free webpage counters
Subscribe
sahabat saya, sahabat anda, sahabat kita semua

Cara Diet Yang Malah Menambah Berat Badan

Pernahkah Anda merasa bingung setelah merasa mati-matian melakukan diet selama satu bulan tetapi belum ada hasilnya? Dan justru yang membingungkan malah berat badan Anda menjadi bertambah? Dimanakah kesalahannya? Wah pasti banyak sahabat hawa yang pernah mengalami kejadian seperti ini, dan apabila belum pernah pun Anda bisa menjadikan pengalaman yang biasanya terjadi karena ada kesalahan dalam berdiet ini menjadi salah satu pelajaran berharga. Hal demikian adalah kesalahan dalam menjalankan progran diet. Merasa sudah keras berusaha tetapi hasilnya justru mengecewakan. Biasanya hal ini dikarenakan kesalahan-kesalahan yang tidak disadari. Dibawah ini adalah kesalahan-kesalahan yang biasanya terjadi tetapi tidak disadari saat berdiet :

1.    Kurang Tidur atau Begadang
Saat Anda dalam program menurunkan berat badan, kurang tidur semalaman biasanya di anggap tidak akan berpengaruh kepada program diet Anda. Dan hal ini ternyata salah besar. Apabila Anda kurang tidur karena selalu begadang maka tubuh akan merasa lelah, apabila tubuh terasa lelah dan badan pun terasa kurang prima maka metabolisme tubuh tidak bekerja dengan baik. Begitu juga dengan fungsi-fungsi organ tubuh lain yang tidak maksimal. Sehingga keadaan tubuh tidak akan dalam keadaan normal. Jadi jangan harap diet Anda berhasil jika Anda kurang tidur.

2.    Tidak Cukup Makan dan Menahan Lapar
Saat berdiet biasanya kita akan makan dengan porsi yang sedikit dan cenderung masih menahan rasa lapar, hal ini demi menurunkan berat badan tapi ternyata ini adalah kesalahan berdiet terbesar yang pertama, karena saat makan dengan porsi yang minimal maka justru akan menyedot energi dan memaksa tubuh untuk membakar otot atau kalori untuk digunakan sebagai bahan bakar, dan hal inilah yang justru mengakibatkan memperlambatnya metabolisme tubuh. Dan perlu di ingan bahwa dengan keadaan ini bisa menaikkan resiko pradiabetes. Sebaiknya makanlah setiap 3 sampai dengan 5 jam sekali.

3.    Melewatkan Waktu Sarapan
Seperti yang sudah banyak diketahui bahwa salah satu fungsi sarapan adalah untuk meningkatkan konsentrasi saat beraktivitas sampai dengan sore hari nanti. Selain itu juga untuk memperlancar metabolisme tubuh. Tetapi banyak dari kita saat sedang berdiet malah selalu melewatkan sarapan pagi. Dan hal ini adalah pola diet yang salah, karena berdasarkan penelitian dengan selalu sarapan sehat secara teratur di pagi hari dan mengurangi porsi makan di siang hari justru akan mempercepat menurunkan berat badan.

4.    Tidak Mengonsumsi Lemak Sama Sekali
Tentu ketika sedang berdiet, pasti menjaga makanan yang di konsumsi dan berusaha ketat untuk tidak makan makanan yang berlemak. Hal ini belum tentu salah satu cara yang benar dalam berdiet karena ternyata menurut sebuah penelitian yang dilkakukan Penny Kris Etherton, Ph. D. R.D, menyatakan bahwa diet rendah lemak ternyata merupakan cara yang paling bagus untuk mengikis kelebihan berat badan, hal ini dikarenakan ketika mengonsumsi lemak sehat kita akan merasa kenyang lebih lama. Tentu dengan cara ini akan sangat membantu menurunkan berat badan selain dibantu dengan dibantu program penurunan berat badan yang lain.

5.    Tidak Berolahraga
Sebagian orang beranggapan bahwa berat badan dapat turun secara drastis hanya dengan menahan rasa lapar dan mengurangi porsi makan saja. Ya mungkin saja tubuh kita akan terlihat lebih kurus, tetapi keadaan otot-otot di tubuh malah justru akan mengendur. Menurut fakta bahwa diet seperti ini ternyata hanya akan memperlambat metabolisme tubuh saja, saat berdiet mungkin berat badan akan turun tetapi cenderung akan cepat gemuk kembali jika tidak dibarengi dengan olahraga.

6.    Tidak Konsisten
Inilah salah satu penyebab diet yang tidak berhasil dimana Anda tidak konsisten dalam melakukannya, dimana artinya hari ini bisa saja Anda sangat semangat berdiet tapi minggu depan Anda tidak bisa menahan godaan untuk berdiet lagi. Sebaiknya untuk mendapatkan bentuk tubuh yang ideal, cobalah untuk terus konsisten melakukan program diet sehat.

Demikianlah beberapa kesalahan-kesalahan kecil yang dilakukan saat berdiet yang berdampak sebaliknya dimana naiknya berat badan Anda padahal Anda sedang berdiet. Jauhi hal-hal di atas dan cobalah untuk berdiet dengan cara yang sehat dan dibarengi dengan olahraga yang teratur.

Leave a Reply