisi yang terbaik.

3.    Minumlah Air Untuk Menjaga Kesehatan

Minum 8 gelas sehari tentu memberikan manfaat tersendiri bagi ibu hamil, seperti contohnya yakni :

  1. Dapat membantu mencegah infeksi saluran kemih
  2. Tetap dapat menjaga stabilitas air pada tubuh Anda,
  3. Air dapat memfasilitasi aliran nutrisi melalui darah ke bayi,
  4. Air akan membantu mengisi kembali cairan ketuban dalam hal ini karena volume darah ibu hamil dua kali lipat dan mengental selama bulan kedelapan kehamilan
  5. Dapat mencegah hipertensi dan penyakit kardiovaskuler
  6. Dapat membantu mencegah sembelit dan wasir
  7. Mengurangi gejala morning sickness
  8. Menghindari terjadunya dehidrasi yang mana dapat menyebabkan kontraksi
  9. Mengurangi risiko persalinan prematur.

4.    Air Sebagai Media Olahraga

Melakukan berbagai olahraga di air ternyata juga sangat menyenangkan, akan tetapi tentunya dengan jenis olahraga yang aman bagi ibu hamil. Manfaat air dalam berolahrga dapat menenangkan dan sangat baik untuk ibu maupun janin. Karena dengan berolahraga di air akan memberikan latihan berupa kardio-vaskular yang tidak memberikan tekanan tambahan pada sendi. Salah satu olahraga yang dilakukan di air yakni aerobik di kolam renang yang mana merupakan olahraga tepat untuk menjaga kebugaran. Selain itu merendamkan diri Anda dalam air sangat baik untuk otot inti, dimana akan sangat baik untu membantu mempersiapkan persalinan yang normal dan lancar.

Nah, itulah beberapa manfaat air bagi kehamilan. Semoga informasi ini akan bermanfaat untuk Anda dan selamat mencoba

Leave a Reply