free webpage counters
Subscribe
sahabat saya, sahabat anda, sahabat kita semua

Hal Yang Harus Diperhatikan Wanita Hamil Di Atas usia 35 Tahun

Saat ini banyak wanita yang menunda untuk menikah atau memiliki momongan dikarenakan lebih mengejar karir atau pekerjaan. Dan dengan hal ini maka banyak wanita baru akan hamil di usia yang sudah tidak muda lagi. Seperti kita tahu bahwa hamil di usia tua bukannya tanpa risiko. Dimana salah satunya adalah wanita yang mengandung di atas usia 35 tahun maka berisiko memiliki bayi dengan Down’s Syndrome.

Perlu Anda tahu bahwa seorang wanita yang hamil saat menginjak usia 30 tahun, maka lebih memiliki peluang melahirkan bayi dengan Down’s Syndrome adalah satu dari 900, sedangkan apabila seorang wanita hamil pada usia 35 tahun, maka peluangnya meningkat menjadi satu dari 300. Akan tetapi mayoritas bayi dengan Down’s Syndrome lahir pada wanita yang berusia di bawah 35 tahun. Itulah seperti yang dikatakan oleh Dr. Genevieve Fairbrother, seorang dokter spesialis obs-gyn dari Atlanta, Ga.

Nah, apabila Anda termasuk ke dalam salah satu wanita hamil yang berada di atas usia 35 tahun maka jangan terlalu khawatir, karena beberapa hal di bawah yang harus diperhatikan ketika seorang wanita berusia 35 tahun yang baru mengandung, simak selengkapnya di bawah ini :

1.    Ibu Hamil Harus Menurunkan berat badan dan Utamakan Hidup Sehat
Dalam hal ini terlepas dari adanya gangguan genetik, melahirkan di atas usia 35 tahun itu tidak masalah. Karena sebenarnya berbagai komplikasi yang mungkin terjadi selama masa kehamilan dapat dicegah dengan perubahan gaya hidup sederhana. Seperti misalnya, jika Anda menderita diabetes, penyakit tiroid atau pun kelebihan berat badan, maka selalu pastikan kondisi kesehatan Anda tetap terkontrol. Dan apabila Anda merupakan wanita yang merokok maka segera hentikan kebiasaan tersebut. Hal ini tentu saja untuk kesehatan Anda dan juga  janin

2.    Konsumsi Vitamin Prenatal
Dalam kondisi hamil dengan usia yang tidak muda lagi maka sebaiknya selalu mengonsumsi vitamin prenatal seperti contohnya asam folat minimal satu miligram tiga bulan sebelum hamil dan selalu mengonsumsi vitamin yang sama selama masa kehamilan. Hal ini bertujuan untuk membantu mencegah terjadinya neural tube defects (NT-D) atau cacat lahir akibat tidak sempurnanya pertumbuhan sistem tabung saraf pada janin seperti spina bifida.

3.    Ibu Hamil Harus Menjalani Ultrasound di Minggu keEnam
Apabila ibu hamil oleh dokter mulai disarankan untuk melakukan pemeriksaan ultrasound pada usia 8 minggu, maka untuk ibu hamil yang berusia 35 tahun sangat disarankan untuk menjalani  pemeriksaan ultrasound saat menjalani usia kehamilan 6 minggu. Hal ini tentu saja untuk mencegah terjadinya komplikasi kehamilan seperti contohnya placenta previa.

4.    Ibu Hamil Harus Mengetahui Adanya Risiko Tekanan Darah Tinggi
Saat memasuki usia kehamilan trimester kedua maka tekanan darah ibu hamil akan menurun, oleh karena itu sangat penting untuk melakukan pemeriksaan tekanan darah di usia trimester pertama. Hal ini dilakukan untuk menghindari  risiko pre-elampsia yang mungkin dialami ibu hamil.

5.    Lakukan Tes Genetik Sejak Dini
Dengan usia yang sudah tidak muda lagi maka sebelum hamil, akan sangat bermanfaat jika para calon ibu memutuskan untuk melakukan tes genetik. Seperti contohnya tes-tes genetik seperti chorionic villus sampling (CVS), dimana sangat perlu dilakukan sejak usia kehamilan baru mencapai 11 minggu.

6.    Pertimbangkan Resiko Yang Mungkin Terjadi
Kehamilan di saat mencapai usia 35 tahun, maka akan lebih berisiko mengalami keguguran atau gangguan kehamilan, maka sebaiknya konsultasi kepada dokter Anda beberapa resiko yang mungkin dialami

7.    Biasakan Pola Makan yang Sehat dan Rajin olahraga
Sepeti kita tahu bahwa selama menjalani masa kehamilan, Anda dan janin sangat membutuhkan berbagai asupan gizi dan nutrisi yang cukup untuk pertumbuhan dan kesehatan. Maka mulai dari bulan pertama selalu biasakan mengkonsumsi makanan yang bergizi dan lakukan pola makan yang sehat. Selain itu barengi juga dengan rajin berolahraga yakni minimal 30 menit dalam sehari.

Nah, memasuki masa kehamilan dalam usia yang sudah tidak muda lagi tidak akan menjadi penghalang untuk memiliki buah hati yang sehat, semoga informasi di atas bermanfaat untuk Anda

Leave a Reply