free webpage counters
Subscribe
sahabat saya, sahabat anda, sahabat kita semua

Cara Memandikan Bayi dengan Tepat dan Aman

Ketahui hal-hal penting dalam memandikan bayiKehadiran si kecil sang buah hati kedunia ini merupakan salah satu kebahagiaan tak terkira dalam hidup Anda. Akan tetapi, karena masih belum terbiasa dengan hadirnya anggota baru maka Anda terkadang belum tahu bagaimana cara untuk memperlakukan dan merawatnya dengan benar. Kondisi fisik  si kecil yang imut dan mungil tentu seringkali membuat Anda khawatir berlebihan bahkan untuk sekedar belajar menggendongnya. Manusiawi memang, namun apabila Anda sudah mendapatkan pengetahuin yang tepat tentang si kecil dan cara memperlakukannya tentunya masalah ini bukan menjadi hal yang luar biasa. Masalah lain yang seringkali ditemui di kalangan ibu muda yaitu cara memandikan bayi dengan tepat dan aman. Yah, kebanyakan dari mereka ibu muda ini belum memahami akan hal ini. Di sisi lain, sepertinya tidak memungkinkan bagi pengasuh atau perawat yang akan memandikan bayi Anda terus menerus.

Oleh karena itu, ada baiknya jika Anda sebagai Ibu atau bapak muda mulai belajar bagaimana cara memandikan buah hati Anda. Selain Anda akan lebih mahir merawat buah hati tentu saja hal ini akan bagus bagi terjalinnya  kedekatan antara orang tua dan anak.

Berikut penjelasan lebih lanjut tentang cara memandikan bayi dengan tepat dan aman:

1.    Bayi Baru Lahir
Beberapa hari setelah bayi Anda lahir, maka bayi sudah mulai siap untuk dimandikan secara rutin. Anda bisa memandikannya setiap pagi hari sekitar jam 8 atau jam 9 pagi tergantung dengan kondisi bayi. Hal pertama yang harus Anda perhatikan adalah masalah lingkungan sekitar. Usahakan untuk memandikannya di tempat yang hangat dan sedikit luas, hal ini bertujuan agar kenyamanan bayi dan Anda sendiri tidak terganggu ketika proses memandikan buah hati anda berlangsung.

Jangan sekali kali memandikan bayi  dalam kondisi lapar atau mengantuk, selain tidak baik bagi si buah hati, anda juga akan mengalami kesulitan untuk menenangkannya. Dan yang paling penting, perhatikan segala kelengkapan seperti sabun, handuk dan sebagainya agar selalu dalam jangkauan tangan Anda. Ini menjadi penting agar Anda tidak meninggalkan bayi  dalam keadaan basah dan kedinginan.

Perhatikan juga untuk selalu membsuh rambut bayi setiap kali Anda memandikannya, hal ini dilakukan agar keringat atau kotoran lain yang menempel pada rambut dapat dibersihkan. Apabila diperlukan, bisa dilanjutkan dengan memotong kuku, membersihkan hidung, dan daun telinga bagian luar.

2.    Bayi Kurang dari Satu Tahun
Memasuki usia beberapa bulan, pada umumnya si kecil mulai senang bermain air, terlebih tatkala si kecil sudah bisa duduk. Dengan memandikannya diember atau wadah kolam kecil dari karet akan menjadi  hal menyenangkan bagi dia.  Tentu saja akan meringankan pekerjaan Anda juga. Akan tetapi apabila bayi enggan bermain air, bisa jadi air yang digunakan masih terlalu panas atau terlalu dingin sehingga si bayi tidak ingin berlama-lama dalam ember. Kebiasaan mandi si kecil memang berbeda-beda, jadi Anda bisa mensiasatinya dengan cara berbeda pula seperti:

  • Apabila si kecil tidak senang berada dalam ember, maka sebaiknya cukup menyeka dengan lap basah di luar ember, kemudian Anda dapat memasukkannya ke dalam ember kembali hanya untuk membilas sabun.
  • Jangan lupa bagian yang harus Anda seka seperti di daerah seputar mata, belakang telinga, leher ataupun lipatan kulit di leher, ketiak, dan pangkal paha. Apabila diperlukan, maka gunakan lap terpisah untuk menyeka bagian-bagian tersebut.
  • Setelah bayi mandi maka pastikan untuk selalu mengeringkan seluruh bagian tubuhnya dengan handuk, hal ini untuk menghindari bayi kedinginan karena masih ada bagian tubuhnya yang basah.
  • Setelah mandi sebaiknya gunakan lap yang sedikit lembab atau kapas yang sedikit basah untuk membersihkan daun telinga bagian luar.

Nah itulah cara memandikan bayi dengan tepat dan aman beserta hal-hal yang harus di perhatikan selama proses memandikan bayi berlangsung. Semoga dengan informasi di atas dapat bermanfaat untuk Anda.

Leave a Reply