free webpage counters
Subscribe
sahabat saya, sahabat anda, sahabat kita semua

Cara Ujian Test CPNS 2013

Cara ujian CPNS tahun 2013 ini, menurut rencana akan dilaksanakan berbeda dari tahun 2012 dan tahun-tahun sebelumnya. Dimana rencananya pada tahun ini ujian CPNS 2013 akan menggunakan sistem Computer Asissted Test (CAT).  Sistem CAT ini seperti  Uji Kompetensi Guru (UKG), yaitu peserta akan langsung menjawab pertanyaan di komputer yang sudah terhubung dengan server induk. Sistem rekrutmen dan seleksi dengan menggunakan Computer Assisted Test (CAT) itu sendiri merupakan suatu metode seleksi dengan alat bantu computer yang digunakan untuk mendapatkan standar minimal kompetensi dasar bagi pelamar CPNS. Dengan menggunakan sisitem ini tentu memiliki maksud dan tujuan yang lebih baik lagi yaitu :

1.    Mempercepat proses pemeriksaan dan laporan hasil ujian
2.    Menciptakan standarisasi hasil ujian secara nasional
3.    Menetapkan standar nilai

Cara ujian CAT ini memiliki keunggulan atau manfaat seperti di bawah ini :
1.    Peserta tes dapat mendaftarkan melalui internet
2.    Peserta tes dapat dinilai langsung sesuai dengan hasil yang diperoleh
3.    Komputer menyediakan keseluruhan materi soal Kompetensi Dasar (Tes Pengetahuan Umum, Tes Bakat Skolastik dan Tes Skala Kematangan)
4.    Penilaian dilakukan secara obyektif
5.    Peserta ujian dapat mengakses dengan mudah terhadap pencapaian hasil (skor) yang diperoleh

Alur recrutmen dan seleksi

Dengan menggunakan cara ujian metode ini tentu masing-masing peserta akan mendapatkan soal berbeda-beda. Peserta bisa melihat langsung lulus atau tidak. Menggunakan sistem ini juga tidak bisa direkayasa sebab sistem komputer yang akan langsung memeriksa jawaban tiap peserta.

Seperti di ungkapkan Wakil Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (WamenPAN-RB) Eko Prasojo di Jakarta, Selasa (14/5)

”Kita akan mengadakan tes CPNS selama empat bulan. Jadi tiap hari ada yang mengikuti tes sesuai formasi yang disediakan pemerintah,” Melalui sistem CAT, lanjutnya “Meski tesnya tidak serentak, tapi setiap soal dijamin berbeda antarpeserta. Apalagi kita sudah punya bank soal yang memuat hingga puluhan ribu soal,” ujarnya.

Penerapan sistem CAT ini merupakan salah satu target sembilan percepatan reformasi birokrasi untuk bidang SDM aparatur. Ada yang hal yang difokuskan dalam reformasi bidang SDM, yaitu kinerja pegawai, promosi secara terbuka, dan rekrutmen.

“Kita menginginkan yang masuk PNS itu benar-benar orang yang pintar dan memiliki integritas yang tinggi. Untuk itu, tahun ini kita akan menyelesaikan honorer kategori satu dan kategori dua yang harus diselesaikan tahun 2014. Setelah itu tidak ada lagi honorer-honorer lagi. Untuk pelamar umum, tahun ini dialokasikan sebanyak 60 ribu,” pungkasnya juga.

Rekomendasi Kami:

Cara Cepat Hamil

Leave a Reply