free webpage counters
Subscribe
sahabat saya, sahabat anda, sahabat kita semua

Hal Inilah Yang Membuat Si Kecil Terjaga Di Malam Hari

Si kecil sering terjaga di malam hari? Wah pasti Anda sebagai orang tua merasa khawatir dan panik. Walaupun sebenarnya terjaga di malam hari merupakan suatu hal yang wajar bagi seorang bayi kecil, namun apabila sering dan lama terjaga di malam hari tentu tidak baik untuk kesehatan dan perkembangannya. Selain itu Anda pun yang menjaganya semalamn tentu akan merasa lelah dan letih karena harus terjaga bersamanya. Nah, bunda ternyata ada beberapa hal yang menyebabkan si kecil selalu terjaga di malam hari. Dan di bawah ini lah yang mungkin merupakan salah satu alasannya :

1.    Popok Basah dan Kotor
Dengan kondisi popok yang basah atau kotor maka bagi sebagian bayi akan merasa terganggu, sehingga akan terbangun, rewel dan menangis. Tapi bagi sebagian bayi yang lain dengan kondisi ini tidak membuat si bayi menagis hanya membuatnya terjaga saja. Untuk itu sebaiknya gantilah popok sesaat sebelum Anda pemberian makan atau susu, karena biasanya bayi akan mengantuk setelah makan dan minum.

2.    Baju Tidur yang Tidak Nyaman.
Masalah lain yang bisa membuat bayi Anda terjaga adalah karena kondisi baju yang dikenakan saat tidur tidak nyaman untuk si bayi. Tanpa Anda sadari mungkin juga kulit bayi Anda alergi terhadap bahan pakaian tertentu, deterjen, atau pelembut kain.

3.    Lapar.
Bunda, penting untuk Anda ketahui bahwa bayi yang memiliki ukuran perut kurang lebih sebesar kepalan tangannya. Maka sistem pencernaannya dirancang untuk porsi makanan yang sedikit, akan tetapi dengan frekuensi yang sering. Maka untuk mensiasati hal ini sebaiknya agar dapat mengurangi rasa lapar pada malam hari, maka berilah bayi Anda makan dalam frekuensi yang sering pada siang harinya.

4.    Hidung Tersumbat.
Bayi yang baru lahir beberapa bulan maka memerlukan saluran hidung yang bersih untuk bernafas. Maka untuk mengatasi hal tersebut sebaiknya bersihkanlah hidung bayi secara rutin saat mandi di sore maupun pagi hari.

5.    Bayi Kepanasan atau Kedinginan.
Dengan keadaan tempat tidur yang dingin maka memungkinkan bayi terjaga. Jadi apabila bayi dengan kodisi suhu badan yang hangat diletakkan pada tempat tidur yang dingin, maka bayi akan lebih sering terbangun, untuk itu maka selimuti bayi dengan selimut atau seprei berbahan hangat seperti flanel dalam kondisi udara yang dingin. Begitu juga sebaliknya apabila kondisi ruangan sedikit panas maka bisa jadi si kecil kepanasan

6.    Suara-suara yang Tidak Dikenal.
Bayi akan sering terkejut dan kaget apabila mendengar suara-suara yang asing, tiba-tiba dan juga keras. Suara-suara yang mengejutkan tersebut akan membuat si kecil terjaga dari tidurnya, apalagi jika saat lelap ia terkejut oleh suara yang keras, maka ia akan terjaga dan sulit untuk tidur kembali

Nah, bunda itulah beberapa hal yang dapat menyebabkan si kecil sering terjaga di malam hari. Apabila Anda telah mengetahui penyebabnya, semoga Anda dapat mengatasi hal-hal tersebut dan si kecil pun dapat tidur dengan nyenyak dan nyaman kembali

Leave a Reply