free webpage counters
Subscribe
sahabat saya, sahabat anda, sahabat kita semua

Fakta Tentang Mimpi

Tidur merupakan aktifitas rutin yang wajib dilakukan bagi manusia. Bukan hanya sebagai kebutuhan tubuh agar tetap sehat, tidur juga dapat memberikan dampak yang baik bagi kesehatan fisik maupun batin. Saat tidur setiap manusia pasti pernah merasakan mimpi. Tapi, tahukah apa itu mimpi? Mimpi merupakan pengalaman bawah sadar yang melibatkan indera-indera pada tubuh manusia saat tertidur. Pengertian mimpi menurut pendapat lain menyebutkan bahwa mimpi adalah komunikasi antara tubuh, pikiran, dan jiwa kita. Menarik memang membahas tentang mimpi. Dibawah ini ada beberapa fakta tentang mimpi yang mungkin belum Anda ketahui:

1. Dapat Menyehatkan mental

Menurut penelitian yang dilakukan para ahli menyebutkan bahwa orang-orang yang dalam tidurnya bermimpi, maka mentalnya akan lebih sehat daripada orang yang tidak tidur atau begadang semalaman.

2. Lupa

Sebagian besar kita tidak pernah mengingat dengan jelas apa yang kita mimpikan ketika sedang tertidur. Menurut para ahli menyatakan bahwa kita akan lupa 90% mimpi kita ketika kita terbangun dari tidur.

3. Orang buta juga bermimpi

Ternyata bagi mereka yang terlahir tanpa indera penglihatan, mereka masih bisa bermimpi dalam tidurnya. Tetapi mereka tidak melihat gambar-gambar, keadaan sama seperti yang orang bisa melihat. Mereka hanya bermimpi tentang suara, bunyi, sentuhan, emosi, bau, dan aroma.

4. Rangsangan dari luar berpengaruh terhadap mimpi

Seperti halnya jika Anda bermimpi minum air yang berulang-ulang maka ketika terbangun Anda akan merasakan kenyang. Jadi keadaan dan kondisi tubuh akan berpengaruh terhadap mimpi yang ada dalam tidur kita.

5. Tubuh akan lumpuh ketika bermimpi

Saat Anda mimpi sedang berlari, apakah Anda juga akan berlari ketika tidur? Tentu saja tidak, karena kita masih berada di tempat dimana kita tertidur, terkecuali apabila ada kasus tidur berjalan. Berdasarkan hasil penelitian ketika kita tertidur maka tubuh kita menghasilkan hormon yang bisa melumpuhkan tubuh kita.

6. Hanya memimpikan apa yang kita tahu

Apabila bermimpi bertemu dengan orang yang belum pernah kita temui selama hidup berarti Anda lupa dengan orang itu. Para ahli mengatakan bahwa ingatan manusia dari penglihatan akan merekam apa yang dilihatnya lebih banyak dari pada apa yang bisa diingatnya. Hal yang sama juga terjadi ketika Anda merasakan sesuatu yang ganjil dan membuat anda bingung. Mungkin sebenarnya Anda sudah pernah mengalaminya, hanya saja lupa akan hal tersebut.

7. Perbedaan jenis kelamin berpengaruh

Karena jenis mimpi pria dan wanita berbeda maka reaksi fisik yang timbul ketika bermimpi pun berbeda

8. Warna mimpi

Menurut penelitian 12 % orang normal warna mimpinya hitam putih, walaupun kadang mengingat baju warna apa yang sedang dipakai saat dalam mimpi.

9. Tema mimpi yang sama

Mimpi merupakan simbol dari apa yang ada dalam pikiran dan kegiatan kita sehari-hari maka tidak heran jika dalam suatu waktu akan mengalami mimpi dengan tema yang sama selalu berulang.

10. Simbol

Mimpi hanya merefleksikan dari apa yang terjadi pada diri kita. Sering kali kita bermimpi tentang hal-hal yang tidak masuk akal sama sekali atau memimpikan sesuatu yang tidak pernah anda fikirkan, tapi sebenarnya itu adalah apa yang kita harapkan.

Itulah beberapa fakta tentang mimpi, sebagian orang menganggap mimpi adalah bunga tidur dan sebagian orang lagi menganggap setiap mimpi pasti mempunyai arti. Tergantung anda menilainnya bagaimana. Asalkan selalu dilihat dari sisi yang positif ya.

Leave a Reply