free webpage counters
Subscribe
sahabat saya, sahabat anda, sahabat kita semua

Hindari Makanan Ini Selama Masa Kehamilan

Fakor makanan merupakan salah satu faktor yang perlu di perhatikan pada masa kehamilan, dengan mengkonsumsi makanan yang memiliki nutrisi dan gizi yang cukup tentu dapat menjadikan ibu hamil serta janinnya senantiasa sehat dan kuat. Dengan tercukupinya gizi dan nutrisi juga tentu diharapkan si bayi lahir dengan sehat. Perlu di ingat bahwa perkembanga bayi dalam kandungan tergantung dari apa yang ibunya makan selama masa kehamilan. Untuk mendapatkan makanan yang baik dan sehat untuk janin, tentunya tidak diperbolehkan makan makanan sembarangan, karena selain dapat membahayakan wanita hamil tersebut juga akan membahayakan si janin.

Nah, di bawah ini ada beberapa makanan yang harus dihindari karena di khawatirkan dapat menyebabkan berbagai jenis infeksi seperti contohnya salmonella, toksoplasmosis, listeria dan Ecoli, yang tentunya dapat membahayakan ibu dan bayi dalam kandungan . Di bawah ini adalah jenis makanan yang harus dihindari selama dalam masa kehamilan :

1.    Daging Mentah
Ibu hamil sebaiknya menghindari makan daging mentah seperti sushi atau yang dimasak kurang matang, karena dikhawatirkan akan mengandung Toksoplasmosis, yakni sebuah parasit yang dapat menyebabkan infeksi serius pada janin anda dan juga  Ecoli yang sangat berbahaya bagi ibu hamil. Selain daging mentah dan kurang matang, toksoplasmosis sendiri juga bisa terdapat pada sayuran yang tidak dicuci dengan bersih dan tercemari kotoran kucing atau banyak bermain-main dengan kucing.

2.    Makanan Kurang Matang
Ibu hamil sebaiknya menghindari makan daging dan telur ayam yang di masak kurang matang atau bahkan mentah. Selain itu hindari juga mengkonsumsi hati ayam atau daging yang mungkin menjadi sumber salmonella dimana dapat menyebabkan diare pada ibu hamil. Selain itu perhatikan juga kebersihan piring dan alat-alat masak yang bisa saja terkena daging ayam mentah saat dicuci.

3.    Makanan yang Mengandung Mercury
Hindari mengkonsumsi makanan yang dikhawatirkan mengandung mercury seperti contohnya ikan tuna steak, ikan sea bass, shark, atau ikan-ikan berukuran besar yang diketahui mengandung tingkat mercuri yang tinggi dimana akan menyebabkan kerusakan saraf jika dikonsumsi dalam  jumlah yang besar.

4.    Susu atau Produk Olahan Susu yang Tidak di Pasteurisasi
Hindari produk olahan susu seperti keju lunak contohnya brie dan camembert, blueveined, cheese juga keju dari susu kambing dan domba, dan jangan pernah minum susu yang tidak di pasteurisasi. Karena semua produk ini dikhawatirkan membawa resiko listeria. Listeria sendiri yakni tipe bakteri yang mampu menembus plasenta dan dapat menyebabkan infeksi pada janin. Selain itu listeria dapat menyebabkan kelahiran prematur, kegugurn, dan keracunan darah.

5.    Minuman Beralkohol
Selama masa kehamilan jangan minum minuman yang mengandung alkohol karena selain dapat menyebabkan kelainan perkembangan pada janin juga akan menyebabkan munculnya masalah emosional pada bayi.

6.    Minuman Bercafein
Hindari juga minuman yang mengandung cafein seperti kopi, teh dll. Karena dengan mengkonsumsi banyak kafein akan mempengaruhi berat badan yang rendah pada bayi, mengurangi penyerapan zat besi dan parahnya lagi bisa menyebabkan keguguran.
Dengan menghindari makanan seperti di atas selama masa kehamilan, diharapkan Ibu dan janin yang sedang dalam kandungan dapat sehat dan lahir dengan selamat.

Leave a Reply