free webpage counters
Subscribe
sahabat saya, sahabat anda, sahabat kita semua

Informasi Formasi CPNS 2013

Pemerintah akan menetapkan empat kelompok jabatan untuk instansi pusat, dan enam kelompok jabatan untuk instansi daerah sebagai prioritas dalam rekrutmen CPNS tahun 2013 ini. Hal ini dikarenakan pegawai pada kelompok jabatan yang dimaksud dinilai kekurangan, dan hal ini juga berdasarkan hasil perhitungan beban kerja. Seperti kita telah ketahui bahwa formasi untuk penerimaan CPNS 2013 ini adalah sekitar 60 ribu kursi, dimana dialokasikan untuk formasi CPNS Daerah berjumlah 40 ribu orang, sedangkan untuk formasi instansi pusat berjumlah 20 ribu orang.

Hal tersebut seperti yang di ungkapkan dalam Rapat Koordinasi Kebijakan Sumber Daya Manusia Aparatur, di Manado yang mana rapat tersebut dibuka oleh Staf Ahli Bidang Kebijakan Publik kementerian PANRB, Rusdianto. Dalam rapat tersebut juga di ungkapkan bahwa untuk instansi pemerintah pusat, jabatan yang diprioritaskan adalah guru, dosen, penegak hukum, serta jabatan utama fungsi instansi. Sedangkan jabatan yang diprioritaskan untuk instansi daerah adalah guru, tenaga medis dan paramedis, jabatan yang mendorong pertumbuhan ekonomi, menciptakan lapangan kerja, mengurangi pengangguran, serta jabatan yang berperan dalam pengendalian jumlah penduduk.

Rapat koordinasi SDM tersebut dilaksanakan dengan tujuan untuk mensosialisasikan kebijakan-kebijakan manajemen SDM Aparatur,  yang dimulai dari program percepatan reformasi bidang SDM aparatur, perencanaan, penetapan formasi, pengadaan, pengembangan  pegawai yaitu pola karir, diklat, penegakan integritas, kode etik serta rencana penyempurnaan sistem kesejahteraan  dan menyamakan presepsi para pengelola kepegawaian. Selain itu juga bertujuan untuk menyampaikan arah kebijakan formasi dan pengadaan CPNS tahun 2013 dimana formasi CPNS 2013 tahun ini, akan dipriorotaskan untuk beberapa jurusan.

Untuk mengetahui lebih lengkap formasi CPNS 2013 simak tabel di bawah ini :

Leave a Reply