free webpage counters
Subscribe
sahabat saya, sahabat anda, sahabat kita semua

Faktor Penyebab Pubertas Dini Pada Anak

Masalah pada pubertas biasanya selalu dikaitkan dengan fase pertumbuhan pada anak perempuan. Pada masa pubertas banyak terjadi perubahan fisik pada anak perempuan seperti membesarnya payudara, mulai muncul bau badan, dan juga tumbuhnya rambut di beberapa area tertentu. Dan saat pertama kali munculnya jerawat dianggap sebagai gejala awal seorang anak memasuki fase pubertas. Pubertas tentu tidak hanya terjadi pada anak perempuan saja tapi juga pada anak laki-laki. Biasanya pubertas pada anak perempuan terjadi pada umur 8 sampai 12 tahun dan usia 9 sampai 14 tahun untuk anak lelaki.

Pubertas adalah awal dari kematangan seksual, dimana terjadi perubahan Рperubahan fisik, hormonal, dan faktor seksual yang mana telah mampu untuk bereproduksi. Dan hal ini lah yang disebut  fase transisi di mana terjadi perubahan dari anak-anak menuju dewasa. Pada zaman modern seperti sekarang, pubertas dini banyak terjadi. Pubertas dini memang banyak terjadi pada anak laki-laki tetapi tidak menutup kemunginan banyak terjadi juga pada anak perempuan. Faktor pemicu atau penyebab pubertas dini pada anak-anak adalah seperti di bawah ini:

1. Lingkungan

Menurut sebuah penelitian mengatakan bahwa lingkungan sekitar dapat mempengaruhi pubertas dini. Seorang peneliti dari Mount Sinai School of Medicine, Dr Mary Wolff mempublikasikan laporannya tentang paparan bahan kimia tertentu yang dapat menyebabkan pubertas dini. Bahan kimia tersebut seperti terdapat pada ragam produk yang dikonsumsi anak sehari-hari. Bahkan efek bahan kimia pada cat kuku, kosmetik, parfum, pelembab tubuh, dan sampo juga berperan dalam terjadinya pubertas lebih awal pada anak-anak. Dan sebagai gejala awal seperti membesarnya payudara dan berkembangnya rambut di kemaluan.

2. Kegemukan

Berdasarkan penelitian yang dilakukan di Univeristy of Michigan menyatakan bahwa kemungkinan pubertas dini cenderung terjadi pada anak yang mengalami kelebihan berat badan. Hal ini terjadi karena adanya pengaruh kelenjar adrenal yang bertanggung jawab pada pubertas.

3. Genetika

Faktor gen juga dikabarkan memainkan peranan yang dapat menyebabkan pubertas dini pada anak-anak. Berdasarkan laporan dari Kidhealth yang mengungkapkan bahwa ada sekitar lima persen anak lelaki mengalami pubertas dini. Dan kondisi ini diwarisi dari ayah atau kakek dari ibu dikarenakan gen. Sedangkan pada anak perempuan hanya mewarisi satu persen saja.

4. Penyimpangan Hormon

Berdasarkan sisi medis pubertas lebih dini pada anak dipengaruhi karena adanya beberapa hormon yang tidak seimbang. Dengan ketidakseimbangan hormon dapat memunculkan sindrom McCune Albright, kondisi genetik yang dapat mempengaruhi kesehatan tulang, pigmentasi, dan endokrin, serta seperti hiperplasia Adrenal Kongetinal, kelainan pada kelenjar adrenal, sehingga terjadi ketidakseimbangan tiroid. Karena kondisi seperti inilah yang akan memunculkan seseorang mengalami puber lebih awal atau lebih dini.

5. Sebab Lain

Pubertas dini pada anak yang disebabkan adanya penyakit atau gangguan memang jarang ditemukan. Akan tetapi dimana seorang anak dalam kondisi seperti cedera, mengalami penyumbatan aliran darah, ada kelainan pada otak atau sumsum tulang belakang, mengalami meningitis, serta penyakit diabetes ternyata bisa juga menjadi pemicu penyebab awal pubertas pada anak-anak.

Leave a Reply