free webpage counters
Subscribe
sahabat saya, sahabat anda, sahabat kita semua

Bayam dan Tahu Jangan di Masak Bersamaan

Sayuran tentu sudah banyak diketahui orang sebagai bahan makanan yang mengandung nutrisi yang diperlukan oleh tubuh, selain menyehatkan badan juga memberikan nutrisi yang baik untuk tubuh seperti halnya sayuran bayam. Selain itu untuk mendapatkan protein nabati bisa di dapat dari mengkonsumsi tempe atau tahu. Selain tahu dan tempe mudah di temukan di sekitar lingkungan kita, harganya yang terjangkau pun selalu menjadi pilihan makanan yang tepat untuk selalu di sajikan di meja makan. Namun saat ini berkembang isu yang menyatakan bahwa memasak tahu dan bayam secara bersamaan bisa menimbulkan dan memicu kista pada organ reproduksi perempuan. Apakah benar demikian?

Ketika hal tersebut ditanyakan kepada ahlinya, menurut Dr Damar Prasmusinto, SpOG, seorang ahli kandungan yang berpraktik di RS Brawijaya menyatakan bahwa bayam dan tahu tidak ada hubungannya dengan kista. Karena pada umumnya ada dua penyebab penyakit kista yang paling sering dijumpai pada seorang wanita, dan pada  keduanya pun sangat jarang berhubungan dengan makanan seperti halnya tahu dan bayam. Penyebab kista yang pertama adalah bawaan lahir dan yang kedua adalah endometriosis atau pertumbuhan yang tidak normal di lapisan endometrium. Berdasarkan keterangan di atas tentu dapat disimpulkan bahwa pernyataan bayam dan tahu yang di masak bersamaan akan menyebabkan kista tentu saja salah besar.

Faktor makanan bisa juga menjadi penyebab adanya gangguan pada organ reproduksi perempuan, akan tetapi biasanya berhubungan dengan junk food atau makanan yang tentu tidak sehat bagi tubuh, lain halnya dengan bayam dan tahu yang dikenal memiki banyak nutrisi dan sangat penting untuk tetap di konsumsi oleh manusia. Akan tetapi kandungan hormon yang biasa ditemukan dalam junk food diyakini bisa memicu Polycystic Ovary Syndrome atau PCOS. Hal itu pun bisa terjadi apabila hubungannya lebih ke penggunaan dioxin.

Informasi yang menyesatkan yang menyatakan bahwa makan bayam dan tahu secara bersamaan bisa menyebabkan kista, tentu sangat meresahkan dan membingungkan masyarakat, selain itu beredar juga isu bahwa apabila mengkonsumsi buah mentimun saat haid bisa menyebabkan kista dan kanker. Hal ini tentu juga tidak masuk akal. Karena pada umumnya, keganasan kanker pada organ reproduksi perempuan lebih banyak dipicu oleh infeksi seperti Human Papilloma Virus (HPV). Mengkonsumsi mentimun saat haid tentu tidak apa-apa. Justru pada saat haid atau menstruasi seorang wanita harus lebih banyak mengkonsumsi makanan yang sehat seperti sayuran dan juga buah-buahan.

Untuk menyikapi hal di atas, sebaiknya jangan mudah percaya kepada hal-hal yang tidak masuk akal. Makanan yang seharusnya di konsumsi karena memiliki banyak nutrisi malah dijauhi, sedangkan makanan yang berbahaya bagi tubuh seperti junk food atau makanan instan lain malah lebih banyak di konsumsi. Oleh karena itulah masyarakat harus mengetahui mana makanan yang bergizi dan mana makanan yang kurang sehat. Dan sebagai seorang wanita yang selalu menyiapkan makanan untuk seluruh anggota keluarga diharapkan dapat lebih pintar dan cermat dalam memilih dan mengolah makanan.

Rekomendasi Kami:

Cara Cepat Hamil

Leave a Reply