free webpage counters
Subscribe
sahabat saya, sahabat anda, sahabat kita semua

Dengan Menyusui, si Ibu Akan Langsing Sepanjang Masa

Air Susu Ibu (ASI) tidak hanya memiliki manfaat untuk bayi agar lebih sehat dan juga berfungsi memberikan beberapa antibodi yang sangat berguna. Selain banyak manfaat yang akan di dapatkan oleh bayi ternyata dengan menyusui juga akan memberikan manfaat untuk sang ibu. Dengan ASI juga ternyata membantu ibu tetap langsing hingga beberapa tahun mendatang. Anda Percaya atau tidak? Simak ulasannya yuk.

Para peneliti menemukan lebih banyak manfaat yang bisa didapatkan oleh perempuan yang menyusui anaknya. Bahkan sebuah studi terbaru menunjukkan bahwa perempuan yang menyusui bisa membantu mengurangi lemak perut yang dimiliki, dan bahkan ternyata untuk beberapa puluh tahun ke depan. Berdasarkan hasil penelitian tersebut yang juga telah dilaporkan dalam konferensi kesehatan American Heart Association di San Fransisco menunjukkan, bahwa perempuan usia menengah yang konsisten menyusui anaknya memiliki lingkar pinggang yang rata-rata 2,6 inci (6,6 cm) lebih kecil dibandingkan dengan perempuan yang tidak pernah menyusui. Hal ini tentu menjadi hal yang menyenangkan dan tentu membanggakan bagi ibu yang menyusui.

Selain dapat membuat sang ibu langsing untuk beberapa tahun ke depan, berdasarkan penelitian terakhir menunjukkan bahwa perempuan yang menyusui, memiliki risiko lebih kecil terkena penyakit berbahaya seperti penyakit jantung, diabetes dan sindrom metabolic. Selain terhindar dari berbagai macam penyakit tentu kekebalan tubuh bayi pun akan berfungsi dengan maksimal.

Pada saat seorang ibu  menyusui bayinya, tidak hanya membantu pengeluaran kalori berlebih saja tapi juga dapat membantu perempuan tersebut untuk menghilangkan lemak perut secara lebih cepat. Dengan berkurangnya kelebihan lemak di perut, yang dimana lemak tersebut bisa menjadi faktor risiko penyakit jantung. Sehingga berbagai penyakit yang mematikan bisa di cegah dengan memberikan ASI kepada bayinya.

McClure dan rekannya menganalisis 351 perempuan yang tergabung dalam Study of Women’s Health Across the Nation Heart dengan tujuan untuk melihat efek jangka panjang dari menyusui. Dan berdasarkan penelitian yang berlangsung sejak tahun 2001-2003 itu partisipan yang dibagi menjadi 29 persen perempuan yang tidak pernah menyusui, 29 persen tidak konsisten menyusui dan 42 persen menyusui anaknya secara konsisten.

Didapatkan hasil bahwa perempuan yang tidak pernah menyusui memliki 28 persen lemak perut berlebih dibandingkan perempuan yang pernah menyusui. Dan perempuan yang menyusui secara tidak konsisten memiliki lemak perut 2,6 inci (6,6 cm) lebih besar dan rasio pinggang-pinggul atau 4,7 persen lebih tinggi dibanding perempuan yang konsisten menyusui.

“Tentu hal ini sangat menarik karena selain membuat perempuan tetap langsing menyusui juga bisa melindungi perempuan dari penyakit jantung. Tapi tentu saja harus didukung dengan pola hidup yang sehat sepanjang hidupnya,” kata Dr Nieca Goldberg, direktur Women’s Heart Program di Langone New York University Medical Center di New York City.

Dan oleh karena itulah perempuan yang secara konsisten menyusui anaknya tidak hanya akan memiliki kedekatan secara lahir maupun batin terhadap bayinya, tetapi juga dapat melakukan sesuatu yang baik dirinya sendiri. Dan dalam jangka waktu yang cenderung panjang seorang ibu tidak perlu melakukan hal yang terlalu ketat untuk berdiet.

Leave a Reply