free webpage counters
Subscribe
sahabat saya, sahabat anda, sahabat kita semua

Fakta Operasi Caesar

Sebagian wanita yang hamil tentu menginginkan kelahiran normal dimana wanita tersebut akan merasa sempurna menjadi seorang ibu, akan tetepi apabila memang diharuskan dilakukan operasi caesar yang disebabkan karena adanya faktor kesehatan, maka hal tersebut merupakn suatu hal yang memang yang terbaik yang harus dijalani.

Operasi caesar atau juga sering disebut seksio sesarea merupakan melahirkan janin melalui sayatan dinding perut (abdomen) dan juga dinding rahim (uterus). Sebenarnya dalam beberapa penelitian menyatakan bahwa angka kesakitan dan juga tingkat kematian ibu pada tindakan operasi caesar lebih tinggi dibandingkan dengan persalinan normal. Hal ini berdasarkan definisi kematian maternal atau kematian ibu dimana kematian seorang ibu selama kehamilan dan atau dalam 42 hari setelah persalinan yang diakibatkan langsung atau tidak langsung oleh kehamilannya.

Kelahiran normal tentu masa pemulihannya lebih cepat dari pada kelahiran dengan operasi caesar. Dan tentu saja masih banyak lagi kelebihan melahirkan normal dari pada melahirkan dengan operasi caesar. Dan apabila Anda tidak mengetahui apa saja fakta-fakta tentang kelahiran caesar, simak selengkapanya  seperti yang di lansir dari zimbio.com di bawah ini :

1.    Akan Merasa Sakit Ketika Sedang Tertawa, Bersin atau Batuk
Ketika Anda selesai menjalani proses operasi caesar maka Anda akan merasakan sakit ketika  Anda sedang tertawa, bersin maupun batuk. Mengapa hal ini terjadi? Hal ini terjadi karena luka pada bagian perut Anda belum sepenuhnya sembuh sehingga akan terjadi nyeri setiap kali terjadi guncangan atau pergerakan. Untuk mengatasi hal tersebut sebaiknya gunakan bantal untuk menyangga perut dan juga untuk mengurangi rasa sakit tersebut.

2.    Akan Diminta Bergerak
Dengan operasi caesar maka Anda akan dianjurkan untuk bergerak salah satunya dengan cara berjalan-jalan kecil dimana bertujuan untuk memulihkan kekuatan tulang belakang dan juga perut Anda. Akan tetapi perlu di ingat pula untuk jangan terlalu banyak melakukannya karena bisa saja berakibat cukup fatal bagi kesehatan Anda.

3.    Akan Terjadi Pendarahan pada Vagina
Mungkin Anda akan berfikir karena melahirkan dengan operasi caesar melalui perut maka vagina Anda akan baik-baik saja, Hal ini tentu saja salah, karena setelah melahirkan dengan operasi Caesar maka Anda akan mengalami pendarahan pada vagina. Hal ini terjadi karena rahim masih berusaha memulihkan keadaannya dan tentu saja hal ini bisa menyebabkan pendarahan pada vagina

4.     Diberi Alat untuk Memijat Kaki
berbeda dengan melahirkan normal. Jika Anda melakukan operasi caesar maka Anda biasanya akan diberi sebuah alat di kaki Anda yang bentuknya menyerupai sepatu. Dan alat ini biasa disebut dengan sequential compression devices atau biasa disingkat SCDs. SCDs sendiri digunakan untuk melancarkan aliran darah agar tidak terjadi gumpalan dan pemampatan.

5.    Akan Meninggalkan bekas luka
Seperti kita ketahui bersama bahwa operasi caesar tentu akan meninggalkan bekas luka jahitan pada bagian perut Anda, dan juga luka tersebut tidak akan menghilang dengan sendirinya. Maka untuk Anda yang mengalami hal ini sebaiknya berikan krim penghilang bekas luka enam minggu setelah operasi. Dengan ini akan mengurangi bekas luka terlihat di perut Anda.

Nah, itulah beberapa fakta tentang operasi caesar. Operasi caesar ataupun melahirkan normal merupakan cara yang terbaik agar ibu dan bayinya dapat sehat dan selamat.

Leave a Reply