free webpage counters
Subscribe
sahabat saya, sahabat anda, sahabat kita semua

Cara Tepat Taklukan Ketagihan Ngemil

Biasanya wanita jika sudah makan tetap masih pengen ngemil, jika ngemil snack yang sehat seperti buah misalnya tentu tidak akan jadi masalah. Tapi jika tidak bisa menahan saat melihat coklat atau keripik tentu akan menjadi masalah pada berat badan. Menjaga berat badan memang dirasa sangat sulit jika tidak bisa menahan keinginan untuk ngemil. Untuk mengatasi hal tersebut ada beberapa tips dan trik agar kebiasaan ngemil dapat dihilangkan. Ikuti langkahnya di bawah ini :

1. Mengatur Ulang lingkungan

Jika Anda selalu tergoda untuk ngemil di tempat atau waktu yang sama setiap hari, misalnya di sofa empuk setelah makan malam, atau duduk sambil nonton gosif di depan TV setelah Anda sarapan, mungkin ada penyebab lain yang mungkin jadi latar belakangnya. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dipublikasikan dalam jurnal Annual Review of Nutrition, ternyata cahaya dan suhu udara berpengaruh pada seberapa banyak porsi yang Anda makan. Sebaiknya Anda selalu menjaga suhu tubuh tetap hangat karena jika semakin dingin suhu tubuh, maka makin banyak pula makanan yang akan disantap. Hal lainnya adalah cahaya yang  remang-remang juga akan membujuk orang untuk makan lebih banyak.

2. Jalan Cepat / Berolahraga

Menurut para ahli dari Universitas Exeter dari Inggris, menyatakan bahwa dengan berjalan kaki bisa membantu menghilangkan pikiran soal makanan atau mengemil. Bagi mereka yang jalan cepat minimal selama 15 menit sebelum makan ternyata akan makan lebih sedikit ketimbang yang hanya duduk diam saja. Saat seseorang stres, bosan, dan terasa sakit kepala merupakan salah satu faktor penyebab orang ketagihan untuk terus mengemil meskipun sudah makan. Jadi sebaiknya hindari hal- hal di atas tadi.

3. Tidur lebih banyak

Jika kurang tidur maka akan muncul kebiasaan makan lebih banyak dari biasanya. Bahkan menurut sebuah studi dari Centre for Sleep Research, Adelaide (Australia) menyatakan bahwa jika kurang tidur bisa membuat seseorang ngemil berlebih, alasannya agar tidak mengantuk. Mereka yang tidur 4 jam semalam atau kurang, mengudap lebih banyak ketimbang mereka yang cukup tidur. Hal ini disebabkan kurangnya waktu tidur mengubah kadar hormon ghrelin dan leptin yang meregulasi perasaan lapar dan kenyang. Oleh karena itulah tidur selama 7 s. d 9 jam sehari agar hormon tersebut kembali seimbang. Dan kebiasaan mengemil pun akan hilang.

Karena kurangnya waktu tidur dan banyaknya mengemil menyebabkan bayak faktor yang mengganggu kesehatan. Contohnya seperti masalah pencernaan, kebiasan yang kurang baik ini tentu akan mempengaruhi organ pencernaan. Tidur setelah mengemil pada tengah malam akan membuat koneksi antara kerongkongan dan perut menjadi lebih mendatar. Jadi perut akan terasa sering terasa mulas pada malam hari. Masalah lain yang timbul adalah gigi yang rusak, dimana sebagian orang malas untuk menyikat giginya pada malam hari, dan inilah penyebab gigi lebih cepat rapuh. Hal ini disebabkan saat tidur, kadar air liur pada malam hari menurun jadi tidak bisa mengurai sisa-sisa makanan yang menempel pada gigi, dan inilah yang menyebabkan email gigi rusak dan jadi gampang keropos dan juga ompong.

Jadi dengan tips di atas diharapkan dapat mengurangi kebiasaan mengemil yang tidak saja memicu bertambahnya berat badan, tetapi juga mengganggu kesehatan. Sebaiknya Anda lebih bijak untuk selalu tetap menjaga pola hidup yang sehat.

Leave a Reply