free webpage counters
Subscribe
sahabat saya, sahabat anda, sahabat kita semua

Berenang Saat Sedang Hamil

Berolahraga merupakan suatu cara untuk menjaga kesegaran dan kesehatan tubuh kita. Begitu juga saat seseorang wanita sedang hamil. Kebiasaan untuk berolahraga walaupun sedang hamil harus tetap dilakukan untuk menjaga kesehatan janin yang di kandungnya. Dan salah satu pilihan olahraga untuk wanita hamil adalah berenang. Apakah berenang aman untuk wanita yang sedang hamil?

Simak selengkapnya berikut ini:

Seperti kita tahu bahwa banyak keuntungan dari olahraga berenang ini. Salah satunya adalah dimana tubuh kita mampu memanfaatkan kekuatan kelompok otot-otot besar di lengan dan kaki. Dan melalui gerakan otot besar inilah yang sangat bermanfaat untuk meningkatkan kebugaran tubuh. Nah untuk wanita yang sedang hamil, olahraga berenang juga mampu untuk meningkatkan kemampuan penyerapan oksigen. Sehingga janin di dalam perut akan tercukupi kebutuhan oksigennya. Wanita hamil yang berenang pun memiliki resiko cedera relatif lebih rendah.

Kelebihan lain berenang untuk wanita hamil adalah dimana wanita hamil tersebut mampu mengeluarkan hormon relaksin yang mana akan membuat otot-otot di persendian selama hamil lebih lentur, dan hal ini sangat baik untuk memperlancar proses persalinan. Selain itu berenang juga termasuk dalam kegiatan non-weight bearing, yakni suatu kegiatan yang gaya gravitasi buminya rendah. Dimana di dalam kolam, tubuh seolah-olah terasa lebih ringan karena ditopang oleh bantuan air. Saat wanita hamil berenang, tidak akan kesulitan dengan berat badannya yang bertambah ketika hamil.

Akan tetapi ada beberapa hal yang harus tetap diperhatikan sebelum ibu hamil berolahraga renang, dan sebaiknya pula berkonsultasi ke dokter kandungan terlebih dahulu. Dan hal yang perlu di perhatikan adalah seperti waktu yang tepat untuk berenang yakni di pagi hari pukul 06.00–08.00, atau pun sore hari setelah pukul 15.00, selain itu untuk ibu hamil jangan lupa untuk mengoleskan tabir surya, agar kulit terlindung dari sengatan sinar matahari, jangan lupa juga untuk melakukan pemanasan dan  peregangan terlebih dahulu untuk menghindari kram dan hal yang tidak di inginkan selama berenang.

Seperti kita tahu bahwa kondisi tubuh wanita hamil berbeda setiap bulannya, maka simak tips berenang berikut untuk wanita yang sedang hamil :

1.    Memasuki Trimester Pertama Kehamilan.
Kehamilan trimester pertama ini agar keuntungan dari berenang dapat maksimal, maka berenanglah setiap hari kurang lebih 20 menit. Dengan rutin berenang di pagi hari, maka diperkirakan mampu mengatasi morning sickness seperti mual dan muntah.

2.    Memasuki Trimester Kedua Kehamilan
Memasuki masa kehamilan ini sebenarnya tidak perlu untuk menurunkan frekuensi latihan renang walaupun berat badan semakin bertambah dan perut semakin buncit, sebaiknya tetap disesuaikan dengan kemampuan ibu hamil tersebut. Sebaiknya diselingi dengan beristirahatlah jika merasa lelah. Memasuki trimester kedua ini biasanya keluhan-keluhan yang dirasakan pada trimester 1 seperti mual dan muntah telah mereda atau hilang, sehingga olahraga berenang ini dapat dilakukan dengan lebih nyaman.

3.    Memasuki Trimester Ketiga Kehamilan
Saat ini dimana perut semakin membesar dan berat badan bertambah pesat, maka sebaiknya lebih menjaga keseimbangan saat berenang selain itu jangan ragu untuk melakukan latihan di pinggir kolam jika saat hamil seperi ini takut untuk berenang ke tengah kolam.

Nah, itulah olahraga berenang yang baik untuk wanita hamil. Semoga Anda dan juga janin selalu sehat menjalani hari-hari sampai dengan kelahiran nanti.

Leave a Reply