free webpage counters
Subscribe
sahabat saya, sahabat anda, sahabat kita semua

Cara Menghitung Masa Subur

Kehamilan sendiri yakni waktu dimana mulai terjadinya pembuahan dalam rahim seorang wanita sampai dengan bayinya dilahirkan. Proses kehamilan sendiri terjadi saat seorang wanita melakukan hubungan seksual saat memasuki masa ovulasi atau masa subur dan kemudian  sperma pria akan membuahi sel telur matang wanita tersebut. Jika Anda dan pasangan merupakan pasangan yang sedang mendambakan kehadiran seorang anak maka akan sangat penting untuk mengetahui kapan masa subur istri sehingga akan memudahkan untuk segera mendapatkan kehamilan.

Masalah kehamilan sendiri ternyata banyak kendala yang membuat beberapa pasanagn sulit untuk mendapatkan kehamilan mulai dari masalah kesuburan, tingkat psikologi, disfungsi hormon dan lain sebagainya. Bagi sebagian pasangan lain ada kalanya sulitnya kehamilan bukan dikarenakan faktor ketidaksuburan keduanya akan tetapi dikarenakan mereka tidak tepat waktu saat melakukan hubungan seksual. Kesalahan mereka yakni tidak mengetahui kapan memasuki masa subur wanita sehingga kesempatan untuk terjadi ovulasi semakin besar.

Masa subur disini memiliki arti yang penting karena pasangan yang menginginkan kehamilan maka masa subur bisa dijadikan patokan untuk melakukan hubungan seksual, karena pada saat inilah ovulasi sedang terjadi sehingga kemungkinan untuk hamil sangat besar. Dan sebaliknya jika bagi pasangan yang mau menunda kehamilan, maka masa subur merupakan masa yang harus dihindari untuk mencegah terjadinya kehamilan.

Nah, bagaimana untuk mengetahui masa subur? Untuk mengetahui masa subur sendiri banyak cara dan metode yang dapat digunakan, simak selangkapnya berikut ini :

1.    Gunakan Tools Penghitung Masa Subur
Tentu Anda tahu bahwa saat ini sudah banyak tools ataupun juga software yang beredar yang dapat digunakan untuk menghitung masa subur. Di dalam tool penghitung masa subur tersebut terdapat banyak kemudahan, dimana Anda hanya tinggal memasukkan tanggal Hari Pertama Haid Terakhir (HPHT) dan setelah itu akan muncul tanggal perkiraan masa subur Anda tersebut. Beberapa kelebihan menghitung masa subur dengan tools atau software sendiri memiliki beberapa kelebihan, yakni :

  1. Untuk mengatahui masa menstruasi
  2. Anda bisa menggunakan KB Kalender, yakni dimana masa tingkat kesuburan rendah yang dapat Anda gunakan untuk menghindari kehamilan.
  3. Mengetahui masa ovulasi yakni dimana sel telur akan keluar dan siap untuk dibuahi.

2.    Gunakan Sistem kalender.
Cara untuk menentukan masa subur dengan menggunakan sistem kalender sendiri ada dua cara yakni :
Jika seorang wanita memiliki siklus haid yang teratur teratur, maka masa subur berlangsung 14 +/- 1 hari haid berikutnya. Dalam hal ini berarti masa subur akan berlangsung pada hari ke 13 sampai hari ke 15 sebelum tanggal haid yang akan datang.

Nah, bagi seorang wanita yang siklus haidnya tidak teratur maka langkah pertama yakni harus mencatat panjang siklus haid sekurang kurangnya selama 6 siklus. Kemudian dari jumlah hari pada siklus terpanjang, lalu dikurangi dengan 11 akan diperoleh hari subur terakhir dalam siklus haid tersebut. Sedangkan dari jumlah hari pada siklus terpendek dikurangi 18, diperoleh hari subur pertama dalam siklus haid tersebut. Seperti contohnya : siklus terpanjang = 31, sedangkan siklus terpendek = 26, maka masa subur dapat dihitung, 31 – 11 = 20, dan 26 – 18 = 8, jadi masa subur berlangsung pada hari ke 8 sampai hari ke 20.

Itulah beberapa cara untuk menghitung masa subur. Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk Anda

Leave a Reply