free webpage counters
Subscribe
sahabat saya, sahabat anda, sahabat kita semua

Gejala Awal Kehamilan

Gejala awal kehamilanSebagai seorang wanita yang telah menikah dan berkeluarga, tentu sangat mendambakan hadirnya sang buah hati. Pun demikian, seyogyanya anda dapat mengenali gejala-gejala  atau tanda-tanda awal kehamilan. Setiap wanita dimungkinkan mengalami tanda kehamilan yang berbeda-beda, bahkan wanita yang sama bisa mengalami perbedaan gejala pada setiap kehamilannya antara anak kesatu, dengan kehamilan anak kedua, dan sebagainya.

Gejala-gejala kehamilan memang berbeda, akan tetapi tanda-tanda tersebut akan dirasakan seorang wanita yang sedang hamil muda. Berikut adalah gejala kehamilan yang paling umum terjadi pada seorang wanita, simak selengkapnya di bawah ini :

1.    Selalu Merasa Kelelahan
Merasa lelah ketika mengerjakan banyak aktifitas memang sudah biasa, tetapi walaupun Anda hanya duduk-duduk saja tanpa melakukan aktifitas tetapi Anda merasakan sangat lelah yang luar biasa bisa jadi ini  adalah gejala awal kehamilan. Hal ini dikarenakan level progesterone mengingkat, tekanan darah yang rendah dan peningkatan produksi darah dalam tubuh seorang wanita dapat menjadi berkontribusi penyebab kelelahan ini. Jadi sebaiknya lebih banyak beristirahat dan makan makanan yang kaya protein dan zat besi tinggi, sehingga akan mengurangi gejala kelelahan ini.

2.    Muncul Bercak dan Kram di Perut
Beberapa hari setelah pembuahan maka telur yang telah dibuahi akan menempel pada dinding rahim, dengan terjadinya hal ini maka dapat menyebabkan munculnya bercak dan juga terkadang disertai kram pada bagian perut. Hal ini biasa disebut pendarahan implantasi yang terjadi antara 6 sampai dengan 12 hari setelah sel telur dibuahi. Selain kram terkadang vagina juga akan mengeluarkan cairan putih susu tetapi bukan keputihan. Hal ini dikarenakan adanya penebalan dinding vagina. Apabila hal ini terjadi selama masa kehamilan maka tidak perlu khawatir selama tidak ada keluhan gatal dan nyeri yang berlebihan.

3.    Perubahan pada Payudara
Gejala paling awal pada kehamilan adalah adanya perubahan pada payudara, seperti  payudara menjadi agak bengkak, terasa sakit, berat, penuh dan lembek. Pada daerah sekitar areola pun akan menggelap. Hal ini dikarenakan kadar hormon seorang wanita berubah dengan cepat setelah pembuahan. Tetapi dengan bertambahnya umur kehamilan maka tubuh akan membiasakan diri dengan level hormon baru dalam beberapa minggu. Sehingga nyeri yang terasa pada payudara akan mereda dengan sendirinya.

4.    Mual (Morning Sickness)
Gejala Mual atau biasa di sebut Morning sickness merupakan gejala yang paling dikenal pada gejala awal kehamilan. Penyebab mual-mual tersebut adalah kadar hormon wanita yang memperlambat pengosongan perut sehingga mengakibatkan mual-mual. Tetapi ada beberapa  wanita yang tidak merasakan morning sickness ini. Walaupun demikian perlu di ingat bahwa pada umumnya mulai minggu ke 13 – 14 kehamilan, gejala mual ini mulai berkurang bahkan menghilang dengan sendirinya. Untuk itu sebaiknya pastikan untuk selalu makan makanan yang sehat sehingga Anda dan bayi Anda berkembang dan tumbuh dengan baik. Apabila Anda mengalami mual yang berlebihan sehingga tidak ada makanan yang dapat masuk ke dalam tubuh segera konsultasikan dengan dokter kandungan.

5.    Terlambat Menstruasi / Tidak Menstruasi
Tentu gejala ini merupakan gejala awal yang paling jelas dari kehamilan. Tetapi perlu tetap di ingat bahwa terlambat menstruasi tidak selalu berarti hamil. Dengan diet ketat sehingga kehilangan berat badan terlalu banyak, munculnya stress atau kelelahan juga bisa menjadi penyebab seorang wanita tidak menstruasi atau terlambat menstruasi. Dalam masa kehamilan, sebagian wanita juga bisa mengalami adanya pendarahan. Untuk mengetahui hal tersebut tanyakan pada dokter kandungan Anda apakah pendarahan tersebut normal atau membahayakan kehamilan.

Masih banyak gejala lain yang merupakan awal dari kehamilan, dan gejala di atas merupakan gejala umum yang biasanya terjadi pada wanita pada masa awal kehamilan. Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk Anda.

 

Leave a Reply