free webpage counters
Subscribe
sahabat saya, sahabat anda, sahabat kita semua

Efek Penggunaan Handphone Bagi Kesehatan

Telepon seluler atau di Indonesia dikenal dengan Handphone adalah merupakan alat komunikasi jarak jauh yang sekarang sangat populer, baik di kalangan remaja maupun anak-anak dan orang tua. Semakin berkembangnya kemajuan teknologi, maka perkembangan handphone pun berkembang pesat, handphone tidak saja sebagai alat untuk alat komunikasi yang dapat menghubungkan Anda dengan orang-orang di seluruh dunia, namun sekarang trendnya telah menjadikan Handphone sebagai bagian tak terpisahkan dari hidup kita.

Selain banyaknya kegunaan dari handphone tersebut, ternyata ada efek samping yang berpengaruh pada kesehatan yang seringkali tidak disadari. Dan hal inilah yang akan merugikan diri kita. Dibawah ini adalah efek negatif penggunaan handphone apabila terlalu sering digunakan :

1.    Meningkatkan Resiko Terkena Kanker Otak
Seseorang yang menggunakan Handphone secara berlebihan, dimana setiap waktu tidak lepas dari hanphone dapat beresiko menderita kanker otak. Berdasarkan penelitian yang di lakukan WHO yang merupakan badan organisasi kesehatan di dunia menyatakan bahwa resiko remaja terkena kanker otak yang disebabkan oleh penggunaan handphone lebih besar dibandingkan pada orang tua, hal ini tentu saja dikarenakan gaya hidup remaja yang jauh lebih sering bersentuhan dengan HandPhone dibandingkan dengan Orang tua. Sehingga lebih sering terkena radiasi dari handphone tersebut.

2.    Dapat Menyebabkan Hilangnya Pendengaran atau Tuli
Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, maka sebaiknya jangan menggunakan hanphone lebih dari 1 jam dalam sehari dalam jangka waktu selama 2 tahun, hal ini dikarenakan penggunaan handphone yang di dengarkan melalui bagian telinga dapat memancarkan radiasi yang tentunya mampu memicu kerusakan sel sel rambut yang merupakan salah satu sensor audio pada alat pendengaran Anda.

3.    Dapat Mengurangi Kinerja Denyut Jantung
Apabila Anda memiliki kebiasaan menggunakan handphon dan kemudian menaruhnya di saku atau kantong baju dan kemeja Anda, maka mulai sekarang jangan melakukan kebiasaan ini lagi. Ternyata Handphone yang di letakan di saku saku baju atau celana Anda, ketika berdering ataupun bergetar akan menimbulkan radiasi pada tubuh sehingga dapat berakibat fatal pada  kerja dan proses denyut jantung. Jantung akan melemah dan bahkan menimbulkan resiko yang lebih parah lagi.

4.    Dapat Menimbulkan Stress
Pemakain handphone yang berlebihan tentu dapat mengakibatkan stress, mungkin hal ini kadang tidak disadari, tapi coba lihat para remaja sekarang dimana  handphone banyak di anggap sebagai benda yang terpenting, satu jam saja tanpa handphone mereka akan merasa bingung dan bahkan menimbulkan sterss karena adanya ketegantungan yang tinggi pada handphone mereka. Selain itu dikarenakan terus berkembangnya kemajuan teknologi pada handphone dimana menimbulkan  keinginan untuk memiliki handphone dengan type dan jenis terbaru tidak sedikit yang dapat menimbulkan stres dikarenakan hal ini.

5.    Beresiko Menurunkan Kualitas Sperma
Apabila anda termasuk pria yang sering menaruh handphone di saku celana, maka berhati-hatilah karena handphone yang di letakan di saku celana ternyata dapat beresiko mengurangi dan menurunkan Kualitas Sperma sampai dengan 25%.

Itulah beberapa efek negatif yang ditimbulkan karena penggunaan Handphone atau telepon seluler yang berlebihan, ada baiknya Anda lebih bijak dalam penggunaan dan penyimpanan telepon seluler tersebut. Dan seperti yang telah diketahui bahwa mencegah lebih baik daripada mengobati. Semoga informasi ini dapat bermanfaat dan Anda lebih berhati-hati pada penggunaan alat komunikasi ini.

Leave a Reply