free webpage counters
Subscribe
sahabat saya, sahabat anda, sahabat kita semua

Ibu Hamil Jangan Berendam Air Hangat?

Keluhan yang banyak dirasakan oleh banyak ibu hamil salah satunya adalah pegal-pegal pada seluruh bagian tubuh. Sebagaimana kebiasaaan kita ketika tidak sedang hamil, tubuh yang pegal-pegal akan sangat nyaman dan rileks jika berendam dalam air hangat. Memang berendam di air hangat mampu merelaksasi semua bagian tubuh sehingga pegal-pegal pun hilang dan tubuh menjadi segar kembali. Akan tetapi apabila anda sedang hamil, untuk berendam dengan air hangat sebaiknya berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu. Karena berendam dalam air hangat untuk wanita hamil sangat beresiko. Mengapa demikian ? Simak keterangan dan penjelasannya berikut ini.

Berendam di air hangat bisa jadi menjadi kombinasi yang buruk bagi wanita yang sedang mengandung. Terutama bisa berdampak pada kesehatan bayi yang sedang dikandungnya. Mengapa demikian? Saat berendam di air hangat selama 10 menit atau lebih, suhu tubuh akan naik bahkan sampai dengan 38.9 derajat Celcius. Hal inilah yang bisa mengakibatkan kondisi bernama hipertermia. Dalam beberapa penelitian lain juga menunjukkan bahwa ibu hamil yang mengalami peningkatan suhu tubuh drastis selama 1 sampai dengan 4 minggu pada awal masa kehamilan dapat meningkatkan resiko keguguran dan juga kelainan pada otak dan sumsum tulang belakang.

Akan tetapi para pakar kesehatan lain mengatakan bahwa dengan berendam air hangat sebenarnya justru bisa menjadi terapi  yang akan membuat ibu hamil merasa rileks dan bugar dimana berendam akan membantu meredakan rasa sakit pada punggung dan kaki. Akan tetapi tetap harus diperhatikan waktu dan juga suhu air yang digunakan.

Yang perlu di garis bawahi yaitu ibu hamil perlu tahu dan paham bahwa saat hamil harus sangat ekstra hati-hati menjaga kandungan dan juga kesehatannya. Secara umum berendam sebentar di air hangat tidak akan menjadi masalah untuk ibu hamil. Apabila ibu hamil hanya berendam 10 menit atau kurang lalu kemudian keluar dari kolam air hangat tersebut, karena dalam hal ini tubuh akan kembali menurunkan suhunya ke angka yang normal. Dan sebaiknya ibu hamil hanya mandi dengan air panas yang airnya mengalir, sehingga suhu tubuh tidak akan meningkat secara progresif.

Apabila wanita yang sedang hamil ingin sekali berendam air hangat, maka ikuti tips berendam untuk ibu hamil berikut ini :

1.    Ibu hamil sebaiknya berendam kurang dari 10 menit
2.    Sebaiknya hindari duduk atau berada dekat dengan sumber air yang mengucurkan air hangat
3.    Sebaiknya hindari berendam dalam jangka waktu seminggu sekali bahkan lebih dari satu kali
4.    Ibu hamil sebaiknya segera keluar apabila dirasa mulai berkeringat dan mulai merasa kondisi badan tidak nyaman
5.    Ibu hamil jangan berendam apabila sedang dalam kondisi tidak enak badan seperti misalnya demam, mual dan lain sebagainya.

Nah. Apabila Anda yang sedang hamil tidak sadar dan tidak mengetahui bahwa sedang hamil dan sering berendam pada minggu-minggu awal kehamilan itu berbahaya, maka sebaiknya segera berkonsultasi ke dokter untuk mendeteksi apakah ada kelainan atau adanya gangguan kesehatan pada janin. Semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda

Leave a Reply