free webpage counters
Subscribe
sahabat saya, sahabat anda, sahabat kita semua

Efek Samping KB Suntik

Efek Samping KB SuntikPemerintah mewajibkan program KB kepada seluruh Keluarga di Indonesia, tentu saja Keluarga Berencana (KB) merupakan program yang dapat membantu Anda dan pasangan keluarga lain untuk mengatur jumlah anak dan juga mengatur jangka waktu kelahiran anak yang diinginkan. Sehingga permasalahan yang di akibatkan lonjakan penduduk dapat ditekan. Salah satu metode KB yang biasanya digunakan para ibu rumah tangga adalah dengan KB hormonal salah satunya yaitu metode suntik.

KB suntik sangat cocok bagi Anda yang menginginkan pemakaian alat kontrasepsi dalam jangka waktu yang tidak terlalu panjang, tidak juga merepotkan akibat konsumsi yang begitu strict sebagaimana pada pil. Terlebih lagi, KB suntik ini tidak akan memberikan effek negatif bagi ibu yang sedang menyusui, mendekati masa menopause atau sedang menunggu proses sterilisasi. Penggunaan KB suntik ini juga tidak memakan waktu yang bertahun-tahun. Sehingga menjadikan KB suntik ini sebagai pilihan sebagian besar ibu di indonesia karena tersedia dalam paket 1 bulan satu kali dan tiga bulan satu kali suntikan.

Akan tetapi sebelum Anda memutuskan untuk memilih KB suntik, sebaiknya Anda harus diperiksa terlebih dahulu untuk memastikan kecocokannya. Hal ini dikarenakan pemakaian KB suntik mempunyai syarat yang sama dengan pengguna pil, dimana pada penderita sakit kuning, wanita yang mempunyai kelainan jantung, adanya varises, mempunyai tekanan darah tinggi, adanya kanker payudara atau organ reproduksi dan juga para penderita kencing manis, disarankan untuk tidak menggunakan KB suntik.

Metode keluarga berencana melalui suntik ini bekerja dimana dapat menghalangi ovulasi pada masa subur dan mengubah lendir serviks pada vagina menjadi kental, selain itu juga dapat menghambat sperma sehingga tidak menimbulkan perubahan pada rahim. Cara kerja KB suntik ini yaitu dengan mencegah terjadinya pertemuan sel telur dengan sperma serta mampu mengubah kecepatan transportasi sel telur tersebut.

KB suntik adalah merupakan alat kontrasepsi sementara yang paling baik, dimana suntikan ini juga dapat mengurangi angka kegagalan. Kelebihan lain KB suntik adalah tidak mengganggu kelancaran ASI, kecuali Anda menggunakan suntikan terpadu, melindungi Anda dari anemia, dan memberikan perlindungan pada radang panggul. KB suntik juga memiliki reaksi yang sangat cepat karena dapat bereaksi kurang dari 24 jam, dapat digunakan juga untuk perempuan di atas 35 tahun serta tidak menimbulkan ketergantungan. Jadi apabila Anda memutuskan untuk memiliki anak kembali, caranya hanya dengan tidak melakukan suntikan pada bulan berikutnya. Dan tentu tidak dapat dipungkiri apabila menggunakan alat kontrasepsi harus kontrol sesuai dengan kebutuhan.

Selain kebihan yang terdapat pada KB suntik tentu ada juga kekurangannya, di bawah ini adalah kekurangan penggunaan KB suntik yang biasanya terjadi :

1.    Adanya keluhan sakit kepala, pusing, dan nyeri payudara
2.    Munculnya rasa mual
3.    Adanya resiko terjadi pendarahan
4.    Penurunan libido pada wanita yang menggunakan KB suntik
5.    Perubahan mood atau suasana hati

Semua metode alat kontrasepsi hormonal seperti halnya KB suntik kemungkinan akan menyebabkan masalah yang sama, apabila terjadi hal-hal yang tidak di inginkan disarankan untuk sesegera mungkin menghubungi dokter.

Leave a Reply