free webpage counters
Subscribe
sahabat saya, sahabat anda, sahabat kita semua

Efek Samping Operasi Caesar

Persalinan caesar sekarang banyak menjadi pilihan, Hal ini dikarenakan persalinan caesar dirasa lebih mudah dan tidak menyakitkan. Selain itu mungkin si calon ibu ingin bayinya lahir di hari atau tanggal yang cantik. Tapi tidak semua ibu ingin melahirkan dengan operasi caesar,mungkin harus dilaksanakan operasi  caesar karena kondisi tertentu. Misalnya masalah kesehatan yang tidak memungkinkan seorang ibu untuk melahirkan secara normal. Tahukah Anda bahwa operasi caesar memiliki beberapa efek samping. Simak beberapa efek sampingnya seperti dibawah ini :

1. Bekas luka

Setelah melakukan operasi caesar tentu akan meninggalkan bekas luka yang sulit dihilangkan. Karenanya Anda akan memiliki jaringan parut yang terbentuk di tempat sisi operasi. Dikhawatirkan Jaringan ini dapat menimbulkan masalah apabila suatu hari Anda perlu melakukan operasi penting lainnya di kemudian hari. Tapi apabila melahirkan normal setelah istirahat selama 6 jam, si ibu mungkin hanya akan merasa letih atau pegal-pegal. Dan rasa letih ini lekas hilang jika ibu banyak bergerak.

2. Bed rest

Setelah melahirkan dengan operasi caesar juga, Anda harus mengambil waktu 3 bulan untuk istirahat secara total. Hal ini dikarenakan penyembuhan sisa jahitan bekas caesar tidak mudah kering.

3. Hernia

Penyakit Hernia adalah penyakit yang timbul dikarenakan adanya luka dalam pada tubuh. Biasanya  terjadi setelah wanita menjalani persalinan caesar. Apabila Anda kurang  mengambil istirahat yang cukup setelah melahirkan maka Anda berisiko besar terkena hernia.

4. Mual dan Muntah

Setelah operasi caesar akan muncul rasa mual dan muntah-muntah yang dikarenakan akibat sisa-sisa anestesi pada diri ibu. Sedangkan efek seperti ini  tidak ditemukan pada ibu yang bersalin normal, yang di rasakan hanyalah perasaan letih, lapar atau haus

5. Sakit Punggung

Sakit pada bagian punggung umum yang sering terjadi karena anestesi epidural, selain mungkin  juga bisa terjadi karena jahitan. Apabila Anda tertawa atau batuk akan merasakan nyeri seperti digigit semut. Dan karena hal ini juga dapat menyebabkan sakit punggung.

6. Adanya Keloid Pada Bekas Jahitan

Saat masa penyembuhan luka operasi sebagian ibu merasa gundah karena perutnya tak lagi mulus. Pada bekas jahitan muncul benjolan memanjang yang di sebut keloid. Keloid pada bekas sayatan operasi sesar disebabkan oleh paparan cairan ketuban ynag mengandung faktor pertumbuhan sel, jenis benang yang dipakai, teknik menjahit, serta bakat seseorang dalam reaksi jaringan. Dan bagi ibu yang bersalin secara normal memilik perut yang tetap mulus seperti saat gadis bukanlah masalah berarti.

7. Tidak Boleh Segera Hamil Lagi

Jarak waktu yang diperbolehkan  antarkehamilan yang disarankan adalah 2 tahun setelah operasi caesar, walaupun bukan angka pasti karena kembali lagi pada kondisi masing-masing ibu. Hal ini bertujuan untuk memberi kesempatan pada organ-organ reproduksi maupun organ lainnya untuk beristirahat. Sedangkan pada ibu yang bersalin normal, jarak setahun pun bukan masalah. Tetapi jarak kehamilan dekat  tidak dianjurkan karena tidak terlalu baik bagi psikis bayi yang masih membutuhkan perhatian penuh sampai ia cukup mandiri.

8. Dibatasi 3 Anak Saja

Seorang ibu yang sudah menjalani 3x operasi caesar mau tidak mau harus bersedia disteril. Karena hal ini adalah standar medis di indonesia untuk  menghindari hal-hal yang dapat membahayakan ibu maupun janinnya. Sedangkan pada ibu yang melakukan persalinan normal, setelah bersalinmelahirkan anak yang ketiga, boleh-boleh saja hamil lagi sampai berapapun asalkan mampu secara lahir dan batin.

Nah bagaimana, apakah masih tertarik untuk bersalin dengan operasi caesar? Apabila tidak ada halangan ataupun gangguan untuk bisa melahirkan secara normal kenapa tidak. Sesuatu yang normal pasti akan memberikan hasil yang terbaik pula.

Rekomendasi Kami:

Cara Cepat Hamil

Leave a Reply